KAZAKHSTAN RESMI GABUNG WTO

Kazakhstan akan gabung bersama WTO. (Foto:IINA)
Kazakhstan akan gabung bersama WTO. (Foto:IINA)

Astana, Kazakhstan, 11 Syawwal 1436/27 July 2015 (MINA) – Ketua Senat Kazakhstan Kassym-Zhomart Tokayev mengatakan bahwa negaranya secara resmi akan bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) pada hari Senin, Russia Today melaporkan.

“Upacara resmi bergabungnya Kazakhstan ke WTO diadakan pada tanggal 27 Juli hari ini,” pembicara Senat memberitahukan pada Minggu (26/7) melalui Twitter. IINA melaporkan dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin (27/7).

Pada tanggal 10 Juni lalu, Kazakhstan dan WTO mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan untuk aksesi Kazakhstan dalam badan perdagangan, untuk mengakhiri proses negosiasi hampir 20 tahun yang dimulai ketika Republik Asia Tengah diterapkan pada Januari 1996.

Pada tanggal 22 Juni, Kelompok Kerja WTO di Kazakhstan resmi disetujui masuknya. Para anggota memuji

Aksesi Kazakhstan, akan memberikan perbaikan yang signifikan dalam pasar peluang akses untuk semua anggota WTO.

Presiden Nursultan Nazarbayev memuji langkah bersejarah acara itu dan mengatakan bahwa, “Aksesi ke WTO adalah kemenangan bagi seluruh negeri, dan pengakuan dari Kazakhstan sebagai bagian integral dari sistem ekonomi global,” ungkapnya.

WTO adalah organisasi internasional yang tujuan utamanya adalah untuk membuka perdagangan bagi kepentingan semua masyarakat.

Saat ini memiliki 161 anggota, di samping itu memiliki 24 non-anggota negara pengamat. WTO Sekretariat sendiri terletak di Jenewa, Swiss. (T/P007/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0