Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jelang Ramadan, DMI Keluarkan Delapan Seruan Untuk Ummat Islam

kurnia - Jumat, 26 Mei 2017 - 15:40 WIB

Jumat, 26 Mei 2017 - 15:40 WIB

240 Views ㅤ

Ketua Umum PP DMI Muhammad Jusuf Kalla (Foto: DMI)

Ketua Umum PP DMI Muhammad Jusuf Kalla (Foto: DMI)

Jakarta, 29 Sya’ban 1438/26 Mei 2017 (MINA) – Jelang bulan suci Ramadan 1437 Hijriah, Pimpian Pusat Dewan Masjid Indonesia (PP-DMI) mengeluarkan delapan seruan kepada seluruh pengurus, jama’ah masjid dan ummat Islam di seluruh Indonesia.

Pertama, DMI berkeyakinan bahwa Ramadan yang suci dan mulia ini menjanjikan rahmah Allah bagi sesama, maghfirah atau ampunan Allah, serta kemerdekaan ummat beriman dari azab neraka.

Kedua, hendaknya seluruh ummat Islam dapat melaksanakan shiyam (puasa) selama sebulan ini, dengan penuh khidmat dengan dilandasi iman dan penuh kecermatan serta senantiasa mengharap ridha Allah Subhanahu Wata’ala (SWT).

Ketiga, demi terjaganya kesucian dan kemuliaan bulan Ramadan, hendaknya ummat Islam pada khususnya dan segenap bangsa Indonesia pada umumnya dapat bersama-sama menjaga kerukunan, toleransi dan kedamaian dalam kehidupan bersama baik secara individual, kemasyarakatan dan keberbangsaan Indonesia, serta pada akhirnya ialah tetap terjaganya keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca Juga: Prof Asrorun Niam: Tujuan Fatwa untuk Kemaslahatan Hakiki

Keempat, seluruh jajaran Pengurus Dewan Masjid Daerah di seluruh Indonesia hendaknya senantiasa meningkatkan usaha dan pelaksanaan program-program memakmurkan dan dimakmurkan masjid melalui shalat berjama’ah, shalat tarawih, tadarrus Al-Qur’an, pengajian (taklim), taushiyah, dan pembayaran zakat, infaq, dan shadaqah lainnya. Kegiatan-kegiatan itu hendaknya dilaksanakan dalam semangat taqarrub ilallah serta keutuhan ummat dan bangsa.

Kelima, seluruh jajaran pimpinan dan pengurus masjid hendaknya senantiasa memperteguh fungsi Masjid sebagai tempat ibadah serta tempat menyemai kemakmuran dan kesejahteraan umat serta harmoni masyarakat dan bangsa.

Keenam, seluruh dai, ustadz/ustadzah, dan para pemberi taushiyah kiranya senantiasa mengutamakan tumbuhnya ukhuwah Islamiyah (persaudaraan sesama umat Islam), ukhuwah insaniyah (persaudaraan sesama manusia), dan ukhuwah wathaniya (persaudaraan sesama anak bangsa).

Ketujuh, seluruh jajaran pengurus DMI hendaknya berperan aktif dalam menjauhkan masyarakat dan masjid dari sebaran fitnah, hoax, dan provokasi yang mengadudomba sesama masyarakat.

Baca Juga: KH Afifuddin Muhajir: Fatwa Dibutuhkan Sepanjang Zaman

Kedelapan, dengan memohon ridha dan maghfira Allah SWT, PP DMI mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa seraya menyerukan “Berpegang teguhlah pada tali Allah semuanya, jangan bercerai-berai (wa’tashimu bihablillahi jamiian wa la tafarraqu).

Delapan seruan PP DMI untuk menyambut datangya bulan suci Ramadan 1437 Hijriah ini ditandatangani oleh Ketua Umum PP DMI, Muhammad Jusuf Kalla dan Sekretaris Jenderal PP DMI Imam Addaruqutni (T/R03/RS1)

Miraj Islamic News Agency (MINA)

Baca Juga: Pelatihan UMKM di Jakarta Diharap Lahirkan Muzaki Baru

TagDMI

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Tausiyah
MINA Millenia
MINA Millenia
MINA Millenia