Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kepala BNPB Suharyanto Raih Gelar Doktor Hubungan Internasional Unpad

Insaf Muarif Gunawan Editor : Widi Kusnadi - 21 detik yang lalu

21 detik yang lalu

0 Views

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto resmi rengkuh gelar Doktor bidang Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjajaran, Bandung, Senin (7/10/24). (Foto. BNPB)

Bandung, MINA – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto resmi meraih gelar Doktor bidang Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung dengan predikat Cumlaude.

Gelar tersebut resmi disandang usai Suharyanto berhasil mempertahankan disertasinya pada Sidang Terbuka Promosi Doktor di Ruang Sidang Program Pascasarjana Fisip Kampus Universitas Padjadjaran Bandung, Jawa Barat, Senin (7/10), demikian keterangan yang diterima MINA.

Dalam sidang terbuka itu, Suharyanto menyampaikan disertasi dengan judul “Diplomasi Kebencanaan Indonesia Ke Negara-negara Pasifik di Masa Presiden Joko Widodo: Studi Tentang Bantuan Kemanusiaan Dari Indonesia ke Vanuatu.”

Suharyanto mengatakan, diplomasi kebencanaan bisa membuka kerangka hubungan diplomatik, meskipun sebelumnya memiliki sejarah hubungan bilateral yang kurang baik seperti Indonesia dengan Vanuatu.

Baca Juga: Kemenag Serahkan 100 SK Izin Operasional Pesantren di Indonesia

Dalam pemaparan sidang, Suharyanto menyimpulkan bahwa diplomasi kebencanaan bisa membawa perubahan kebijakan luar negeri suatu negara dalam jangka panjang, asalkan faktor pendukung keberlanjutannya dijalankan dalam bentuk program dan kegiatan yang berkesinambungan, baik dalam aspek bencana maupun non-bencana.

Salah satu kesimpulan ini mencuri perhatian para tim penguji. Pasalnya, diplomasi kebencanaan ini dinilai cukup efektif dilakukan dalam kondisi darurat tertentu tanpa melihat konflik kepentingan dan situasi politik antar negara.

Ketua sidang Prof. Ida Widianingsih, M.A., Ph.D mengapresiasi gagasan yang dipaparkan saat sidang terbuka digelar.

“Saya sangat mengapresiasi terkait presentasi mengenai diplomasi kebencanaan, datanya lengkap, kongkrit dan relevan terlebih dalam hal kebencanaan dalam hubungan internasional, ini bisa dicontoh dan adaptasi dalam kondisi darurat bencana,” Ujar Ida.

Baca Juga: Arief S. Kartasasmita Resmi Dilantik sebagai Rektor Unpad 2024-2029

Keputusan pemberian gelar akademik diputuskan usai para tim penguji merumuskan hasil penilaiannya. Tak berselang lama, ketua sidang membacakan hasil penilaian dan menyatakan Suharyanto lulus dengan predikat Cumlaude.

Tim penguji dalam sidang terbuka antara lain Prof. Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata yang pada kesempatan ini diwakili oleh Ibu Prof. Ida Widianingsih, M.A., Ph.D., Sekretaris Sidang Dr. Wawan Budi Darmawan, SIP.,M.Si, Ketua Tim Promotor Prof. Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, M.T., M.SI. (Han.), Anggota tim promotor Prof. Dr. Arry Bainus, M.A, Anggota tim promotor Dr. Akim, S.IP., M.S, Tim Oponen Ahli Dr. Wawan Budi Darmawan, S.IP.,M.Si, Dr. Arfin Sudirman, S.IP., MIR dan Dr. Windy Dermawan, S.IP., M.S. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: MUI dan PBNU Dukung Boikot Produk Israel

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia