Kanada Gelar Pertemuan Bahas Kejahatan Islamofobia

Toronto, MINA – Pertemuan puncak yang diadakan oleh pemerintah pada Kamis (22/7) menyimpulkan, lebih banyak pekerjaan harus dilakukan untuk mengurangi kejahatan kebencian dan kekerasan yang terkadang berakhir dengan pembunuhan Muslim di Kanada.

Pertemuan itu digelar menyusul sejumlah insiden kekerasan terhadap umat Islam, Anadolu melaporkan.

Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan pada acara tersebut, warga Kanada harus berjuang untuk sebuah negara “di mana kita merayakan keragaman, di mana kita berdiri bersama.”

“Itulah janji negara kita harus bekerja keras untuk memenuhinya, karena terlalu sering dan terlalu banyak orang melanggar janji itu,” ujarnya.

Sebuah serangan pada bulan Juni terjadi saat seorang tersangka di sebuah truk pickup dengan sengaja menabrak lima anggota keluarga Muslim di London, Ontario, menewaskan empat orang dan meninggalkan seorang anak laki-laki berusia sembilan tahun menjadi yatim piatu.

Itu merupakan pukulan nyata bagi komunitas Muslim dan mengejutkan warga Kanada di seluruh negeri. Kemudian mendorong pemerintah untuk mengambil tindakan darurat dan mengadakan pertemuan puncak.

Dewan Nasional Muslim Kanada (NCCM) mengatakan Kanada memiliki sejarah serangan kebencian terang-terangan terhadap Muslim.

“Kenyataannya adalah Kanada telah mengalami lebih banyak pembunuhan massal yang dimotivasi oleh Islamofobia dalam lima tahun terakhir daripada negara lain di G7,” Mustafa Farooq, kepala NCCM, mengatakan pada konferensi pers beberapa hari sebelum pertemuan itu.

“Ini tidak bisa dibiarkan berlanjut,” katanya.

Muslim Kanada ragu-ragu tetapi berharap perubahan akan keluar dari puncak.

“Buktinya akan ada di puding jika mereka benar-benar akan memberikan pertimbangan dan upaya yang berarti di balik membuat rekomendasi dapat ditindaklanjuti,” Jasmin Zine, seorang profesor sosiologi di Universitas Wilfrid Laurier di Waterloo, Ontario, mengatakan kepada CTVNews.ca dalam sebuah wawancara .

Setelah pembunuhan di London, NCCM dan Masjid London menyusun daftar 61 rekomendasi yang jika diikuti, dapat meredakan sebagian kebencian, kata para pejabat.

Diantaranya adalah perubahan KUHP untuk lebih menekankan pada penyerangan yang didorong oleh kebencian, pembentukan dana nasional untuk korban Islamophobia, lebih fokus untuk menangani kelompok supremasi kulit putih dan inspeksi untuk melihat apakah kelompok tersebut telah berhasil menempatkan anggotanya di organisasi keamanan nasional.

Usulan tersebut juga termasuk pembentukan rencana aksi anti-Islamofobia sebelum akhir tahun, menangani Islamofobia di ruang kelas, peraturan kota untuk menangani pelecehan di tingkat akar rumput lokal dan kampanye anti-rasisme di sekolah.

Serangan London, meski mengerikan, adalah salah satu dari serangkaian serangan panjang terhadap Muslim.

Seorang ibu dan anak perempuan yang mengenakan jilbab diserang di provinsi Alberta baru-baru ini, sementara pada bulan September, seorang tersangka menikam dan membunuh seorang sukarelawan di sebuah masjid di Toronto.

Pada Januari 2017, seorang pria bersenjata menyerbu sebuah masjid Kota Quebec, menewaskan enam anggota yang sedang beribadah dan melukai 19 lainnya, beberapa di antaranya serius.

Pada akhir Pertemuan, Menteri Keamanan Publik Bill Blair mengatakan pemerintah berencana untuk menghabiskan USD 6 juta pada 150 inisiatif untuk membantu menghentikan kejahatan kebencian di komunitas yang berisiko. (T/R7/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.