Jerman-Prancis Sepakat Perkuat Kerja Sama

Berlin, MINA – Pemerintah Jerman pada Rabu (9/1), menyetujui penandatanganan baru dengan Prancis untuk memperkuat politik, ekonomi dan keamanan antara kedua negara.

Dalam konferensi pers di Berlin, Juru bicara Kanselir Angela Merkel mengatakan perjanjian baru akan ditandatangani pada 22 Januari oleh kedua pemimpin dalam sebuah upacara di kota barat .

“Jerman dan Prancis ingin mengatasi tantangan abad ke-21 bersama-sama,” kata Steffen Seibert, dan menambahkan bahwa perjanjian Aachen akan semakin meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi, energi, kebijakan luar negeri dan keamanan, demikian Anadolu Agency melaporkan dikutip MINA, Kamis (10/1).

Sementara Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas memuji keberhasilan negosiasi antara Berlin dan Paris soal perjanjian tersebut dan menegaskan kembali komitmen mereka terhadap Uni Eropa.

“Uni Eropa tetap menjadi elemen kunci dari persahabatan kita. Dalam Perjanjian Aachen, kami menyatakan komitmen kami untuk Eropa yang kuat, berkelanjutan dan berdaulat, ”katanya.

Perjanjian Prancis-Jerman yang baru akan ditandatangani pada peringatan ke-56 Perjanjian Elysee, yang menandai berakhirnya permusuhan antara Jerman dan Prancis selama berabad-abad.

Perjanjian Aachen tidak akan menggantikan Perjanjian Elysee 1963, kedua perjanjian ini akan memiliki landasan yang sama. (T/R03/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.