Kepala UNIFIL Komitmen terhadap Perdamaian, Stabilitas Lebanon Selatan

Naqoura, Lebanon, MINA – Menandai ulang tahun ke-43 berdirinya , Kepala Misi dan Komandan Pasukan Mayjen Stefano Del Col menegaskan kembali bahwa UNIFIL tetap “berkomitmen seperti sebelumnya untuk perdamaian dan stabilitas di ”.

Berbicara dalam upacara yang disesuaikan dengan COVID di markas Misi di Naqoura, Del Col mengkonfirmasi bahwa meskipun ada tantangan baru dan berkembang, termasuk kombinasi krisis sosial-ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya dan keadaan darurat pandemi COVID-19, UNIFIL terus mewujudkannya semua aspek mandatnya.

“Tugas penting kami tidak pernah berhenti,” katanya. “Kami di sini selama yang dibutuhkan.”

Dikutip dari Nahar Net, upacara tersebut dihadiri oleh personel UNIFIL serta perwakilan dari Angkatan Bersenjata Lebanon (LAF) dan walikota setempat.

Baca Juga:  Prancis Kecam Israel Serang Bantuan Yordania untuk Gaza

Beralih ke situasi di sepanjang 120 kilometer, Kepala UNIFIL mencatat bahwa penjaga perdamaian PBB telah dapat bekerja dengan para pihak untuk menyelesaikan insiden sebelum dapat meningkat menjadi konflik. Dia juga menyerukan keterlibatan konstruktif para pihak dalam menyelesaikan penandaan Garis Biru yang terlihat.

“Seperti biasa, kami akan bekerja untuk tujuan kami menghentikan permusuhan dan perdamaian yang berkelanjutan di Lebanon Selatan. Bagian penting dan praktisnya adalah melengkapi marka Garis Biru,” lanjutnya. “Menandai bagian Garis Biru yang tersisa akan membantu menghindari provokasi yang tidak disengaja dan tidak perlu yang dapat meningkat menjadi konflik.”

Penandaan Garis Biru yang didirikan oleh PBB pada tahun 2000, dimulai tujuh tahun kemudian. Sejauh ini, 272 penanda telah dipasang.

Baca Juga:  Prancis Kecam Israel Serang Bantuan Yordania untuk Gaza

Dalam upacara tersebut, Komandan Pasukan UNIFIL juga memberikan penghormatan kepada 321 rekan penjaga perdamaian yang kehilangan nyawa saat bertugas, melayani tujuan perdamaian di Lebanon selatan sejak 1978.

Pada hari itu pula, total 28 penjaga perdamaian dianugerahi medali PBB untuk layanan mereka dalam memajukan perdamaian di Lebanon selatan. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.