Johor Upayakan Mitigasi dan Solusi Permanen Atasi Banjir

Johor Baru, MINA – Putra Mahkota Johor Tuanku Ismail Sultan Ibrahim mengatakan pada Rabu (12/1), negara bagian Malaysia itu terus mengupayakan mitigasi dan solusi permanen mengatasi masalah banjir.

“Aspek penting adalah sistem drainase dan saluran air limbah yang mampu menampung daya tampung air hujan yang tinggi, pengelolaan sungai yang efektif dan tingkat kesiapan yang tinggi untuk menangani bencana,” lanjutnya. Seperti dilaporkan Channel News Asia.

“Banjir menjadi masalah yang terjadi hampir setiap tahun,” katanya dalam posting Facebook.

Ia menambahkan, meskipun telah ada perbaikan dalam upaya mitigasi banjir sejak 2006,  terus mencari solusi permanen untuk masalah banjir di Johor.

Pemerintah setempat juga akan mengatur program pembersihan sungai di negara bagian serta inisiatif dan program khusus meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai.

Situasi banjir di Johor terus membaik, dengan jumlah korban banjir turun menjadi 1.044 pada Rabu sore, dibandingkan dengan 1.227 pada Rabu pagi, yang bertempat di 23 pusat bantuan.

Empat kabupaten : Muar, Segamat, Tangkak dan Batu Pahat, masih terdampak banjir. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.