Jokowi Akan Hadiri KTT ASEAN

Presiden Jokowi saat menghadiri KTT ASEAN ke-31 (istimewa)

Jakarta, MINA – Presiden Joko Widodo akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-34 di Thailand yang akan berlangsung pada 22-23 Juni 2019.

“KTT tersebut akan menjadi pertemuan multilateral pertama Presiden Jokowi setelah perhelatan Pemilihan Umum Indonesia pada tanggal 17 April lalu. Presiden akan didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno L. Marsudi,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Armanatha di Jakarta, Rabu (19/6).

“Selain menghadiri KTT, direncanakan beberapa pertemuan bilateral dengan pemimpin-pemimpin negara ASEAN lainnya, antara  lain dengan Thailand dan Filipina dan kemungkinan akan ditambah negara lainnya,” katanya.

Sementara mengenai isu-isu yang akan diangkat dalam KTT, Armanatha menjelaskan bahwa sudah direncanakan dalam agenda, namun kepala negara dapat menentukan agenda-agenda yang dirasa penting untuk diangkat.

KTT ASEAN kali ini mengangkat tema “Advancing partnership for sustainability” (Memajukan kemitraan untuk keberlanjutan). Tema tersebut diangkat dengan tujuan meningkatkan sinergi antara visi masyarakat ASEAN 2025 dengan Agenda Pembangunan Berkelanjutan di bawah PBB.

Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Jose Tavares menyebutkan serangkaian kegiatan pada KTT ASEAN ke-34, antara lain sesi pleno, pertemuan antara para pemimpin negara anggota ASEAN dengan perwakilan dari Majelis Antarparlemen ASEAN, pertemuan pemimpin ASEAN dengan perwakilan dari Dewan Penasihat Bisnis ASEAN dan retreat. (L/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)