Kanada Tunjuk Duta Besar Baru untuk ASEAN

Jakarta, MINA – , Duta Besar khusus Kanada untuk ASEAN, menyampaikan surat kepercayaannya kepada Yang Mulia Dato Lim Jock Hoi, Sekretaris Jenderal ASEAN, di Sekretariat ASEAN, Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (6/11).

Kanada telah menunjuk Duta Besar Diedrah Kelly sebagai Duta Besar yang baru untuk Asosiasi Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), negara ini telah menjalin Kemitraan Dialog (Dialogue Partnership) sejak tahun 1977. Demikian Kedutaan Besar Kanada di Jakarta yang dikutip MINA.

“ASEAN adalah salah satu mitra dan teman sejak lama bagi Kanada. Kami berbagi komitmen kuat untuk memprioritaskan masyarakat dalam segala bentuk kerjasama kami. Saya senang hari ini bertemu dengan Sekretaris Jenderal Dato Lim Jock Hoi untuk secara resmi memulai masa jabatan saya di ASEAN. Ini adalah kesempatan penting untuk mendiskusikan bagaimana kita dapat menggunakan nilai-nilai yang menyatukan kita – kesetaraan, perdagangan bebas, kerjasama ekonomi yang lebih erat, serta perdamaian internasional dan keamanan,” ujar Kelly.

Duta Besar Kelly menggantikan pendahulunya, Duta Besar Marie-Louise Hannan, untuk jabatan Duta Besar Kanada untuk ASEAN.

Sebelum menjabat posisi ini, Duta Besar Kelly telah mewakili Kanada melalui berbagai jabatan diplomatik sejak tahun 2001. Di Ottawa, ia bekerja sebagai kepala staf untuk Asisten Deputi Menteri Keamanan Internasional dan Urusan Global, penasihat nuklir senior, dan manajer program di Global Program Kemitraan dan kepala Unit Kebijakan dan Pemrograman di Divisi Penilaian Ancaman dan Layanan Intelijen.

Untuk penempatan di luar Kanada, ia pernah menjabat sebagai konselor politik dan konsul di Sarajevo (2005 hingga 2007), kepala kantor di kedutaan di Astana (2007 hingga 2010) dan konselor politik di Accra (2011 hingga 2014).

Kanada pertama kali mendirikan perwakilan khusus untuk ASEAN di tahun 2014, dengan penunjukan Duta Besar Marie-Louise Hannan sebagai Duta Besar pertama Perwakilan Kanada untuk ASEAN.

Kanada telah menjalin Kemitraan Dialog (Dialogue Partnership) dengan ASEAN sejak tahun 1977, menjadikan Kanada satu dari sepuluh negara dengan status Kemitraan Dialog (Mitra Dialogi) untuk ASEAN.

Wilayah kerjasama Kemitraan Dialog mencakup perihal politik dan keamanan, integrasi regional, kepentingan ekonomi, dialog antar agama, kejahatan transnasional dan kontraterorisme, pengurangan risiko bencana, dan bidang lainnya.

Sebagai suatu kesatuan, negara-negara anggota ASEAN merupakan mitra dagang barang terbesar keenam Kanada. Pada 2017, perdagangan barang mencapai 23,3 miliar dolar. (R/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)