Kaleidoskop Jama’ah Muslimin (Hizbullah) 2020: Menebarkan Islam Rahmatan lil Alamin 

Oleh: Ali Farkhan Tsani, Wartawan MINA *

Jama’ah Muslimin (Hizbullah) merupakan wadah kesatuan umat Islam yang bersifat rahmatan lil ‘alamin, telah dimaklumkan secara terbuka pada Hari Raya  Idul Adha, 10 Dzulhijjah 1372 bertepatan dengan 20 Agustus 1953 di Jakarta.

Dalam melaksanakan perjuangannya, sebagaimana tertuang dalam dokumen MA’LUMAT No. 1/’72 disebutkan, perjuangan Jama’ah Muslimin (Hizbullah) berpedoman pada Al-Quran dan As-Sunnah, serta berjuang karena Allah, dengan Allah, untuk Allah, bersama segenap kaum Muslimin menuju mardhatillah.

Tentang Jama’ah Muslimin (Hizbullah) bisa dibuka di https://minanews.net/khithah-perjuangan-jamaah-muslimin-hizbullah/

Jama’ah Muslimin (Hizbullah) saat ini dipimpin oleh Imaam Yakhsyallah Mansur, berpusat kegiatan di Pondok Pesantren Al-Fatah Pasirangin, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia.

Dalam pelaksanaan kegiatan sepanjang tahun 2020, Kantor Berita MINA mendokumentasikan 181 kegiatan bernilai berita,  atau rata-rata 15 berita per bulan. Ini sama dengan setiap dua hari sekali ada berita kegiatan yang dipublish di website Minanews.net.

Secara umum tema pemberitaan berupa statemen Jama’ah Muslimin (Hizbullah) atas berbagai permasalahan umat secara global maupun nasional bangsa Indonesia. Di antaranya statemen berisi pembelaan atas nasib umat Islam tertindas di Uyghur, Kashmir, Rohingya, India dan tentu Palestina. Juga statemen yang menyangkut masyarakat terkait Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VIII, pencegahan penyebaran virus Covid-19, mengingatkan kewaspadaan terhadap pihak-pihak yang tidak menginginkan kestabilan dan kemajuan Indonesia terkait aksi demo UU Omnibus Law, dan nasihat hidup berbangsa dan bernegara itu ibarat sebuah rumah tangga. Sehingga segala permasalahan hendaknya diselesaikan dengan semangat kasih sayang, kekeluargaan dan persaudaraan. Bukan dengan semangat ingin menang sendiri dan saling membenci. Pernyataan ini memberi tanggapan terkait pembubaran ormas Front Pembela Islam (FPI).

Ada juga beberapa kegiatan sosial kemasyarakatan yang diarahkan Jama’ah Muslimin (Hizbullah) berupa penyantunan terhadap warga yang tertimpa bencana alam, penyaluran sembako untuk warga yang memerlukan pada masa pandemi. Kegiatan ini dikoordinir oleh Ukhuwah Al-Fatah Resque (UAR) berkoordinasi dengan Badan SAR Nasional (Basarnas), dan di daerah-daerah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Polda setempat serta instansi terkait.

Jama’ah Muslimin (Hizbullah) juga secara konsisten memberikan dukungan perjuangan Palestina bekerjasama dengan Kedutaan Palestina di Jakarta, melalui kegiatan donasi, seminar, longmarch dan aksi damai. Termasuk penyaluran hewan qurban ke berbagai negara yang sangat memerlukan, pengiriman bantuan untuk pengungsi Palestina, hingga pengiriman relawan kemanusiaan untuk melanjutkan membantun Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Palestina, yang dibangun oleh Lembaga Kegawatdaruratan MER-C (Medical Emergeny Resque Committee).

Kegiatan-kegiatan kepalestinaan ini dikerjakan oleh Lembaga Kepalestinaan Aqsa Working Group (AWG). Termasuk secara khusus pembelaan terjadap kaum perempuan Palestina yang dikoordinir oleh Mae-C (Maemunah Center) di bawah koordinasi AWG.

