Jokowi: Peluang Ekonomi Syariah di Indonesia Terbuka Lebar

Jakarta, 28 Dzulhijjah 1437/30 September 2016 (MINA) – sebagai salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia memiliki potensi dan peluang yang sangat besar di bidang .

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo () dalam sambutannya saat menghadiri acara Global Islamic Finance Awards (GIFA) yang digelar pada Kamis (29/9) malam, di Grand Ballroom Fairmont Hotel Jakarta.

“Inilah sebuah peluang yang bisa kita manfaatkan untuk mendorong ekonomi syariah ini berkembang di Indonesia. Sekarang ini baru lima persen dari potensi yang ada sehingga ada peluang 95 persen yang masih bisa kita kembangkan,” ujar Presiden, demikian siaran pers Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi, Sekretariat Presiden, Bey Machmudin yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menyatakan pemerintah Indonesia telah mengeluarkan berbagai kebijakan yang dapat mendorong perkembangan ekonomi syariah. Selain itu, Indonesia juga memiliki komite khusus yang menangani keuangan syariah.

“Kita sudah mempunyai Undang-Undang Perbankan Syariah. Kita juga sudah mempunyai Undang-Undang Sukuk. Kita juga sudah mempunyai Undang-Undang Asuransi Syariah. Dan yang baru saja saya tandatangani, kita juga sudah mempunyai KNKS (Komite Nasional Keuangan Syariah),” imbuhnya yang langsung disambut tepuk tangan hadirin.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga memprioritaskan keuangan syariah dengan memasukkannya ke dalam RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) 2015-2019.

“Saya juga memberikan prioritas kepada keuangan syariah yang saya tahu seperti dalam rencana RPJMN kita dalam lima tahun ke depan,” ungkapnya.

Di penghujung sambutannya, Presiden Jokowi mengajak para peraih penghargaan Global Islamic Finance Leadership Award 2016 untuk berbagi cerita dan ide demi perkembangan ekonomi syariah di dunia internasional.

“Saya berharap para pemenang Global Islamic Finance Award tahun ini dapat berbagi ide dan pengalamannya dengan kami. Berikan kami inspirasi agar kami dapat belajar dan terinspirasi dari pengalaman kalian,” ajak Presiden Joko Widodo sekaligus menutup sambutannya.

Hadir dalam acara tersebut sejumlah Menteri Kabinet Kerja di antaranya Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri PPN/Kepala Bapenas Bambang Brodjonegoro, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Muliaman D. Hadad, sejumlah CEO Bank syariah serta para pelaku keuangan syariah dari dalam dan luar negeri. (T/P011/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.