Kemendikti Mesir Lakukan Sejumlah Perbaikan untuk Mempermudah Pelajar Asing

(Foto: Cairo Chamber)
(Foto: Cairo Chamber)

Kairo, 13 Jumadil Awwal 1437/21 Februari 2016 (MINA) – Menteri Pendidikan Tinggi dan Riset , Dr. Ashraf Ash-Shehi menyatakan, dalam waktu dekat kementeriannya akan mengadakan sejumlah perubahan dan perbaikan untuk mempermudah mahasiswa asing yang ingin serta sedang belajar di Mesir.

Perbaikan tersebut terutama mencakup sistem pendaftaran masuk, waktu pendaftaran, biaya kuliah dan sistem beasiswa, demikian keterangan pers Atdik yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Ahad (21/2).

Hal tersebut diumumkan oleh Kemendikti Mesir setelah sebelumnya Harian Al-Ahram memuat liputan khusus tentang semua hambatan dan keluhan mahasiswa asing yang belajar di PTN Mesir.

Dr. Hosam Al-Milahi, Direktur Sektor Misi dan Kebudayaan Kemendikti Mesir, menyatakan pihaknya saat ini sedang berupaya memperbaiki sistem penerimaan mahasiswa asing di PTN.

Al-Milahi menambahkan bahwa bila sistem ini diperbaiki, pendapatan negara dari sektor pendidikan bisa naik dari 600 juta pound Mesir hingga 1,35 miliar pound Mesir.

Menurutnya, sistem penerimaan mahasiswa asing dari luar Mesir nantinya akan dilakukan sepenuhnya melalui sistem online dan tidak melibatkan tenaga manusia.

Sesuai aturan baru yang dikeluarkan Mendikti, Al-Milahi menyatakan mahasiswa asing diharuskan membayar biaya awal sebesar US$1.500. SPP per tahun bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi sebesar US$6.000. Sedangkan US$5.000 untuk Fakultas Komputer dan Informasi, Farmasi serta Pengobatan Herbal, US$4.000 untuk Fakultas Kedokteran Hewan, Pertanian, Sains dan Keperawatan, US$3.000 untuk fakultas lainnya.(T/R05/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)