Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kanal Youtube Rasil TV Hingga Email Diretas, Ribuan Video Narasumber Hilang

kurnia - Kamis, 4 Januari 2024 - 19:09 WIB

Kamis, 4 Januari 2024 - 19:09 WIB

5 Views ㅤ

Bekasi, MINA  – Kanal YouTube Radio Silaturahim TV dan juga email diretas, ribuan video narasumber hilang pada pukul 19.00 WIB, terungkap bahwa akun email Radio Silaturahim 729 AM jatuh ke tangan pihak tak bertanggung jawab.

“Upaya sabotase ini terdeteksi pada Rabu sore (3/1) pukul 18.01 WIB, di mana peretas berupaya meng-hack akun Rasil sebanyak 6 kali,” ujar Kepala Tim IT Radio Silaturahim, Atep Setiabudi.

Tim IT Radio Silaturahim segera merespons, berupaya pulihkan akun tersebut. Namun, upaya tersebut mengalami kebuntuan karena peretas telah mengamankan akun dengan menggunakan USB Key, membuat pemulihan sulit dilakukan.

Peretasan ini tidak hanya mencakup pengambilalihan akun email, tetapi juga melibatkan email yang berisi 9,2 ribu video di YouTube.

Baca Juga: Satu Relawan Liaison Officer MER-C Masuk Gaza untuk Kedua Kalinya

“Kontennya beragam, berisi tausyiah ustaz dan ustazah Rasil, dialog Topik Berita, dan materi dari Rasilnews, bahkan pagi ini akun Rasil TV yang berisi video tausyiah para ustaz Rasil hilang dari YouTube,” ujarnya.

Sementara itu, Radio Silaturahim terus bekerja keras untuk mengatasi dampak serangan ini dan terus berupaya melakukan pemulihan.

Pasca diretasnya akun email dan hilangnya video tausyiah para ustaz Rasil di YouTube, tim IT Radio Silaturahim telah mengambil langkah-langkah antisipasi.

Manajer Rasil TV, Hafiez Kusuma Wardana, menyatakan bahwa langkah-langkah pencadangan (back up) akan menjadi fokus utama keamanan data ke depan.

Baca Juga: MER-C Fasilitasi Keberangkatan 10 Santri Papua ke Pesantren Balekambang Jepara

“Ke depannya kami akan mengambil langkah-langkah preventif, seperti penggunaan dua akun chanel untuk video Rasil TV dengan verifikasi ganda untuk memastikan keamanan data dan konten kami,” ujar Hafiez.

Tim IT yang dipimpin oleh Atep Setiabudi menambahkan, bahwa salah satu langkah kunci adalah mengamankan akun Gmail dan mengubah verifikasi untuk mencegah akses tidak sah.

Tim IT juga telah berkomunikasi dengan pihak YouTube Indonesia dan telah menjalankan prosedur-prosedur yang diperlukan untuk memulihkan kanal YouTube Rasil TV. Meskipun prosesnya masih berlangsung, mereka optimis bahwa konten-konten berharga, terutama video tausyiah dari para ustaz Rasil, dapat dipulihkan.

Sementara menunggu pemulihan penuh, penggemar dan pendengar Rasil TV/Radio Silaturahim diarahkan untuk menyimak konten-konten terbaru melalui kanal YouTube “United Islam Channel.”

Baca Juga: Berkunjung ke UEA, Jokowi Terima Penghargaan Order of Zayed

Meskipun tantangan sabotase seperti ini mengadang, semangat dakwah dan penyebaran ilmu tetap tinggi di kalangan tim Rasil TV. Video tausyiah dari narasumber seperti Ustaz Husein Alatas, Imam Yakhsyallah Mansyur, Ustaz Abul Hidayat Saerodji, Ichsanudin Noersy, Abdul Muta’ali, Abdullah Hehamahua, dan lainnya tetap dapat diakses melalui kanal pengganti sementara ini.

Mereka berharap agar proses pemulihan dapat segera terselesaikan dan seluruh konten berharga kembali dapat dinikmati oleh penggemar setia Rasil TV. Keluarga besar Radio Silaturahim memohon doa dari para pendengar dan penggemar Rasil TV agar kanal YouTube Rasil TV dapat segera pulih. (R/R4/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: MUI Nonaktifkan Dua Pengurus Diduga Terlibat Organisasi Terafiliasi Israel

Rekomendasi untuk Anda