Dalam bidang lainnya Jama’ah Muslimin (Hizbullah) juga secara aktif ikut serta mencerdaskan anak bangsa melalui lembaga pendidikan Pondok Pesantren Al-Fatah yang tersebar di sekitar 20 tempat di beberapa provinsi Indonesia. Serta perguruan tinggi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Fatah dan Sekolah Tinggi Shuffah Al-Qurtan Abdullah bin Mas’ud (STSQABM). Di samping juga kegiatan keumatan seperti Majelis Ta’lim, Tabligh Akbar, Seminar dan Pelatihan.

Adapun kegiatan dakwah Jama’ah Muslimin (Hizbullah) era digital dikerjakan oleh jajaran redaksi dan wartawan Kantor Berita MINA dan TV Al-Jama’ah.

Selengkapnya kegiatan-kegiatan tersebut terangkum dalam Kaleidoskop Jama’ah Muslimin (Hizbullah) 2020, sebagai berikut:

3 Januari

Ratusan massa umat Islam dikoordinir Jama’ah Muslimin (Hizbullah) menggelar aksi bela Muslim Uighur di depan Kedutaan Cina di Jakarta.

4 Januari

Jama’ah Muslimin (Hizbullah) mengadakan bakti sosial pengobatan alternatif gratis berupa layanan bekam, akupuntur dan ruqyah di masjid Al-Mu’min Bandung, Jawa Barat. Kegiatan terselenggara atas kerjasama dengan Muslimah Learning Center (MLC) Jabar.

12 Januari

Jama’ah Muslimin (Hizbullah) dikoordinir Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) memberikan bantuan para korban terdampak banjir di Bojong Kulur, Bogor.

19 Januari

Jama’ah Muslimin (Hizbullah) menggelar Tabligh Akbar bertema “Membumikan Spirit Ukhuwah  Islamiyah dalam Kerangka Persatuan dan Kesatuan Umat Menuju Kejayaan Islam” di Kabupaten Mempawah, Kalbar. Hadir sebagai pembicara Imaam Jamaah Muslimin (Hizbullah) KH. Yakhsyallah Mansur, Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan, Ketua Komisi Dakwah MUI Kabupaten Mempawah KH. Alfan Hadi dan Bupati Mempawah Erlina R. Norsan serta sejumlah pejabat daerah dari Pemkab Mempawah, Polres Mempawah dan Koramil setempat.

17 Januari

Imaam Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Yakhsyallah Mansur  meresmikan Pengurus Lembaga Tanggap Darurat  Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) kordinator wilayah Kalimantan Barat di Gedung Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil), Pontianak. Peresmian dihadiri Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalbar, KANSAR Kalbar, Polda Kalbar serta beberapa organisasi kemanusiaan.

25 Januari

Jama’ah Muslimin (Hizbullah) mengadakan Diklat Film dan TV bagi Fatayat (Perempuan) di Ponpes Al-Fatah, Muhajirun, Negararatu, Natar Lampung Selatan.

5 Februari

Delegasi Jama’ah Muslimin (Hizbullah) menghadiri acara Jammu and Kashmir Solidarity Day di Kedutaan Besar Pakistan di Jakarta.

Pada tanggal yang sama delegasi Jama’ah Muslimin (Hizbullah) dan Kementerian Luar Negeri Indonesia menghadiri Konferensi Pers “No For Deal of Century” di Kedutaan Besar Palestina, Jakarta,

Pada tanggal yang sama juga, Jama’ah Muslimin (Hizbullah) melalui Aqsa Working Group (AWG) menyatakan menolak dengan tegas adanya proposal Trump Deal of The Century (Kesepakatan Abad Ini) yang diumumkan Presiden AS Donald Trump bersama PM Israel Benjamin Netanyahu.

9 Februari

Jama’ah Muslimin (Hizbullah) menggelar Program One Day Khatam Qur’an (ODOQ) untuk membiasakan konsistensi umat membaca Al-Qur’an berpusat kegiatan admin di Masjid Baitul Muttaqqien, Bekasi. Program utamanya memasyarakatkan tilawah di manapun berada agar dapat membiasakan diri Tilawah Al-Quran minimal 1 Juz sehari, dan dilaporkan secara online melalui Group WhatsApp.

