Kalahkan Jepang 3-0, Iran Pertahankan Gelar Juara Bola Voli Pria Asia 2021

Pemandangan pertandingan final Kejuaraan Bola Voli Putra Asia 2021 antara Iran (pemain berbaju biru laut) melawan Jepang di Chiba Port Arena, Jepang, pada 19 September 2021. (Foto oleh Federasi Bola Voli Republik Islam Iran)

Tokyo, MINA – Tim nasional bola voli putra Iran mengalahkan Jepang dengan tiga set langsung untuk merebut posisi teratas pada penutupan Kejuaraan Bola Voli Pria Asia 2021.

Pada Ahad (19/9), Iran berhasil mempertahankan mahkota setelah pertandingan final 3-0 (27-25, 25-22, 31-29) yang mendebarkan dengan tuan rumah Jepang di Chiba Port Arena, Press TV melaporkan.

Formasi awal Iran terdiri dari Milad Ebadipour, Meysam Salehi, Javad Karimi, Saber Kazemi, Ali Asghar Mojarad, Amirhossein Toukhteh dan Mohammadreza Hazratpour.

Tim Iran memulai pertandingan dengan semangat. Salehi masuk ke tempo yang baik dengan serangan dari sisi kiri, dan Kazemi menambahkan amunisi dari kanan.

Pemain bola voli Iran terbukti kuat dan solid, dan Jepang harus kreatif dalam menyerang.

Kedua tim bermain secara side-out, dan Iran akhirnya menutup set pertama dengan skor 27-25.

Di set kedua, tim tuan rumah memaksimalkan keunggulan dengan passing unit.

Saat Iran memberikan lebih banyak tekanan dalam servis, tim Jepang harus benar-benar menutupi setiap sudut dan celah lapangan serta menjaga bola tetap dalam permainan.

Tim Iran sempat merebut set kedua 25-22 di akhir.

Para pemain bola voli Iran terus berdiri kokoh melawan rival mereka di set terakhir, meskipun ada upaya Jepang untuk membalikkan permainan. Akhirnya Iran merebut kejuaraan 31-29 setelah berhasil melakukan challenge pada kontak net tuan rumah.

“Saya bersyukur kepada Tuhan bahwa para pemain tampil baik, dan berhasil mengakhiri perjalanan mereka dengan merebut podium teratas di Asia. Saya sangat senang telah membawa kebahagiaan bagi rakyat Iran. Saya berharap semua orang sehat,” kata Behrouz Ataei, pelatih kepala tim nasional bola voli putra Iran, setelah pertandingan.

Juara bertahan Iran memenangkan gelar turnamen kontinental untuk keempat kalinya. Jepang masih menjadi tim yang paling banyak didekorasi di Asia dengan sembilan gelar.

Sebelumnya pada hari itu, China mengalahkan China Taipei 3-0 (25-17, 25-16, dan 25-17) untuk mengumpulkan medali perunggu turnamen.

Sebelumnya pada hari Sabtu, Iran mengalahkan China 3-1 di semifinal untuk mengamankan tempat di pertandingan perebutan gelar.

Kejuaraan Bola Voli Pria Asia 2021 diadakan pada 12 hingga 19 September di Jepang.

Dua tim teratas turnamen ini juga lolos ke Kejuaraan Dunia Bola Voli Pria FIVB 2022 di Rusia sebagai perwakilan Konfederasi Bola Voli Asia (AVC). (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)