Kartini, Wisuda di STID Mohammad Natsir, Siap Ke Aceh Besar

Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STID) Mohammad Natsir resmi mewisuda angkatan ke-12 di penghujung Oktober lalu tepat di Hari Santri Nasional. Tersebutlah Kartini, salah satu hasil kaderisasi guru ngaji dari amanah donatur LAZNAS Dewan Dakwah yang baru saja diwisuda dan akan mengabdi di Aceh.

Ustadzah Kartini siap membawa pijar terang dakwah Islam yang telah ia pelajari selama empat tahun ini menuju tanah pengabdiannya di Aceh.

STID M. Natsir adalah tempat pengkaderan para guru ngaji yang akan melanjutkan estafet dakwah dan disebar ke penjuru negeri. Ustadzah Kartini yang berasal dari Pandeglang, Banten ini telah mengenyam pendidikan selama 4 tahun di STID M. Natsir. Tahun ini, ia resmi menjadi salah satu daiyyah yang akan dikirim ke pengabdian di Akademi Dakwah Indonesia (ADI) di  Aceh Besar.

Ustadzah Kartini mengaku siap di manapun akan ditempatkan. “Surat keputusan pengabdian baru turun dua hari sebelum pelepasan, mau di manapun, Insya Allah,” ujarnya saat wisuda angkatan ke-12 STID Mohammad Natsir, di Aula Sakinah, Muslimat Center, Cipayung, Jakarta Timur, Ahad (13/11).

Ia berharap ridha Allah agar menjaga keluarganya selama ia mengabdi di tanah pengabdian. “Di rumah tinggal hanya ibu dan adik yang akan kuliah. “Kalau saya berangkat berdakwah dan adik juga kuliah, ibu tinggal sendirian di rumah,” ungkapnya sambil menyusut air mata.

Ia pun mengaku sempat berat meninggalkan orang tua, namun ini adalah tugas dakwah yang harus dijalankan. Maka akan tetap dilaksanakan.

Ustadzah Kartini yang akan mengabdi di Akademi Dakwah Indonesia (ADI) Aceh Besar juga memiliki kesiapan yang luar biasa. Ia akan menjadi musyrifah para calon da’iyyah di sana. Ia sudah mempersiapkan mental dan beberapa program yang akan ia bawa khususnya untuk membina para calon da’iyyah di Aceh sana.

“Tugas kami sangat besar, ADI Aceh itu merupakan ADI rintisan yang baru saja memulai. Selain itu juga, karakter masyarakatnya, bahasanya. Meskipun di ADI, Insya-Allah akan membaur bersama masyarakat,” kata Ustadzah Kartini ketika ditanya perihal program pengabdiannya.

Insya-Allah saya siap akan menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya,” imbuhnya. (R/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)