Ketua LPLH MUI: Mengajilah dari Alam

Ketua LPLH&SDA MUI, Hayu Prabowo sedang memberikan penjelasan di acara Launching Indonesia, Sabtu (3/3)

Jakarta, MINA – Ketua Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Majelis Ulama Indonesia (LPLH&SDA MUI), Hayu Prabowo mengajak umat Islam untuk bisa mengaji dari alam yang Allah hamparkan di sekeliling manusia.

“Di dalam Al-Quran ada banyak ayat-ayat yang menceritakan tentang alam semestasekitar. Nah, alam di sekeliling kita bisa menjadi sarana bagi manusia untuk mengingat kebesaran Allah SWT sehingga semakin bertambah iman dan taqwa seseorang dengan hal itu” katanya dalam acara peluncuran wWisata Religi Indonesia dan penandatanganan MoU LPLH MUI dengan Komunitas Pencinta Wisata Muslim (KPWM) di Jakarta, Sabtu (3/3).

Program wisata religi ini selaras dengan Peraturan Menteri nomor 14 tahun 2016 tentang panduan pariwisata berkelanjutan yang harus memiliki tiga unsur yaitu; pemeliharaan SDA, pendidikan dan pemberdayaan masyarakat.

Sementara itu, Ketua Tim Percepatan Wisata Sejarah Religi Tradisi dan Seni Budaya Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, Tetty Arianto mengatakan, manusia memerlukan relaksasi setelah mengurus berbagai kegiatan dan bisnisnya. Relaksasi yang bagus adalah keseimbangan keseimbangan antara kehidupan duniawi dan rohani yang dipandu dengan nilai-nilai spiritualitas.

Ketua Umum KWPM, Sjarman Sjarif mengatakan, pihaknya akan melakukan kerja sama dengan pemangku kepentingan terkait untuk menyukseskan program wisata religi ini tersebut sehingga dapat memajukan industri pariwisata yang berkelanjutan di Indonesia.

Wisata Religi Tadabur Alam perdana akan diselenggarakan pada 29 Maret 2018 mendatang dengan tujuan wisata ke , Papua Barat. Tempat ini dipilih karena menurut sejarah merupakan salah satu pusat penyebaran Islam di Papua dan sekitarnya. Program ini juga sekaligus menjadi ajang silaturahim sesama bangsa Indonesia. (L/R01/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.