Kemlu RI: Peringatan Keamanan Kedubes Asing Hanya Imbauan

Juru Bicara Kemlu RI (Sajadi/MINA)

Jakarta, MINA – Sejumlah kedutaan besar negara asing di Jakarta telah mengeluarkan pernyataan peringatan keamanan kepada warganya yang ada Indonesia untuk waspada terkait demonstrasi pascapengumuman hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Kedutaan Besar di Indonesia seperti Amerika Serikat (AS), Malaysia, Singapura telah mengeluarkan peringatan keamanan, yang umumnya mengimbau kepada warganya di Indonesia untuk menghindari tempat-tempat keramaian atau demonstrasi.

Dalam menanggapi hal tersebut, juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir menyatakan, peringatan keamanan tersebut hanyalah imbauan bukan larangan.

“Seperti halnya kedutaan besar kita di luar negeri, kedubes-kedubes asing di Indonesia memiliki kewajiban untuk menginformasikan kepada warga negaranya yang ada di Indonesia tentang situasi dan keadaan di Jakarta,” jelas pria yang akrab dipanggil Tata, Jakarta, Rabu (22/5).

Sebelumnya, Wakil Duta Besar AS untuk Indonesia Heather Variava juga menyatakan, peringatan keamanan tersebut tak memiliki motif apa pun. Hal tersebut semata-mata agar warga AS di seluruh Indonesia dapat lebih waspada dan berhati-hati.

“Kami mengeluarkan imbauan untuk warga Amerika Serikat pada hari itu (Jumat) untuk berhati-hati. Dan ini merupakan imbauan rutin dan terjadi di semua kedubes,” jelas Heather di kediamannya, di Jakarta Pusat.

Hingga Rabu (22/5) malam, beberapa titik yang menjadi tempat berkumpulnya masa adalah Jl. MH Thamrin depan Gedung Bawaslu, di kawasan Tanah Abang, Jalan Sabang, dan Menteng depan Gedung KPU. (L/Sj/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)