Ketua DPR: Kerahkan Semua Sumber Daya untuk Minimalisir Dampak Bencana

Jakarta, MINA – Ketua Bambang Soesatyo mendorong pemerintah, khususnya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar langsung mengerahkan semua sumber daya yang tersedia untuk meminimalisir dampak bencana akibat gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, yang terjadi pada Jumat (28/9) malam.

“Kami atas nama DPR RI menyampaikan  rasa duka yang mendalam terhadap korban bencana,” ungkap , sapaan akrabnya, di sela-sela acara pawai obor Asian Para Games 2018 di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Minggu (30/9).

Dikutip dari rilis DPR, Bamsoet meminta pemerintah daerah bersama BNPB dan BPBD memprioritaskan ketersediaan ragam kebutuhan semua warga terdampak gempa dan tsunami.

“Utamanya  adalah air bersih, makanan dan minuman, obat-obatan, selimut hingga tenda-tenda penampungan,” ujar Bamsoet.

“Tak kalah pentingnya adalah menerjunkan tim dokter dan tenaga medis untuk menangani para korban luka,” sambungnya.

Bamsoet menambahkan, Pimpinan DPR RI juga menyanpaikan apresiasi atas kesigapan prajurit TNI, Polri, Basarnas, para relawan hingga satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang langsung pro aktif mengevakuasi dan memberi pertolongan pertama pada para korban.

Ia mengingatkan, selain memberi pertolongan kepada para korban, pemerintah pun hendaknya bergerak cepat untuk memperbaiki  atau merevitalisasi sejumlah infrastruktur strategis yang rusak.

“Ketiadaan daya listrik menyebabkan sejumlah peralatan medis di rumah sakit tidak bisa berfungsi. Bandara yang lumpuh tentu saja akan menyulitkan penyaluran bantuan. Mau tak mau, infrastruktur strategis yang rusak hendaknya segera diperbaiki. Karena itu, Kementerian Perhubungan, Kominfo dan PLN hendaknya langsung bekerja,” pungkasnya. (R/R05/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.