16 Februari

Jama’ah Muslimin (Hizbullah) melalui Majelis Ummahat Markaz mengadakan seminar pascanikah dengan tema “Mengisi Mahligai Rumah Tangga yang Sakinah Mawadah Warahmah” di Auditorium Muhyiddin Hamidy lantai 2 Kompleks Ponpes Al-Fatah Pasirangin, Cileungsi, Bogor.

21 Februari

Jama’ah Muslimin (Hizbullah) mengawali “Gerakan Subuh Agung” dalam rangka mendukung pembebasan Masjidil Aqsa dan kemerdekaan Palestina.

28 Februari

Jama’ah Muslimin (Hizbullah) mengirimkan delegasinya mengikuti Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VIII yang digelar di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, 26-29 Februari 2020. Dalam kongres dibahas masalah Strategi Perjuangan Umat Islam yang meliputi bidang Politik, Ekonomi, Hukum, Pendidikan dan Kebudayaan, Islam Wasathiyyah/Moderasi Kehidupan Beragama, Filantropi Islam dan Strategi perjuangan umat Islam bidang Media.

1 Maret

Jama’ah Muslimin (Hizbullah) mengecam tindakan kekerasan yang dilakukan massa Hindu terhadap umat Islam di India dan terkesan ada pembiaran oleh pihak keamanan serta Pemerintah India yang menyebabkan jatuhnya puluhan korban jiwa, ratusan cedera dan hancurnya properti milik warga Muslim India seperti rumah, sekolah, toko dan masjid-masjid.

5 Maret

Jama’ah Muslimin (Hizbullah) menyampaikan pernyataan sikap terkait peristiwa kekerasan yang dialami muslim India kepada pihak Kedutaan Besar India di Jakarta.

10 Maret

Para relawan yang membangunan Rumah Sakit Indonesia di Gaza mengikuti kajian bersama Imaam Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Yakhsyallah Mansur yang dilakukan secara telekonferensi.

5 April

Jama’ah Muslimin (Hizbullah) dikoordinir para pemuda (Syubban) membagikan paket sembako kepada warga yang terdampak wabah Covid-19 di Jakarta Utara.

Pada tanggal yang sama, Team Ribath Covid-19 (TRC-19) Jama’ah Muslimin (Hizbullah) menggerkkan penanaman tanaman ubi jalar dan lainnya sebagai program ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19.

30 Mei

Jama’ah Muslimin (Hizbullah), mengeluarkan pernyataan sikap berkenaan dengan rencana Pemerintah RI tentang penerapan New Normal saat Pandemi Covid-19 yang belum mereda dan masih menimbulkan kekhawatiran di tengah masyarakat.

Pernyataan berisi perlunya kehati-hatian karena menyangkut keselamatan jiwa orang banyak, terutama dari kalangan anak-anak dan lanjut usia. Serta pentingnya “Bersatu Melawan Covid-19” dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

25 Juni

Lembaga Kepalestinaan Aqsa Working Group (AWG) dan Lembaga Perjuangan Perempuan untuk Al-Aqsa dan Palestina, Maemuna Center (Mae-C), menyalurkan bantuan kepada rakyat Palestina. Bantuan itu diserahkan secara simbolis oleh Imaam Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Yakhsyallah Mansur kepada Dubes Palestina Zuhair Al-Shun dalam rangkaian acara Konferensi Pers “Menolak Aneksasi Israel Atas Tanah Palestina di Tepi Barat” yang digelar AWG di Jakarta.

17 Juni

Jama’ah Muslimin (Hizbullah) mengadakan program global qurban 1441 H, untuk warga di Palestina, Myanmar, Philipina, Thailand, Sudan, dan wilayah-wilayah Indonesia seperti Lembata, NTT, Donggala, Sulteng, dan Lombok, NTB, Aceh dan lainnya.

28 Juni

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Fatah mengadakan diskusi Bincang Ilmiah Akademis dengan mengangkat tema “Lawan Aneksasi Israel atas Tanah Palestina” di Kampus STAI Al-Fatah Pasirangin, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

1 Juli

Jama’ah Muslimin (Hizbullah) menyerukan pemboikotan terhadap produk-produk Israel atau yang pro terhadapnya, untuk menekan propaganda Kesepakatan Abad Ini, terutama rencana aneksasi pendudukan Israel ke Tepi Barat Palestina.

