Kemlu: 1.386 WNI di Luar Negeri Terinfeksi Covid-19

Jakarta, MINA – Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia ( RI) menyatakan, perkembangan terbaru ini, kasus WNI positif Covid-19 masih berada di angka 1.386 orang.

Dari data tersebut terdapat 302 WNI masih dalam perawatan dan 119 WNI meninggal dunia, demikian ditulis dalam akun twitter @ Kemlu_ RI pada Rabu (9/9).

Sementara dari data itu tercatat,  WNI dilaporkan di Filipina, menjadikan total 965 WNI di luar negeri sembuh dari virus Corona.

Arab Saudi menjadi negara dengan jumlah WNI positif Covid-19 tertinggi (211 kasus), diikuti Malaysia (168 kasus), Qatar (123 kasus), Kuwait (116 kasus), dan Amerika Serikat (84 kasus). Sejumlah 185 kasus WNI positif Covid-19 tercatat di kapal pesiar.

Pandemi Covid-19 telah menginfeksi lebih dari 27,7 juta orang di 213 negara dan wilayah dunia, menurut penghitungan Worldometers.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, ada dua pendekatan yang dilakukan Indonesia terkait vaksin Covid-19.

“Dari sisi kami melihat hasil kunjungan ke China dan Uni Emirat Arab (UEA) tersebut sangat baik, bahkan melebihi harapan kita semula,” ucap Retno.

“Kalau kita bicara vaksin maka ada dua pendekatan yang kita lakukan sekaligus, yaitu pendekatan jangka pendek dan pendekatan jangka panjang,” katanya.

Retno menegaskan, dua pendekatan itu menuju satu tujuan yaitu pengembangan vaksin nasional. (R/R8/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)