Jurnalis Foto Palestina Menangkan Hadiah Pertama Kontes Foto Perancis  

Bayeux, MINA – Hadiah pertama kontes foto Penghargaan Bayeux-Calvados-Normandy edisi ke-25 untuk Koresponden Perang ditujukan kepada wartawan foto Mahmoud Hams, Kamis (18/10).

Ia terpilih karena fotonya tentang seorang pengunjuk rasa Palestina berkursi roda di Gaza yang bersiap-siap melempar batu menggunakan katapel terhadap tentara Israel di sisi lain pagar perbatasan, demikian Wafa melaporkan yang dikutip MINA.

Gambar tersebut diambil pada 11 Mei, menampilkan Saber Al-Ashqar (29) dengan kaki yang diamputasi, mengayunkan katapel dengan asap hitam di latar belakang sebagai bagian dari protes Great March Of Return yang berlangsung di perbatasan sejak 30 Maret. Lebih dari 204 orang Palestina tewas dan lebih 21.000 terluka dalam penumpasan oleh tentara Israel.

Hams (38) dari Gaza, bekerja untuk kantor berita Perancis AFP. Sebanyak 50 koresponden perang dari seluruh dunia turut berkompetisi untuk mendapatkan penghargaan tersebut.

Bayeux adalah kota Perancis pertama yang dibebaskan dari pendudukan Jerman pada 7 Juni 1944. Kota ini menciptakan penghargaan pada tahun 1994 sebagai penghargaan kepada koresponden perang yang mempertaruhkan hidup mereka untuk mengungkap kengerian perang. (T/SR/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)