KBRI Bangkok Dukung Peningkatan Kapasitas Juri Pencak Silat Nasional di Thailand

(Foto: KBRI Bangkok)

Bangkok, MINA – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok mendukung kegiatan kelas pelatihan bagi para juri Pencak Silat tingkat nasional di Thailand.

Duta Besar Indonesia untuk Thailand, Rachmat Budiman menyampaikan apresiasi pada para peserta. Demikian keterangan tertulis yang diterima MINA, Selasa (30/3).

Dalam kesempatan tersebut, Duta Besar juga menyampaikan apresiasi kepada Asosiasi Pencak Silat Thailand yang telah ikut serta melestarikan dan mengembangkan Pencak Silat.

Sebelumnya, Pencak Silat sudah diakui UNESCO sebagai warisan budaya tak benda dunia pada bulan Desember 2019 melalui berbagai kegiatan, termasuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pertandingan Pencak Silat Tingkat Internasional.

Diyakini bahwa Pencak Silat dapat meningkatkan people-to-people contact, saling pengertian antar masyarakat Indonesia-Thailand, menjadi perekat rasa persaudaraan kedua negara dan mendukung penguatan kerja sama bilateral Indonesia-Thailand.

Pencak Silat yang berasal dari Indonesia, kini juga dipertandingkan dalam berbagai multievents  seperti Asian Games dan SEA Games.

Hadir dalam kegiatan tersebut Datuk Panu Utairat, Presiden Asosiasi Pencak Silat Thailand, Wirayut, Board of Pencak Silat Thailand, Perwakilan dari Sport Authority of Thailand, Pelatih Tim Nasional Pencak Silat Thailand dari Indonesia, H. Andy Zukarnaen, ST, dan Dosen pada National Sport University Kampus Yala, Galuh Yuliar Denata M. Or. (R/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)