JERMAN SIAP SERANG ISIS DI SURIAH

Jet Tornado Jerman (en.wikipedia.org)
Jet Tornado (en.wikipedia.org)

Berlin, 14 Safar 1437/27 November 2015 (MINA) – Jerman mengumumkan rencananya untuk meningkatkan kekuatan koalisi internasional melawan kelompok bersenjata Islamic State (/Daesh) di .

Pemerintah Jerman mengatakan pada Kamis (26/11) akan mengerahkan jet pengintai Tornado, pesawat pengisian bahan bakar dan sebuah kapal perang ke wilayah tersebut, Al Jazeera memberitakannya yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Langkah ini merupakan perubahan signifikan bagi Berlin yang sebelumnya menolak terlibat langsung dalam konflik Suriah. Namun, ia tidak memiliki rencana untuk bergabung dengan Perancis, Amerika Serikat dan Rusia dalam melakukan serangan udara di Suriah.

“Hari ini pemerintah mengambil keputusan sulit namun penting dan diperlukan,” kata Menteri Pertahanan Ursula von der Leyen kepada wartawan setelah pertemuan dengan politisi. “Kami berdiri bersama Perancis.”

Selama pembicaraan dengan Presiden Perancis Francois Hollande di Paris, Rabu, Kanselir Jerman Angela Merkel berjanji memberi dukungan, namun itu masih harus disetujui oleh parlemen.

Berlin berencana mengerahkan empat hingga enam jet Tornado, memberikan dukungan satelit, pesawat pengisian bahan bakar dan kapal perang untuk membantu melindungi kapal induk Perancis Charles de Gaulle.

Angkatan Laut Perancis telah dikirim ke Laut Mediterania timur untuk mendukung serangan udara di Suriah dan Irak .

Langkah Berlin menyusul terjadinya serangan di Paris pada 13 November yang menewaskan 130 orang dan mendorong Hollande menyerukan koalisi besar negara-negara Eropa untuk melawan ISIS. (T/P001/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0