Kamala Harris Mengundurkan Diri dari Senat Jelang Pelantikannya Sebagai Wakil Presiden

Washington, MINA – Wakil Presiden terpilih AS Kamala Harris pada Senin (18/1) mengundurkan diri dari Senat, dua hari sebelum pelantikannya bersama dengan Presiden terpilih Joe Biden.

“Saya ingin berterima kasih kepada rakyat California atas kehormatan melayani mereka di Senat AS selama empat tahun terakhir,” tulis Harris dalam surat pengunduran dirinya yang dikirim ke Gubernur California Gavin Newsom, Anadolu Agency melaporkan.

Newsom telah memilih Menteri Luar Negeri California Alex Padilla untuk menjalani sisa masa jabatan Harris yang berakhir pada 2022.

Harris juga mengirim pesan video melalui Twitter, mengatakan bahwa dia telah melamar menjadi magang Senat di kantor Senator senior dari California, Alan Cranston, ketika dia menjadi mahasiswa tahun kedua di Universitas Howard pada tahun 1984.

“Saya terpilih menjadi salah satu internnya. Siapa sangka, bertahun-tahun kemudian, saya benar-benar menjalankan kantor di mana saya pernah menjadi mahasiswa menyaksikan pekerjaan luar biasa yang bisa dilakukan seorang senator,” katanya.

“… wakil presiden adalah satu-satunya kantor di pemerintahan kita yang dimiliki oleh eksekutif dan legislatif,” tambahnya.

Harris dari Demokrat, akan menjadi wakil presiden wanita pertama dalam sejarah AS, sekaligus wakil presiden pertama keturunan Afrika-Amerika dan Asia-Amerika. (T/R7/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)