Jokowi : Pendidikan Kunci Penting Ciptakan Generasi Penerus Anti Korupsi

Jakarta, MINA – Presiden Joko Widodo mengatakan, membangun sistem yang melahirkan generasi penerus bangsa dengan sikap anti korupsi sangat penting dilakukan oleh pemerintah saat ini.

Hal itu ia sampaikan saat memberikan sambutan secara virtual pada acara Hari Anti korupsi Dunia 2020 pada Rabu, (16/12). Demikian keterangan yang diterima MINA.

“Oleh karena itu, diperlukan upaya dalam memperluas cakupan pendidikan anti korupsi di berbagai jenjang pendidikan mulai sedari dini,” katanya.

Ia menambahkan, membangun sistem yang menutup peluang terjadinya tindak pidana korupsi juga merupakan kunci utama semua lembaga pemerintahan harus terus senantiasa lakukan agar meningkatkan transparansi dan akuntabilitas.

Menurutnya, para tenaga pendidik institusi pendidikan harus mampu memberikan pemahaman terkait sikap anti korupsi kepada generasi penerus bangsa. Sehingga, tercipta pemahaman sikap anti korupsi yang mendalam pada setiap peserta didiknya.

“Menumbuhkan rasa malu menikmati hasil korupsi merupakan hulu yang penting dalam pencegahan tindak pidana korupsi,” katanya.

Ia berharap, setiap institusi pendidikan dapat melakukan hal di atas, sehingga kualitas sumber daya manusia Indonesia bisa tetap terjaga. Artinya, memiliki integritas yang tinggi dalam menjalankan kewajibannya ketika mengelola penyelenggaraan negara kedepannya.

“Menjadi pedoman bagi generasi penerus bangsa, apabila diajarkan pada setiap institusi pendidikan,”ujarnya. (R/SH/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)