Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jepang Pertimbangkan Akui Negara Palestina

Arina Islami Editor : Widi Kusnadi - Jumat, 16 Agustus 2024 - 05:49 WIB

Jumat, 16 Agustus 2024 - 05:49 WIB

23 Views

Aksi bela Palestina dalam The Intifada March di Shibuya, Tokyo, Sabtu (5/11/2024). [Foto: X]

Tokyo, MINA – Jepang dilaporkan akan mempertimbangkan pengakuan atas adanya negara Palestina yang merdeka secara komprehensif dengan mempertimbangkan cara memajukan proses perdamaian, menurut sejumlah pejabat di negeri Sakura itu.

Pejabat Kementerian Luar Negeri mengatakan kepada kantor berita Anadolu dikutip Kamis (15/8), bahwa Jepang terus mendukung solusi dua negara melalui negosiasi antara kedua belah pihak.

Kementerian mengatakan, Tokyo ingin memberikan kontribusi pada kemajuan proses perdamaian dengan memanfaatkan secara efektif posisi unik yang telah dibangun Jepang di kawasan Timur Tengah.

Anadolu melaporkan, saat ini Jepang belum mengakui Palestina sebagai negara merdeka tetapi menjadi tuan rumah misi diplomatik semi-status, yang dikenal sebagai Misi Umum Tetap Palestina di Tokyo.

Baca Juga: Mahkamah Agung India Tolak Permohonan Hentikan Ekspor Senjata ke Israel

Misi diplomatik yang mewakili pemerintah Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dibuka pada tahun 1977, dan dipimpin oleh Duta Besar Waleed Siam, yang mengatakan bahwa Jepang dna Korea Selatan sekarang sedang mempelajari dengan serius untuk mengakui negara Palestina.

“Mereka tahu bahwa mengakui negara Palestina tidak akan menghalangi perundingan perdamaian di masa depan antara kami dan Israel,” kata Siam dalam wawancara virtual awal bulan ini.

Upaya Jepang untuk memainkan perannya di Timur Tengah muncul di tengah makin banyaknya negara Barat, termasuk Spanyol dan Norwegia, serta Irlandia, yang mengakui Palestina sebagai negara merdeka.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Arab Saudi Buka Kembali Kedutaan di Damaskus setelah 12 Tahun

Rekomendasi untuk Anda

Internasional
Asia
MINA Sport
Palestina
Palestina
Palestina
MINA Health
Palestina