Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Tetapkan 1 Ramadhan Selasa, 13 April

Cileungsi, Kabupaten Bogor, MINA –Jama’ah Muslimin (Hizbullah) sebagai wadah kesatuan ummat Islam, menetapkan tanggal 1 1442 H jatuh pada hari Selasa, 13 April 2021 dalam sidang yang diadakan Senin (12/4) di Gedung H.Muhyiddin Hamidy, Ponpes Al-Fatah Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Keputusan ditetapkan oleh Imaamul Muslimin Yakhsyallah Mansur, setelah memperhatikan laporan Pusat Observasi Falak (POF) Jama’ah Muslimin (Hizbullah), yang telah melihat hilal pada Senin sore (12/4).

“Kami, tim rukyat yang bermarkaz di Masjid Baitul Muttaqien, Bekasi menyatakan telah melihat hilal pada 17.58-18.01 WIB,” demikian laporan dari Ust Syamsuddin, ketua tim rukyat Bekasi.

Laporan POF berdasarkan hasil dari rukyat yang dilakukan oleh tim rukyat dan hisab Majelis Qadha yang diketuai KH. Abu Muchtar Marsa’i.

Beradarkan data hisab POF, hilal terlihat dengan mata telanjang karena tinggi hilal di Jakarta 04.05 darjah , sedangkan tinggi hilal di Makkah Al-Mukarromah 06.05 darjah.

Tim Jama’ah Muslimin (Hizbullah) melaksanakan rukyat di berbagai tempat di Indonesia, Malaysia, Filipina dan lainnya. Laporan yang diterima, tim Rukyat dari Bekasi, Jawa Barat telah melihat hilal.

Pemerintah menetapkan awal Ramadan 1442H jatuh pada Selasa, 13 April 2021. Keputusan ini disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam telekonferensi pers usai Sidang Isbat Awal Ramadan 1442H, di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama Jln. MH Thamrin, Jakarta. (12/4). (L/P2/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.