Kaleidoskop 2019: Jama’ah Muslimin, MER-C, Rasil, AWG, dan UAR

Januari

4 Januari- Radio dan TV Radio Silaturahim (Rasil) menerima penghargaan 212 Award sebagai “212 Devoted Media of The Year” dari panitia Reuni Akbar 212 atas keterlibatannya dalam meliput Reuni Akbar 212 pada 2 Desember 2018 lalu di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta.

6 Januari – Imaam Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Yakhsyallah Mansur menerima cendera mata berupa potongan daun Zaitun dan sejumput tanah Masjid Al-Aqsa dari seorang aktivis Penjaga Masjid (Murabithah) Al-Aqsa, Zeina Amr, sebagai tanda bahwa ia menitipkan Al-Aqsa kepada muslimin Indonesia untuk dibebaskan dari penjajahan Zionis Israel.

11 Januari – Lembaga SAR Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) se-Jawa Barat mengadakan latihan gabungan di Tasikmalaya selama sepekan

17 Januari – Manajer Operasional Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Rima Manzanaris mengatakan, pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Rakhine State, Myanmar sudah memasuki tahap akhir dan diharapkan selesai pada Februari atau Maret 2019.

Februari

10 Februari – UAR dan Pemuda Jama’ah Muslimin (Hizbullah) wilayah Jabodetabek, mengadakan pelatihan navigasi bersama di Gunung Kapur, Ciampea, Bogor, Jawa Barat.

22 Februari – MER-C pada Jumat (22/2) memberangkatkan tim pertama sebanyak enam relawan kontruksi pembangunan Rumah Sakit Indonesia (RS Indonesia) tahap kedua di Gaza, Palestina.

Maret

20 Maret – MER-C untuk pertama kali melakukan kunjungan silaturahim ke panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Jakarta

April

8 April – MER-C memberangkatkan tim konstruksi tahap akhir pembangunan RS Indonesia di Rakhine.

15 April – MER-C menjajaki kerja sama di bidang kemanusiaan dengan Kedutaan Besar (Kedubes) Inggris untuk Indonesia.

28 Februari – Mengingat peran Muslimat sebagai penentu lahirnya generasi berkualitas, Fatayat Jama’ah Muslimin (Hizbullah) mengadakan konsolidasi Fatayat (Pemudi-red) se-Indonesia.

28 April – Wadah kesatuan umat Islam Jama’ah Muslimin (Hizbullah) menggelar rangkaian acara Tabligh Akbar dan Festival Sya’ban 1440 Hijriyah.

Mei

3 Mei –  MER-C membentuk tim mitigasi kesehatan bencana pemilu 2019.

6 Mei – Jaringan Pondok Pesantren Al-Fatah yang berpusat di Cileungsi, Bogor, memberangkatkan 23 orang jamaah umrah pada awal Ramadhan.

16 Mei – Lembaga Kemanusiaan Aqsa Working Group (AWG) menggelar safari Ramadhan 1440 Hijriah bersama ulama asal Palestina

Agustus

7 Agustus – MER-C bertemu Wakil Presiden (Wapres) Indonesia Jusuf Kalla, menyampaikan perkembangan pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Rakhine State, Myanmar.

16 Agustus – Melalui Program Tebar Kurban untuk umat Islam dan dhuafa di luar negeri, AWG pada perayaan Idul Adha 1440 H menyalurkan Kurban untuk Muslim Rohingya.

19 Agustus – Syubban Jama’ah Muslimin (Hizbullah) bersama Al Aqsa Working Group (AWG) akan menggelar Aksi Damai Solidaritas Masjidil Aqsa Palestina di Patung Kereta Kuda, Monumen Nasional Jakarta

24 Agustus – AWG bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi Kajian Timur Tengah dan Islam (KTTI), serta Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia, menggelar seminar nasional tentang Palestina.

28 Agustus – MER-C bekerjasama dengan Pengurus Besar (PB) Wanita Al-Irsyad, menyelenggarakan bakti sosial pengobatan di Rumah Tahanan Pondok Bambu, Jakarta Timur.

September

3 September- Imaam Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Yakhsyallah Mansur meresmikan pembangunan Pesantren Al-Quran Internasional Al-Fatah di Trans Barelang, Rempang Cate, Kecamatan Galang, Batam.

9 September – AWG bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) resmi membuka Seminar Nasional Pengusaha Muslim untuk Pembebasan Al Aqsa di Aula AK Anshori UMP, Purwokerto, Jawa Tengah.

9 September – AWG pada Sabtu (9/11) meresmikan lembaga perjuangan perempuan untuk Al-Aqsa dan Palestina, Maemuna Center (Mae_C), di Aula AK Anshori Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Purwokerto, Jawa Tengah.

28 September – Sebanyak 18 personel UAR mengikuti pelatihan gabungan Jakarta Rescue International di Puncak Cisarua, Bogor, selama dua hari,

29 September – Salah seorang pendiri MER-C, DR. Dr. Syafiq Basalamah, SpOT, MHA, wafat di rumah sakit di Singapura pada Sabtu subuh,  dalam usia 55 tahun.

30 September – MER-C menurukan tim medis pada aksi massa 30 september 2019 di dekat Gedung DPR/MPR.

Oktober

2 Oktober – Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memberikan apresiasi kepada tim relawan UAR yang membantu proses penanganan bencana gempa Lombok khususnya di wilayah KLU.

4 Oktober – MER-C mendapat kepercayaan menjadi koordinator sementara kegiatan operasional Rumah Sakit Umum Sis Al-Jufri di Palu pascagempa dan tsunami yang menimpa beberapa wilayah di Provinsi Sulawesi Tengah,

8 Oktober – Jama’ah Muslimin (Hizbullah) bekerjasama dengan Mahad Daarul Qur’anul Karim wa As Sunnah (DQS) Gaza Palestina menyepakati pengasuhan dua halaqah tahfidz Al Qur’an binaan DQS di Gaza.

23 Oktober – Tim relawan gabungan dari MER-C dan Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) yang terjebak di antara tanah longsor di Kec. Kulawi, Kab. Sigi, Sulawesi Tengah, berhasil keluar dari jebakan longsor dan kembali ke Palu.

November

9 November – Pembangunan Rumah Sakit (RS) Indonesia di Rakhine State, Myanmar selesai dan sudah siap untuk dioperasionalkan. Pembangunan RS Indonesia di Rakhine State.

Desember

2 Desember – MER-C mendirikan posko kesehatan pada reuni 212 di Monas, Jakarta.

5 Desember – UAR Bogor menggelar pelatihan Mitigasi dan Adaptasi dalam penanggulangan bencana alam di Pondok Pesantren Al Fatah Cileungsi

10 Desember – Pemerintah Indonesia menyerahkan Rumah Sakit Indonesia di Rakhine State, Myanmar yang diinisiasi oleh MER-C kepada pemerintah Myanmar, dalam sebuah acara  di Kantor Kementerian Kesehatan dan Olahraga Myanmar, Naypyidaw. (L/NDS/Ast/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)