Jokowi Telepon Putin dan Zalensky 

Foto; Kolase

Jakarta, MINA – Kedutaan Besar Rusia di Jakarta menyatakan, Presiden Vladimir Putin dan Presiden RI Joko Widodo mengadakan percakapan telepon atas inisiatif pihak Indonesia.

“Atas permintaan Presiden Joko Widodo, Presiden Vladimir Putin membagikan penilaian Rusia terhadap situasi di Ukraina sehubungan operasi militer khusus yang tengah berlangsung,” bunyi keterangan Kedubes Rusia di Jakarta, Jumat (29/4).

Kedua pemimpin membahas interaksi Rusia-Indonesia dan berbagai aspek kegiatan G20 mengingat presidensi Indonesia pada forum tersebut.

Kedua pemimpin juga sepakat untuk melanjutkan kontak pada masa mendatang.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymir Zelenskyy juga mengklaim negaranya diundang untuk datang ke perhelatan G20. Selain itu, Zelenskyy mengucapkan terima kasih atas dukungan kedaulatan dan integritas nasional, khususnya posisi yang jelas di PBB.

“Baru saja berbicara dengan Presiden Indonesia Jokowi. Terima kasih untuk dukungan kedaulatan dan integritas teritorial, khususnya untuk posisi yang jelas di PBB. Isu ketahanan pangan juga dibahas. Terima kasih telah mengundang saya ke G20,” tulis Zelensky di akun Twitternya, Rabu (27/4).

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengaku telah berbicara via telepon dengan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba. Retno menyatakan kesiapan Indonesia membantu Ukraina dari segi kemanusiaan.

“Saya menyampaikan kesiapan Indonesia untuk memberikan bantuan kemanusiaan bagi masyarakat di Ukraina,” tulis Retno di laman Twitternya, Kamis (28/4).

Dua menlu ini juga sepakat tentang pentingnya membuka kesempatan negosiasi terkait apa yang sedang terjadi saat ini.

“Indonesia akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendukung upaya penyelesaian secara damai melalui perundingan,” katanya. (T/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)