Jelang Asian Games, Kualitas Udara di Jakarta Terus Ditingkatkan

Jakarta, MINA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus berupaya meningkatkan di Jakarta untuk menyongsong penyelenggaraan Jakarta-Palembang 2018.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, kendaraan bermotor menjadi salah satu penyumbang terjadinya polusi udara di Ibukota. Untuk itu, Pemprov DKI menerapkan kebijakan-kebijakan untuk meminimalisir penggunaan kendaraan pribadi.

“Kami lakukan perluasan area ganjil genap, layanan Transjakarta gratis di akhir pekan, serta meliburkan puluhan sekolah. Tidak hanya untuk mengurai kemacetan, tapi terpenting lagi untuk memperbaiki kualitas udara,” ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (6/8), sebagaimana dilaporkan Berita Jakarta.

Sandi menjelaskan, penggunaan transportasi massal juga akan diterapkan bagi tamu-tamu negara peserta Asian Games, jurnalis, hingga para suporter.

“Kita ingin masyarakat betul-betul membiasakan diri menggunakan moda transportasi umum. Kita akan terus imbau dan bekerja sama dengan pemerintah pusat untuk memperbaiki kualitas udara di Ibukota,” tambahnya.

Untuk kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games 2018 setelah Asian Games IV yang di­adakan di Jakarta tahun 1962.

Sebagai event olahraga terbesar setelah Olim­pia­de, Asian Games adalah perhelatan olah­raga bergengsi yang diorganisir oleh Olimpic Council of Asia yang edisi ke-18 (XVIII) diselenggarakan di dua kota yakni Jakarta dan Palembang, pada tanggal 18 Agustus hingga 2 September 2018.

Olahraga yang akan dipertandingkan sebanyak 41 cabang, terdiri dari 33 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang non-olimpiade.(R/R01/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Baca berita tentang Asian Games lainnya di Kantor Berita MINA.

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Admin

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.