Kemlu Luncurkan Aplikasi Untuk Pantau Keamanan WNI di Luar Negeri

Foto ilustrasi

 

Jakarta, 11 Rabi’ul Akhir 1438/10 Januari 2017 (MINA) – Kini warga bisa mengurangi kekhawatiran terhadap saudaranya yang tinggal di luar negeri. Kementrian Luar Negeri meluncurkan aplikasi yang bisa memantau Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal jauh di negara lain.

Aplikasi berbasis android diluncurkan Rabu oleh Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi bersamaan dengan penyampaian Pernyataan Tahunan Kemenlu di ruang Nusantara , Jakarta.

Dalam pernyataannya, Retno menyebut aplikasi ini dapat mengetahui sebaran, lokasi dan identitas WNI di luar negeri secara aktual bahkan dalam kondisi darurat.

Warga Indonesia yang bepergian keluar negeri juga bisa menggunakan aplikasi ini. Aplikasi bisa digunakan untuk mencari lokasi-lokasi yang aman selama bepergian.

Di samping itu warga yang kehilangan passport mereka selama bepergian tidak usah khawatir, karena aplikasi ini bisa menuntun warga ke lokasi perwakilan Indoneia di luar negeri yang terdekat dengan pengguna.

Aplikasi ini juga ditujukan untuk mengurangi tindak kejahatan perdagangan manusia yang kini semakin meningkat.(L/R04/RE1-P1)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.