JEPANG SITA PASPOR WARTAWAN YANG AKAN KE SURIAH

Paspor negara Jepang. (Foto: Flickr.com)
negara . (Foto: Flickr.com)

Tokyo, 19 Rabi’ul Akhir 1436/9 Februari 2015 (MINA) – Jepang menyita paspor seorang yang berencana pergi ke Suriah dengan alasan untuk melindungi hidup pemilik paspor.

Langkah itu diambil pemerintah Tokyo untuk pertama kalinya setelah dibunuhnya dua warga Jepang yang disandera oleh kelompok bersenjata Negara Islam atau , Al Jazeera melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Media Jepang Asahi Shimbun dan laporan berita lainnya mengatakan Ahad (8/2), Kementerian Luar Negeri pada hari Sabtu menyita paspor Yuichi Sugimoto, seorang fotografer freelance yang berencana masuk ke Suriah pada 27 Februari mendatang, untuk meliput kamp-kamp pengungsi di wilayah itu.

Namun pria berusia 58 tahun yang telah meliput daerah konflik di Irak dan Suriah selama bertahun-tahun itu mengatakan, ia tidak memiliki rencana untuk memasuki kawasan yang dikendalikan oleh ISIS, demikian Kyodo News melaporkan.

“Malam ini, seorang pejabat kementerian luar negeri datang dan mengambil paspor saya. Apa sebenarnya yang terjadi dengan kebebasan saya dalam perjalanan ke Suriah dan kebebasan pers?” kata Yuichi kepada media Asahi Shimbun. (T/P001/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0