Jokowi Utus Erick Thohir Temui FIFA Cari Solusi Terbaik untuk Piala Dunia U-20

Ketua Umum PSSI Erick Thohir (Foto: INASGOC)

Jakarta, MINA – Presiden Joko Widdodo mengutus Ketua Umum PSSI Erick Thohir bertemu FIFA untuk mencari solus terbaik terkait penyelenggaran .

“Jadi, jangan mencampuradukkan urusan olahraga dan urusan politik. Saat ini FIFA juga telah mengetahui adanya penolakan penolakan terhadap keikutsertaan di Piala Dunia U20. Tapi, kita, baik pemerintah maupun PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) masih terus berusaha agar ada solusi terbaik,” kata Jokowi dalam pernyataanya resminya, Selasa (28/3).

“Untuk itu saya telah mengutus Ketua Umum PSSI, Bapak Erick Thohir, untuk bertemu dengan tim FIFA untuk mencari penyelesaian yang terbaik mencari solusi yang terbaik,” ujarnya.

Ia mengatakan, Indonesia konsisten dan teguh dalam memperjuangkan dan mendukung kemerdekaan dan mendukung penyelesaian negara Israel dan negara Palestina merdeka. Keikutsertaan Israel tidak akan mempengaruhi konsistensi Indonesia.

“Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitanya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina, karena dukungan kita kepada Palestina selalu kokoh dan kuat. Dan dalam urusan Piala Dunia U20 ini kita sependapat dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya,” tegasnya.

FIFA membatalkan undingan (drawing) peserta di Bali menyusul gelombang penolakan terhadap tim nasional sepak bola Israel.

Israel menjadi salah satu finalis yang akan bertanding pada gelaran tersebut bersama 24 negara lainnya.

Keseluruhan peserta terdiri dari :

  • Afrika : Gambia, Nigeria, Senegal, Tunisia.
  • Concacaf : Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat.
  • Amerika Selatan : Brasil, Kolombia, Ekuador, Uruguay.
  • Oseania : Fiji, Selandia Baru.
  • Eropa : Italia, Inggris, Prancis, Slovakia, Israel.
  • Asia : Uzbekistan, Jepang, Korea Selatan, Irak.
  • Tuan Rumah : Indonesia.

(R/R7/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.