JET SURIAH SERANG TRUK BANTUAN IHH

Istanbul, 10 Rajab 1435/9 Mei 2014 (MINA) -Pesawat tempur AU menyerang truk bantuan kemanusiaan , LSM asal Turki, di kota barat laut Aleppo, , Jumat (9/5).

Serangan itu menewaskan sopir dan melukai seorang lainnya. Identitas para korban belum diketahui.

Yayasan Bantuan Kemanusiaan IHH yang berpusat di Istanbul mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa salah satu truk bantuan LSM yang membawa paket tepung dari Reyhanli ke gudang LSM di Aleppo, dihantam jet Suriah saat memasuki kota, demikian Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan.

Sebelumnya pada Ahad lalu, Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu mendesak Dewan Keamanan PBB untuk menerapkan resolusi guna  memfasilitasi masuknya bantuan kemanusiaan ke Suriah.

“Rezim Suriah tidak mengizinkan masuknya bantuan kemanusiaan, dan PBB tidak melakukan apa pun tentang hal itu,” kata Davutoglu. “Ada sekitar 5,5 juta pengungsi di dalam wilyah Suriah dan bantuan kemanusiaan harus diizinkan masuk untuk mereka.”

Dia mendesak masyarakat internasional untuk mendukung negara-negara yang menampung para pengungsi Suriah.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Yordania Nasser Judeh juga menghimbau masyarakat internasional untuk “memikul tanggung jawab” terhadap pengungsi Suriah dan negara-negara yang menampung mereka.

Suriah mengalami pergolakan perang saudara sejak Maret 2011 setelah pemberontakan damai menentang Presiden Bashar al-Assad meningkat menjadi pemberontakan bersenjata, usai tindakan kekerasan pemerintah terhadap demonstrasi anti-rezim.

PBB memperkirakan, sekarang hampir 2,7 juta warga Suriah yang terdaftar di negara-negara tetangga, lebih dari 67.500 dalam proses. (T/P09/R2/EO2)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0