10 Juli

Jama’ah Muslimin (Hizbullah) menyerahkan bantuan kepada 99 pengungsi Rohingya yang saat ini ditampung di eks Gedung Imigrasi, Lhokseumawe. Bantuan merupakan bentuk tanggung jawab dan kepedulian terhadap nasib kaum Muslimin Rohingya.

7 Agustus

STAl Fatah bersama Sekolah Qur’an Abdullah Bin Mas’ud (SQABM) mengadakan Webinar membahas evaluasi kurikulum menuju kurikulum merdeka belajar. Menyambut program kebijakan baru merdeka belajar yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

25 Agustus

Jama’ah Muslimin (Hizbullah) menggencarkan kampanye program wakaf produktif penanaman 1.000 pohon Zaitun yang diwakafkan untuk warga Gaza Palestina.

21 Agustus

Aqsa Working Group (AWG) mengunjungi Kedutaan Palestina di Jakarta, untuk menyampaikan dukungan terhadap perjuangan rakyat Palestina dan penolakan normalisasi UEA dan Bahrain dengan Israel.

31 Agustus

Jama’ah Muslimin (Hizbullah) bersama team Arematea mengadakan diskusi strategi menghadang kristenisasi, di auditorium Muhyiddin Hamidy Pondok Pesantren Al-Fatah, Cileungsi, Jawa Barat. Arimatea adalah  lembaga anti-pemurtadan Advokasi Rehabilitasi Imunisasi Aqidah yang Terpadu Efektif dan Aktual (Arimatea) terhadap umat Islam.

26 September

Jama’ah Muslimin (Hizbullah) melalui Ukhuwah Al Fatah Rescue (UAR) menyalurkan bantuan untuk korban banjir bandang di Desa Cibunian, Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jabar.

Pada tanggal yang sama Jama’ah Muslimin (Hizbullah) menggelar Diskusi Panel Mempererat Ukhuwah Islamiyah, Mewaspadai Bahaya Laten Komunisme di Aula At-Taqwa Komplek Pondok Pesantren Al-Fatah Negararatu, Natar, Lampung Selatan.

11 Oktober

Imaam Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Yakhsyallah Mansur menyerukan, buruh dan pengusaha hendaknya mengedepankan kewajiban dan tidak hanya berpikir tentang hak, serta agar berpikir untuk kebaikan bersama.

Seruan terkait efek dari pengesahan Omnibus Law oleh DPR yang menimbulkan demo di banyak kota Indonesia, dan untuk mengingatkan agar mengedepankan kewaspadaan terhadap pihak-pihak yang tidak menginginkan kestabilan dan kemajuan Indonesia.

12 Oktober

Lembaga Perjuangan Kemuslimahan untuk Al-Aqsa dan Palestina, Maemuna Center (Mae-C) menyelenggrakan Daurah Al-Aqsa Muslimah di Pesantren Al-Fatah Maos, Cilacap, Jawa Tengah.

11 November

Imaam  Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Yakshyallah Mansur melalui surat kepada Kedutaan Besar Palestina di Jakarta menyampaikan ucapan turut berbelasungkawa atas wafatnya Sekretaris Jendral Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) Saeb Erekat.

15 Desember

Warga pengungsi korban bencana erupsi Gunung Ile Lewotolok, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) berterimakasih atas bantuan yang disalurkan oleh Jama’ah Muslimin (Hizbullah). disalurkan melalui lembaga Kemanusiaan Aqsa Working Group (AWG) Cabang NTT.

30 Desember

Imaam Yakhsyallah Mansur menyatakan, hidup berbangsa dan bernegara itu ibarat sebuah rumah tangga. pemerintah adalah orang tua dan warga negara sebagai anggota keluarga. Imaam Yakhsyallah memberi tanggapan terkait pembubaran ormas Front Pembela Islam (FPI). Imaam Yakhsyallah mengajak lebih mengedepankan dialog, dengan semangat kasih sayang, penuh kesantunan dan kekeluargaan. (A/RS2/P2).

*Ali Farkhan Tsani, Penulis adalah Wartawan dan Redaktur Senior Kantor Berita MINA, juga sebagai Duta Al-Quds alumni Mu’asssah Al-Quds Ad-Dauly Shana’a Yaman.

 

Mi’raj News Agency (MINA)