Jepang Dukung Presidensi Indonesia di KTT G20

Tokyo, MINA – Saat bertemu Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin, Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida, mengutarakan dukungannya terhadap Presidensi Indonesia di KTT G20 tahun ini.

“Pemerintah Jepang akan mendukung penuh,” ujar Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi, dalam keterangan persnya usai mendampingi Courtesy Call Wapres dengan PM Kishida di Istana Akasaka, Tokyo, Jepang, Senin (26/9).

Dalam pertemuan singkat tersebut, Masduki memaparkan, pemerintah Jepang juga memberikan dukungan penuhnya terhadap Indonesia yang akan menjadi Ketua ASEAN pada tahun 2023.

Berkenaan dengan hal itu, PM Kishida menyampaikan bentuk dukungan yang akan diberikan diantaranya melalui kerja sama-kerja sama regional yang berhubungan dengan ASEAN, khususnya dengan Jepang dan negara sekitarnya.

“Bagaimana kerja sama tersebut diharapkan bisa dilakukan” tutur Masduki.

Menyambut niat baik tersebut, Wapres pun mengutarakan apresiasi atas dukungan yang diberikan oleh pemerintah Jepang.

“Wapres menyatakan ingin mempererat hubungan hubungan bilateral kedua negara sebagai tindak lanjut dari kunjungan Presiden Republik Indonesia ke Jepang di bulan 7 kemarin,” papar Masduki.

“Kedua belah pihak sepakat akan hal ini, mengingat tahun depan adalah peringatan 65 tahun hubungan diplomatik Jepang-Indonesia dan 50 tahun hubungan diplomatik Jepang-ASEAN,” pungkasnya. (R/R5/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)