Jutaan Belalang Gurun Serang Jaipur, India

New Delhi, MINA – Jutaan belalang memasuki Jaipur, negara bagian India, netizens berbagi video ‘serangan’ yang menakutkan itu.

Sementara pemerintah negara bagian telah menurunkan banyak tim untuk mengendalikan serangan oleh serangga pemakan tanaman itu.

Insiden itu telah membuat orang khawatir, dengan banyak mengunggahnya ke media sosial untuk mengungkapkan keprihatinan mereka. Indian Express melaporkan, Rabu (27/5).

Serangan serangga menyerbu saat negara itu terus berjuang melawan Covid-19. Serbuan itu untuk pertama kalinya sejak awal 1990-an.

Kerumunan besar belalang terlihat menuju Jaipur dari Rajasthan Barat pada hari Senin (25/5).

Serbuan belalang berasal dari Pakistan Barat Laut dan melewati distrik Barmer dan Jaisalmer, tiba di Jaipur melalui Nagaur dan Sikar, mengacaukan ketakutan penduduk.

Drone, traktor dan mobil telah dikirim untuk melacak hama yang rakus dan menyemprotkannya dengan pestisida. Kumpulan belalang telah menghancurkan hampir 50.000 hektar lahan pertanian.

“Delapan hingga 10 gerombolan, masing-masing berukuran sekitar satu kilometer persegi aktif di beberapa bagian Rajasthan dan Madhya Pradesh,” kata wakil direktur organisasi Peringatan Belalang pemerintah KL Gurjar kepada AFP.

India belum melihat kawanan belalang pada skala ini sejak 1993, kata pusat peringatan itu. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.