Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kemlu Cetak Rekor MURI Di Hari Ulang Tahunnya

sajadi - Sabtu, 20 Agustus 2022 - 07:49 WIB

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 07:49 WIB

3 Views

Jakarta, MINA – Bertepatan dengan HUT Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI ke-77 Jumat (19/8), Kemlu mencetak rekor yang dikukuhkan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) berkat penyelenggaraan Kuliah Umum Polugri serempak di seluruh Provinsi Indonesia.

MURI menganugerahi  predikat “Penyelenggaraan Kuliah Umum Politik Luar Negeri Serempak di Provinsi Terbanyak (37 Provinsi)”.

Kuliah umum dengan tema “Indonesia dan Dinamika Dunia” tersebut diselenggarakan secara serempak dan tatap muka di hadapan civitas akademika dari seluruh Indonesia oleh pejabat setingkat Duta Besar, Eselon I, Eselon II, dan Diplomat Ahli Madya di lingkungan Kemlu.

Sesuai pidato Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraannya pada 16 Agustus lalu, Indonesia saat ini “berada di puncak kepemimpinan global”.

Baca Juga: Cuaca Jakarta Kamis Ini Mayoritas Berawan

Untuk itu Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi berharap Indonesia terus berinovasi menghadapi tantangan global.

Menlu RI menyampaikan, “Di tengah dinamika dunia yang penuh tantangan, kita harus berkontribusi dan menjadi bagian aktif dari solusi. Indonesia harus menjadi negara yang stabil, makmur, berkeadilan bagi semua serta mampu terus berkontribusi bagi perdamaian dunia. Semua itu tentunya memerlukan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, termasuk civitas akademika”.

Kuliah umum tersebut bertujuan untuk memperkuat pemahaman publik terkait politik luar negeri (polugri) dan diplomasi yang mengakar pada kepentingan nasional maupun daerah. Kuliah umum ini juga diselenggarakan untuk memupuk rasa bangga sebagai Bangsa Indonesia yang kepemimpinannya diakui dunia.

“Indonesia dan Dinamika Dunia” menjadi sorotan karena peran Indonesia atas presidensi G-20 dan akan menjadi Ketua ASEAN pada tahun 2023 mendatang. Ini merupakan pengakuan bersejarah bahwa Indonesia berada di puncak kepemimpinan global.

Baca Juga: Anies: Mahasiswa Harus Berani Sampaikan Pendapat, Meski Lawan Arus

Pihak MURI mengapresiasi kegiatan kuliah umum polugri serempak tersebut dan mengharapkan catatan serta rekor yang tercetak tidak hanya menjadi pengetahuan mengenai diplomasi Indonesia, tetapi juga menjadi inspirasi bagi para mahasiswa dan civitas akademika di Indonesia untuk selalu berupaya memberikan kontribusi nyata untuk berbagai lapisan masyarakat Indonesia dan juga seluruh umat manusia.  (R/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Dompet Dhuafa Gandeng Titimangsa, Suguhkan Teater Musikal tentang Palestina

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
MINA Preneur
MINA Health
MINA Health