Jama’ah Muslimin Sumut Gelar Shalat Idul Fitri di Tanjung Pura

, MINA – Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Wilayah Sumatera Utara () melaksanakan Salat di Masjid Al-Muflihun, komplek Pondok Pesantren Al-Fatah, Desa Lalang, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat- Sumatera Utara, Selasa (4/6).

Pelaksanaan Salat Idul Fitri tersebut di imami sekaligus menyampaikan khutbah Ied yakni Waliyul Imaam Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Wilayah Sumut-NAD, Ustaz Hasbullah Nuan Tunas.

Dilaksanakannya salat Idul Fitri  yang dihadiri ratusan jamaah itu berdasarkan hasil sidang Istbat yang digelar di Kantor Pusat di Cileungsi, Kabupaten Bogor, Selasa dini hari (4/6/2019), sekitar pukul 01:15 WIB.

“Bismillahirrahmanirrahim, dengan bertaqwa kepada Allah semata dan sebagai wujud tanggung jawab kepada Muslimin dalam melaksanakan ibadah yang berkaitan dengan bulan Ramadan, Syawal dan Dzulhijjah, maka dengan memperhatikan laporan Pusat Observasi Falak Jama’ah Muslimin (Hizbullah) pada 29 Ramadhan 1440 H dan surat rekomendasi Majelis Qodlo serta laporan-laporan rukyatul hilal dari Gaza dan Makkah, maka dengan ini Imamul muslimin menetapkan 1 Syawal 1440 H jatuh pada Selasa (4/6),” kata Imaam Muslimin Yakhsyallah Mansur.

Yakhsyallah menjelaskan, penetapan 1 Syawwal tersebut sesuai dengan sunnah dan kesaksian hilal di Tumair Saudi, yang menyatakan adanya hilal dan sebelumnya. Jama’ah Muslimin (Hizbullah) melalui Pusat Observasi Falak mengeluarkan pernyataan bahwa 1 Syawal 1440H diperkirakan serentak jatuh pada Rabu 5 Juni 2019.

“Namun hal itu dengan catatan, jika negara-negara lain dapat melihat hilal pada Senin (3/6), maka 1 Syawal/Idulfitri 1440 H akan jatuh pada Selasa (4/6),” tambahnya.(L/Abd/R01)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.