Kaleidoskop 2019: Jama’ah Muslimin, MER-C, Rasil, AWG, dan UAR

Januari

4 Januari- Radio dan TV Radio Silaturahim (Rasil) menerima penghargaan 212 Award sebagai “212 Devoted Media of The Year” dari panitia Reuni Akbar 212 atas keterlibatannya dalam meliput Reuni Akbar 212 pada 2 Desember 2018 lalu di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta.

6 Januari – Imaam Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Yakhsyallah Mansur menerima cendera mata berupa potongan daun Zaitun dan sejumput tanah Masjid Al-Aqsa dari seorang aktivis Penjaga Masjid (Murabithah) Al-Aqsa, Zeina Amr, sebagai tanda bahwa ia menitipkan Al-Aqsa kepada muslimin Indonesia untuk dibebaskan dari penjajahan Zionis Israel.

11 Januari – Lembaga SAR Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) se-Jawa Barat mengadakan latihan gabungan di Tasikmalaya selama sepekan

17 Januari – Manajer Operasional Medical Emergency Rescue Committee () Rima Manzanaris mengatakan, pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Rakhine State, Myanmar sudah memasuki tahap akhir dan diharapkan selesai pada Februari atau Maret 2019.

Februari

10 Februari – UAR dan Pemuda Jama’ah Muslimin (Hizbullah) wilayah Jabodetabek, mengadakan pelatihan navigasi bersama di Gunung Kapur, Ciampea, Bogor, Jawa Barat.

22 Februari – MER-C pada Jumat (22/2) memberangkatkan tim pertama sebanyak enam relawan kontruksi pembangunan Rumah Sakit Indonesia (RS Indonesia) tahap kedua di Gaza, Palestina.

Maret

20 Maret – MER-C untuk pertama kali melakukan kunjungan silaturahim ke panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Jakarta

April

8 April – MER-C memberangkatkan tim konstruksi tahap akhir pembangunan RS Indonesia di Rakhine.

15 April – MER-C menjajaki kerja sama di bidang kemanusiaan dengan Kedutaan Besar (Kedubes) Inggris untuk Indonesia.

28 Februari – Mengingat peran Muslimat sebagai penentu lahirnya generasi berkualitas, Fatayat Jama’ah Muslimin (Hizbullah) mengadakan konsolidasi Fatayat (Pemudi-red) se-Indonesia.

28 April – Wadah kesatuan umat Islam Jama’ah Muslimin (Hizbullah) menggelar rangkaian acara Tabligh Akbar dan Festival Sya’ban 1440 Hijriyah.

Mei

3 Mei –  MER-C membentuk tim mitigasi kesehatan bencana pemilu 2019.

6 Mei – Jaringan Pondok Pesantren Al-Fatah yang berpusat di Cileungsi, Bogor, memberangkatkan 23 orang jamaah umrah pada awal Ramadhan.

16 Mei – Lembaga Kemanusiaan menggelar safari Ramadhan 1440 Hijriah bersama ulama asal Palestina

Agustus

7 Agustus – MER-C bertemu Wakil Presiden (Wapres) Indonesia Jusuf Kalla, menyampaikan perkembangan pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Rakhine State, Myanmar.

16 Agustus – Melalui Program Tebar Kurban untuk umat Islam dan dhuafa di luar negeri, AWG pada perayaan Idul Adha 1440 H menyalurkan Kurban untuk Muslim Rohingya.

19 Agustus – Syubban Jama’ah Muslimin (Hizbullah) bersama Al Aqsa Working Group (AWG) akan menggelar Aksi Damai Solidaritas Masjidil Aqsa Palestina di Patung Kereta Kuda, Monumen Nasional Jakarta

24 Agustus – AWG bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi Kajian Timur Tengah dan Islam (KTTI), serta Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia, menggelar seminar nasional tentang Palestina.

28 Agustus – MER-C bekerjasama dengan Pengurus Besar (PB) Wanita Al-Irsyad, menyelenggarakan bakti sosial pengobatan di Rumah Tahanan Pondok Bambu, Jakarta Timur.

September

3 September- Imaam Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Yakhsyallah Mansur meresmikan pembangunan Pesantren Al-Quran Internasional Al-Fatah di Trans Barelang, Rempang Cate, Kecamatan Galang, Batam.

9 September – AWG bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) resmi membuka Seminar Nasional Pengusaha Muslim untuk Pembebasan Al Aqsa di Aula AK Anshori UMP, Purwokerto, Jawa Tengah.

9 September – AWG pada Sabtu (9/11) meresmikan lembaga perjuangan perempuan untuk Al-Aqsa dan Palestina, Maemuna Center (Mae_C), di Aula AK Anshori Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Purwokerto, Jawa Tengah.

28 September – Sebanyak 18 personel UAR mengikuti pelatihan gabungan Jakarta Rescue International di Puncak Cisarua, Bogor, selama dua hari,

29 September – Salah seorang pendiri MER-C, DR. Dr. Syafiq Basalamah, SpOT, MHA, wafat di rumah sakit di Singapura pada Sabtu subuh,  dalam usia 55 tahun.

30 September – MER-C menurukan tim medis pada aksi massa 30 september 2019 di dekat Gedung DPR/MPR.

Oktober

2 Oktober – Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memberikan apresiasi kepada tim relawan UAR yang membantu proses penanganan bencana gempa Lombok khususnya di wilayah KLU.

4 Oktober – MER-C mendapat kepercayaan menjadi koordinator sementara kegiatan operasional Rumah Sakit Umum Sis Al-Jufri di Palu pascagempa dan tsunami yang menimpa beberapa wilayah di Provinsi Sulawesi Tengah,

8 Oktober – Jama’ah Muslimin (Hizbullah) bekerjasama dengan Mahad Daarul Qur’anul Karim wa As Sunnah (DQS) Gaza Palestina menyepakati pengasuhan dua halaqah tahfidz Al Qur’an binaan DQS di Gaza.

23 Oktober – Tim relawan gabungan dari MER-C dan Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) yang terjebak di antara tanah longsor di Kec. Kulawi, Kab. Sigi, Sulawesi Tengah, berhasil keluar dari jebakan longsor dan kembali ke Palu.

November

9 November – Pembangunan Rumah Sakit (RS) Indonesia di Rakhine State, Myanmar selesai dan sudah siap untuk dioperasionalkan. Pembangunan RS Indonesia di Rakhine State.

Desember

2 Desember – MER-C mendirikan posko kesehatan pada reuni 212 di Monas, Jakarta.

5 Desember – UAR Bogor menggelar pelatihan Mitigasi dan Adaptasi dalam penanggulangan bencana alam di Pondok Pesantren Al Fatah Cileungsi

10 Desember – Pemerintah Indonesia menyerahkan Rumah Sakit Indonesia di Rakhine State, Myanmar yang diinisiasi oleh MER-C kepada pemerintah Myanmar, dalam sebuah acara  di Kantor Kementerian Kesehatan dan Olahraga Myanmar, Naypyidaw. (L/NDS/Ast/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)