Kementerian Haji Saudi Desak Jamaah Patuhi Jadwal untuk Hindari Bahaya

Makkah, MINA – Kementerian dan Umrah Arab Saudi mendesak para mematuhi jadwal dan aturan pengendalian massa untuk menghindari bahaya yang dapat menyebabkan kemacetan dan berdesakan.

Dalam sebuah pesan, Kementerian mendesak “saudara dan saudari jamaah” mematuhi program penjadwalan untuk melakukan berbagai ritual haji.

“Saudara Haji, Saudari Hajjah .. Rasulullah bersabda ‘ambillah dari saya Manasik Anda’,” tulis pesan itu, mengacu pada sabda Nabi Muhammad, demikian Arab News melaporkan.

Dikatakan, pada hari ke-8 bulan Dzulhijjah, yang jatuh pada Ahad (19/8), para jamaah haji menuju ke Mina untuk melakukan ritual hari pertama haji yang disebut hari Tarwiyah.

Dikatakan pula, pada hari ini para jamaah melakukan shalat Zhuhur, Ashar, Magrib dan Isya yang dipersingkat (qashar) tetapi tidak digabung (jamak).

Pada hari ke 9 Dzulhijjah, para jamaah tinggal sampai matahari terbenam di , lalu menuju ke Muzdalifah untuk bermalam, sesuai dengan kewajiban haji.

Muzdalifah adalah area untuk melakukan lempar Jamarat, merajam simbolis dari iblis. Para jamaah juga didesak untuk mematuhi jadwal yang disepakati untuk ritual rajam.

Pasukan pertahanan sipil mengatakan, mereka telah menyelesaikan persiapan mereka di Muzdalifa. (T/RI-1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.