Jumlah Pembuat Pasport Meningkat

, MINA – Muhammad Hatta Kasi Lalu Lintas Keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas I Banda , menyebutkan, permohonan membuat paspor sejak awal Januari 2019 meningkat drastis, menyusul kenaikan harga tiket pesawat domestik.

“Berdasarkan hasil wawancara dan amatan dengan warga, salah satu keperluan permohonan paspor adalah untuk keperluan transit di suatu negara sebelum masuk kembali ke dalam negeri,” kata Muhammad Hatta, Senin (14/1).

Menurutnya, permohonan pembuatan dari masyarakat terhitung sejak Januari 2019 mengalami kenaikan dari hari biasanya yang hanya melayani 130 hingga 150 namun di bulan Januari 2019 petugas melayani 200 pemohon.

“Rata-rata permohonan paspor per hari selama Januari sebanyak 200,” katanya.

Hatta menambahkan, salah satu faktor tingginya pembuat pasport diakibatkan oleh kenaikan harga tiket pesawat domestik yang terjadi beberapa haari yang lalu, sehingga membuat warga kebanyakan memilih rute penerbangan Banda Aceh – Malaysia – Jakarta.

Sebelumnya, seluruh maskapai nasional yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Penerbangan Indonesia (Inaca) telah menurunkan tarif tiket penerbangan sejak Jumat 11 Januari 2019 pada beberapa rute penerbangan seperti Jakarta-Denpasar, Jakarta-Jogja, Jakarta-Surabaya, Bandung-Denpasar dan akan dilanjutkan dengan rute penerbangan domestik lainnya.

Ketua Umum Inaca Ari Askhara dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (13/1), mengatakan hal itu menyusul keprihatinan masyarakat atas tingginya harga tiket dan adanya komitmen positif atas penurunan biaya kebandaraan dan navigasi dari para pemangku kepentingan seperti PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II, AirNav dan Pertamina.

“Di tengah kesulitan para maskapai kami tetap paham dan mengerti akan kebutuhan masyarakat dan kami ÿmemastikan komitmen memperkuat akses masyarakat terhadap layanan penerbangan nasional serta keberlangsungan industriÿÿpenerbangan nasional tetap terjaga,” kata Ari. (L/AP/P1 )

Wartawan: Admin

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.