Festival Sirkus Palestina ‘Bersatu untuk Kebebasan’

Ramallah, MINA – Festival akan diadakan tahun ini dengan tema “Bersatu untuk Kebebasan”, yang berlangsung 27 September hingga 6 Oktober.

Tim sirkus internasional dari Perancis, Inggris, Chili dan Argentina ikut berpartisipasi dalam festival yang mencakup lebih dari 12 pertunjukan tur di 32 lokasi di Yerusalem, Ramallah, Al-Bireh, Nablus, Hebron, Bethlehem, Jenin, Tulkarm, Birzeit di Tepi Barat, Jalur Gaza dan kamp-kamp pengungsi di Amman, Yordania.

Dalam keterangan pers rilisnya dinyatakan, festival yang diselenggarakan oleh Sekolah Sirkus Palestina dan Sekolah Sirkus Nablus, merupakan ajang hiburan yang unik dan forum budaya yang inklusif serta beragam di Palestina. Demikian Wafa melaporkan dikutip MINA.

“Ini bertujuan untuk memperkuat kreativitas sosial dan fisik orang-orang Palestina serta untuk menyatukan bakat mereka dengan kelompok-kelompok internasional di bawah seni sirkus, dan untuk mengintegrasikan yang memungkinkan mereka menjadi anggota aktif dalam rangka menyoroti identitas dan budaya Palestina,” kata pers rilis tersebut.

Festival ini diselenggarakan dengan dukungan dari Uni Eropa. Kerja sama Pembangunan Swedia di Palestina dan Yayasan Swiss “Drosos”.

Sponsor utama untuk festival ini adalah Jawwal, media radio FM dan sponsor iklan Sky Advertising.

Sekolah Sirkus Palestina adalah sebuah organisasi nirlaba yang didirikan di Ramallah pada tahun 2006 untuk mengajar dan mengembangkan seni sirkus di Palestina. Sekolah ini setiap tahun melatih lebih dari 230 siswa. Delapan pertunjukan sirkus telah diproduksi dalam 12 tahun untuk lebih dari 108.000 penonton di dalam dan luar negeri. (T/ais/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.