KBRI Kairo Konfirmasi Penangkapan Dua Mahasiswa Indonesia

. Foto: Kemlu

Kairo, MINA – Duta Besar Indonesia untuk , Helmy Fauzi mengonfirmasi dan membenarkan adanya penahanan dua di Samanud, sekitar 130 km arah utara kota Kairo, sejak 1 Agustus lalu.

“Dua staf juga telah berkunjung ke Samanud dan juga ke kantor Kepolisian kota Aga. Berdasarkan informasi tidak resmi yang berhasil didapatkan KBRI, tempat itu merupakan tempat penahanan kedua mahasiswa Indonesia ini,” ujar Helmy kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Kamis (10/8).

Helmy menjelaskan, pada Rabu (2/8), KBRI Kairo mengirim Nota Diplomatik ke Kementerian Luar Negeri Mesir, dengan tembusan ke kementerian dalam negeri dan dinas keamanan nasional Mesir, untuk mempertanyakan penahanan dan keberadaan dua WNI tersebut.

“Sampai saat ini KBRI Kairo belum pernah mendapat notifikasi resmi dari aparat keamanan Mesir terkait penahanan dua mahasiswa Indonesia tersebut,” jelasnya.

Ia mengatakan, besar kemungkinan kedua mahasiswa itu akan dideportasi.

Aparat keamanan Mesir juga pernah menahan empat mahasiswa asal Indonesia pada operasi keamanan awal Juni lalu.

Sebelumnya, KBRI telah mengeluarkan himbauan agar seluruh mahasiswa Indonesia untuk meninggalkan Samanud dan tidak lagi “mondok”, mengkaji dan belajar ilmu agama dengan para ulama yang tidak berafiliasi dengan Al-Azhar serta berseberangan dengan Pemerintah Mesir.

KBRI juga telah menawarkan bantuan untuk memfasilitasi pengambilan barang-barang milik mahasiswa Indonesia yang masih tertinggal di Samanud. Namun ternyata para mahasiswa Indonesia tersebut menolak bantuan dan mengatakan bisa mengambil sendiri barang mereka yang tertinggal di sejumlah pemondokan di Samanud.

Pada umumnya madrasah tempat pengkajian agama di Samanud dipimpin dan diasuh oleh para sheikh atau ulama yang tidak berafiliasi dengan Al-Azhar. Bahkan dinilai berseberangan dengan Pemerintah Mesir.(L/R04/R01)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.