SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kemenparekraf Fokus Wujudkan Pariwisata Berkualitas

kurnia - Ahad, 19 Mei 2024 - 03:51 WIB

Ahad, 19 Mei 2024 - 03:51 WIB

0 Views ㅤ

Jakarta, MINA –  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan fokus mewujudkan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan.

“Menyambut World Water Forum dan memastikan pariwisata Bali semakin berkualitas dan berkelanjutan, kami menyiapkan focus group discussion (FGD) memberikan solusi terhadap permasalahan terkini maupun juga langkah ke depan, memanfaatkan posisi Bali sebagai destinasi unggulan juga menjaga budaya dan taksu Bali ini tidak kita tinggalkan,” ujar Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (18/5).

Sandiaga mengungkapkan, pihaknya sebelumnya telah mengadakan kegiatan “FGD Stakeholders Pariwisata Bali” di Politeknik Pariwisata Bali, pada Kamis (16/5) lalu.

Salah satu isu turut dibahas adalah dugaan sejumlah Warga Negara Asing (WNA) melakukan ritual erotis. Kejadian tersebut sempat viral di media sosial dan berpotensi merusak citra pariwisata Bali.

Baca Juga: Kantor Berita MINA Beri Pelatihan Menulis Relawan Al-Fatah Rescue

Ia menegaskan, pihak kepolisian telah melakukan penelusuran dan berharap masyarakat untuk responsif, ketika ada hal berpotensi merusak citra pariwisata Bali dan Indonesia secara luas.

“Kita sepakat bahwa ekosistem pariwisata kita harus diperkuat, industri kami akan meningkatkan pengawasan, termasuk melibatkan bendesa juga desa-desa wisata, masyarakat sekitar, sehingga bisa saling mengawasi,” ungkap Sandiaga.

Isu lain yang dibahas dalam FGD adalah pelanggaran-pelanggaran keimigrasian dan kriminalitas.

Terungkap beberapa hal yang telah juga ditangani aparat terkait yakni dua warga negara Ukraina dan satu warga negara Rusia yang ditangkap karena clandestine laboratory ganja hidroponik dan mephedrone di vila kawasan Canggu, Badung, Bali.

Baca Juga: ‘Unlimited Qur’an Miracles’ Tema Kunci 1 Muharam di JCC Senayan

Ketiga warga negara asing tersebut diketahui tinggal dengan kartu izin terbatas (kitas) investor. Itu diharapkan dapat ditindak tegas, karena pariwisata berkualitas tidak boleh ragu-ragu.

“Ada beberapa langkah bisa lakukan secara makro maupun mikro untuk mengirim pesan jelas kepada dunia tidak akan mentolerir aktivitas kriminalitas yang ada di wilayah destinasi wisata unggulan dunia ini,” jelas Sandiaga.

Ia berharap Bali dan Indonesia menjadi acuan pariwisata dunia berkualitas. Sebagai informasi Kemenparekraf melalui Biro Komunikasi sebelumnya telah menyusun panduan komunikasi krisis bertujuan untuk mencegah, merespons, dan memulihkan kondisi krisis kepariwisataan di sektor parekraf melalui komunikasi.

Manajemen komunikasi krisis sebagai upaya terpadu, komprehensif, dan berkelanjutan, dapat membantu mencegah atau mengurangi dampak negatif ketika krisis kepariwisataan terjadi. Serta mengambil keputusan dalam menyikapi krisis yang akan terjadi.

Baca Juga: Ratusan Massa AWG Kaltim Kibarkan Bendera Palestina dan Indonesia di Pantai Pamedas

Tata kelola komunikasi yang efektif sangat dibutuhkan dalam mempertahankan reputasi atau image dalam industri pariwisata. “Per hari ini angka pertumbuhan wisatawan (di Bali) meningkat, tapi kita harus pastikan jangan sampai aspek-aspek kualitas dan keberlanjutannya ini tertinggal,” tutur Sandiaga.

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Meraih Kemuliaan dengan Memuliakan Orang Lain

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Internasional
Khutbah Jumat
Indonesia
Palestina
Internasional
Internasional