Kesehatan dan Waktu Luang

Oleh Bahron Ansori, wartawan MINA

Bicara soal , Rasulullah saw pernah berkata, “Dua perkara yang kebanyakan manusia tertipu dengannya, nikmat dan waktu luang.” (HR. Bukhari Muslim).

Ibnu Jauzy rh berkata, “Kadang–kadang manusia dalam kondisi sehat akan tetapi tidak punya waktu luang karena sibuk mencari ma`isyah (kerja). Kadang–kadang ia berkecukupan (sehingga punya waktu luang) akan tetapi tidak memiliki kesehatan. Ketika berkumpul keduanya (kesehatan dan waktu luang) maka rasa malas untuk melakukan ketaatan menguasai dirinya, sehingga ia menjadi orang yang tertipu.

Dunia adalah ladang dan tempat perniagaan yang akan nampak keberuntungannya di kehidupan akhirat. Siapa yang menggunakan waktu luang dan kesehatannya untuk taat kepada Allah, maka dia akan bahagia. Siapa yang menggunakan keduanya untuk maksiat kepada Allah Swt maka ia orang yang tertipu, karena waktu luang itu akan digantikan dengan kesibukan, dan sehat akan digantikan dengan sakit.” (Fathul Baari).

Asy Syaikh Ubaid Al Jaabiri Hafizahullahu menjelaskan sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, “Al Qur’an itu akan menjadi hujjah bagimu (membelamu) ataukah akan menjadi hujah atasmu (membinasakanmu).”

Waktu yang kita habiskan di dunia, tidaklah terlepas dari dua perkara, apakah kita orang yang mengamalkan Al Quran, beriman dengannya, beramal terhadap–ayatNya yang muhkam (jelas), mengimani ayat yang mutasyabih (samar), dan kita menghalalkan yang halal, mengharamkan yang haram, maka dengan ini semua Al Quran akan menjadi hujah yang akan membela kita. Atau sebaliknya dari itu semua, maka Al Quran akan menjadi hujah yang akan membinasakan kita.” (Ahamiyatul Wakti Fi Hayatil Muslim).

Waktu adalah kehidupan itu sendiri, artinya waktu yang dilalui manusia saat ia lahir hingga wafat. Dari definisi ini bias disimpulkan bahwa orang yang banyak menyia-nyiakan waktunya berarti dia sudah memotong sendiri usianya dalam kehidupan ini. Dia sudah membuang separuh masa kehidupannya.

Al-Hasan al-Bashri berkata,

يَاابْنَآدَم،إنَّمَاأنْتَأيَّامٌ !،فَإذَاذَهَبَيَوْمٌذَهَبَبَعْضُكَ

“Wahai Bani Adam (manusia), sesungguhnya Anda hanyalah “kumpulan hari-hari”, maka jika hari telah berlalu berarti telah berlalu sebagian dirimu.” (Hilyatul Awliya’, 2/148, Darul Kutub Al ‘Arobi).

Membuang dan menyia-nyiakan waktu bukan untuk menggapai cita-cita sukses dunia akhirat, sama saja dengan membunuh diri sendiri. Waktu begitu berharga dan mahal untuk dibiarkan begitu saja, wallahua’lam. (R02/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Bahron Ansori

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.