Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kemenag Bersama FOZ akan Susun Peta Jalan Zakat Indonesia Emas 2045

sri astuti - Senin, 21 Agustus 2023 - 22:25 WIB

Senin, 21 Agustus 2023 - 22:25 WIB

4 Views

Jakarta, MINA – Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag RI, Waryono, mengajak Forum Zakat (FOZ) untuk menyusun Peta Jalan Zakat Indonesia Emas 2045.

Menurutnya, hal ini menjadi ikhtiar dalam menutup peluang ketidaksesuaian peruntukan dana zakat sekaligus memaksimalkan potensi dan dampak positif zakat terhadap umat Islam di Indonesia dan dunia.

“Kita buat pemetaannya untuk zakat ini bagaimana harusnya, menuju tahun emas 100 tahun pada 2045 yang tentunya berdasarkan evaluasi-evaluasi lapangan,” ujarnya dalam agenda silaturahmi pengurus FOZ pasca pelantikannya menjadi Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag RI pada Senin, (21/8) di Kantor Kemenag RI, Jakarta.

“Kita menyadari bahwa lembaga berbasis masyarakat memiliki kekhasan tersendiri, yang meski dalam kerjanya diatur undang-undang (kekhasan tersebut, red) tidak bisa diganti. Maka, kita berharap FOZ sebagai representasi gerakan zakat terlibat dalam penyusunan pemetaan kerja-kerja zakat,” kata Waryono.

Baca Juga: Prajurit TNI yang Terluka di Lebanon Telah Kembali ke Satuan

“Kedua, gerakan ini kan berbasis kepercayaan. Maka satu-satunya modal utama kita adalah menjaga kepercayaan publik. Ayo kuatkan kepercayaan yang terus menerus berkelanjutan,” tambahnya.

Ketiga, ia menekankan pentingnya keterampilan lembaga dalam mengelola data yang dimiliki.

“Jangan sampai dalam menjalankan program, kita tidak punya data baik penerima manfaat sampai data programnya,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Waryono, juga mengapresiasi FOZ dalam menguatkan gerakan zakat melalui berbagai program. Salah satunya program pemagangan mahasiswa merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) dalam platform kampuszakat.com, program tersebut menjadi salah satu pendekatan yang efektif. Menurutnya, nilai strategis magang mahasiswa ini penting untuk dimaksimalkan di seluruh kampus di bawah Kemenag.

Baca Juga: Sebanyak 36 Kepala Negara Konfirmasi Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran

Bambang Suherman, Ketua Umum FOZ menyambut positif 3 agenda penting yang telah dibahas tersebut dan berkomitmen untuk mengkonsolidasikan 200 anggota FOZ dalam berbagai kolaborasi bersama Kemenag di masa mendatang.

Bambang mengatakan, FOZ juga menyelaraskan berbagai program yang dilakukan OPZ dengan indikator SDGs dan RPJMN. SDGs telah dideklarasikan oleh UNDP sebagai capaian pembangunan, maka perlu bagi gerakan zakat melakukan adaptasi sekaligus menjadi syiar.

“Selain itu, harapannya ini dapat menjadi kontrol bagi lembaga dalam mengelola dana zakat yang mana lembaga harus melaporkan pengelolaannya ke Sekretariat SDGs,” tandasnya. (R/R7/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: [BEDAH BERITA MINA] Malam Ini Bahas Krisis Gaza, Bagaimana Peran Dunia

 

Rekomendasi untuk Anda