Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Siap Kolaborasi dengan Menteri Sandi untuk Pulihkan Pariwisata Nasional

Jakarta, MINA – Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah bidang Seni Budaya olahraga dan Pariwisata (SBOP) Rachmatulloh Baja mengapresiasi optimisme, kebijakan dan program yang akan dilaksanakan oleh menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Menurutnya, semangat dan optimisme Menparekraf patut didukung dan seluruh elemen wajib terus bersama mendorong pariwisata nasional kembali bangkit dari keterpurukan khususnya pulau Bali yang bergantung kepada industri pariwisata.

Dia mengatakan kepada MINA, Rabu (30/12), tak bisa dipungkiri penyebaran virus Covid-19 masih terus ada dan bertambah, sehingga seluruh pemangku kebijakan pariwisata wajib menjalankan protokol kesehatan di semua destinasi yang menjadi favorit wisatawan domestik dan mancanegara.

Setiap destinasi wisata harus terus mewajibkan melaksanakan standar protokol kesehatan, sesuai kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat, sehingga wisatawan aman dan nyaman saat berada di tempat wisata.

“Edukasi bagi pelaku pariwisata, elemen masyarakat di seputaran daerah destinasi wisata, bagaimana menjalankan protokol kesehatan pengunjung, apabila ada yang melanggar segera ditindak tegas, secara lisan, bahkan bisa dikenakan denda,” pinta Baja yang juga mantan sekretaris pemuda Muhammadiyah Bali ini.

Lebih lanjut Baja juga meminta kepada Pemerintah untuk tetap memberikan dana hibah ataupun stimulus yang sangat diperlukan baik bagi pelaku pariwisata maupun pemerintah daerah demi mendukung pemerintah daerah dan stakeholder pariwisata dalam bertahan di tengah badai pandemi Covid-19 yang belum berakhir, sampai vaksin Covid-19 bisa segera didistribusikan kepada masyarakat khususnya masyarakat Bali yang sangat merasakan dampak virus tersebut.

“Kerjasama dan sinergi seluruh elemen masyarakat juga bisa dijadikan faktor pendukung agar pariwisata nasional perlahan-lahan kembali bangkit dari keterpurukan dan pulih kembali,” ujarnya.

Baja mengungkapkan, Pemuda Muhammadiyah sebagai unsur elemen masyarakat siap berkolaborasi bersama dengan kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif untuk kembali membangkitkan Pariwisata Nasional.

“Jaringan yang dimiliki pemuda Muhammadiyah di 34 provinsi siap bersinergi secara optimal demi mendukung program-program yang dilaksanakan oleh pemerintah dalam hal ini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang baru dilantik oleh presiden Joko Widodo beberapa hari lalu,” pungkasnya. (L/R1/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)