KEWAJIBAN MELAKSANAKAN SHAUM RAMADHAN

Niat ikhlas karena ridha Allah dalam melaksanakan shaum sangat penting sebagai landasan ibadah. Beberapa firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengingatkan :

ูˆูŽู…ูŽุง ุฃูู…ูุฑููˆุง ุฅูู„ูŽู‘ุง ู„ููŠูŽุนู’ุจูุฏููˆุง ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ู…ูุฎู’ู„ูุตููŠู†ูŽ ู„ูŽู‡ู ุงู„ุฏูู‘ูŠู†ูŽ ุญูู†ูŽููŽุงุกูŽ ูˆูŽูŠูู‚ููŠู…ููˆุง ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽุงุฉูŽ ูˆูŽูŠูุคู’ุชููˆุง ุงู„ุฒูŽู‘ูƒูŽุงุฉูŽ ูˆูŽุฐูŽู„ููƒูŽ ุฏููŠู†ู ุงู„ู’ู‚ูŽูŠูู‘ู…ูŽุฉู

Artinya : โ€œPadahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan keta`atan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.โ€ (Q.S. Al-Bayyinah [98] : 5).

Imam Al-Qurthubi di dalam tafsirya menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan ikhlas adalah semata-mata mengharap wajah (ridha) Allah, tidak ada tujuan lainnya. Di dalam Tafsir Al-Jalalain dikatakan bahwa ikhlas artinya bersih dari syirik.

Pentingnya niat dalam melaskanakan ibadah shaum dinyatakan oleh Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam dalam sebuah hadits :

ู…ูŽู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูุจูŽูŠูู‘ุชู ุงู„ุตูู‘ูŠูŽุงู…ู ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุงู„ููŽุฌู’ุฑู ููŽู„ุงูŽ ุตููŠูŽุงู…ูŽ ู„ูŽู‡ู

Artinya : โ€œBarangsiapa tidak berniat shaum sebelum fajar, maka tidak ada shaum baginyaโ€. (H.R. Abu Dawud, At-Tirmidzi, dan An-Nasaโ€™i).

Kewjiban Umat Terdahulu

Pada ayat disebutkan : ูƒูŽู…ูŽุง ูƒูุชูุจูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ู…ูู†ู’ ู‚ูŽุจู’ู„ููƒูู…ู’, yang artinya, “sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian”.

Hal ini mengandung makna bahwa sesungguhnya Allah subhanahu Wa Ta’ala telah mewajibkan shaum atas umat-umat sebelum mereka. Dengan demikian berarti mereka mempunyai teladan dalam shaum. Ini memberikan semangat agar orang beriman menunaikannya secara lebih sempurna dari apa yang pernah ditunaikan orang-orang sebelum mereka.

Ibadah shaum pada permulaan zaman Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dan para sahabat dilakukan sebagaimana yang biasa dilakukan oleh umat-umat terdahulu, yaitu shaum tiga hari dalam setiap bulannya.

Di dalam Tafsir Al-Maraghi disebutkan, ibadah shaum telah diwajibkan kepada orang-orang beriman sejak nabi Adam ‘Alaihis Salam. Di dalam Surat Maryam disebutkan, bahwasanya Nabi Zakaria ‘Alaihis Salam dan Maryam ibu Nabi Isa ‘Alaihis Salam pun mengerjakan shaum.

Memang, ibadah shaum merupakan ibadah yang berat. Sesuatu yang berat jika diwajibkan kepada kebanyakan orang, maka bagi yang bersangkutan akan menjadi ringan melaksanakannya. Sama halnya dalam kehidupan sehari-hari, kalau dilaksanakan secara bergotong-royong, bersama-sama, hidup berjamaโ€™ah, insya Allah semua beban probelatika menjadi ringan. Pepatah mengatakan, โ€Berat sama dipikul, ringan sama dijinjingโ€.

Asbabun Nuzul Shaum

Asbabun nuzul Shaum Ramadhan atau sebab-sebab turunnya ayat tentang kewajiban shaum Ramadhan tersebut, diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari Mu’adz bin Jabal Radhiyallahu ‘Anhu, berkata, “Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam Ketika sampai di Madinah (hijrah) beliau shaum di hari Asysyura dan tiga hari setiap bulan”.

Waktu itu umat Islam pada masa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam melaksanakan shaum wajib tiga hari setiap bulannya. Setelah hijrah ke Madinah, beliau mendapati orang-orang Yahudi di situ shaum pada tanggal 10 Muharram. Lalu beliau bertanya tentang sebab musabab mereka shaum pada hari tersebut. Orang-orang Yahudi itu menyatakan bahwa pada hari tersebut Allah telah menyelamatkan Nabi Musa Alaihis Salam dan kaumnya dari serangan Fir’aun. Oleh karena itu Nabi Musa Alaihis Salam melaksanakan shaum pada tanggal 10 Muharram sebagai tanda syukur kepada Allah.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mengulas keterangan mereka itu dengan menyatakan, โ€œSesungguhnya kami (umat Islam) adalah lebih berhak atas Nabi Musa dibanding kalianโ€. Lalu beliau melaksanakan shaum pada tanggal 10 Muharram dan memerintahkan seluruh umat Islam supaya shaum pada tanggal tersebut.

Beberapa waktu kemudian, pada bulan Sya’ban tahun kedua Hijriyah, Allah Mewajibkan shaum Ramadhan dengan menurunkan ayat 183-184 dari surat Al-Baqarah. Lalu, setelah itu, maka shaum tanggal 10 Muharram dan shaum tiga hari setiap bulannya berubah status menjadi shaum tambahan yang dianjurkan atau sunah.

Rukun Islam

Shaum Ramadhan menjadi wajib, termasuk salah satu bagian yang tak terpisahkan dari Rukun Islam yang lima, Syahadat, Shalat, Zakat, dan Haji.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :

ุจูู†ููŠูŽ ุงู„ู’ุฅูุณู’ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฎูŽู…ู’ุณู ุดูŽู‡ูŽุงุฏูŽุฉู ุฃูŽู†ู’ ู„ุงูŽ ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ูˆูŽุฃูŽู†ูŽู‘ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู‹ุง ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ูˆูŽุฅูู‚ูŽุงู…ู ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽุงุฉู ูˆูŽุฅููŠุชูŽุงุกู ุงู„ุฒูŽู‘ูƒูŽุงุฉู ูˆูŽุงู„ู’ุญูŽุฌูู‘ ูˆูŽุตูŽูˆู’ู…ู ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ

Artinya : “Islam itu dibangun berdasarkan atas lima perkara : Bersaksi bahwa sesungguhnya tiada Tuhan melainkan Allah dan sesungguhnya Muhammad utusan Allah, dan mendirikan Shalat, dan menunaikan Zakat, dan Haji, dan Shaum Ramadhan”. (H.R. Bukhari dari Ibnu Umar Radhiyallahu ‘Anhu).

Pada redaksi hadits lain disebutkan :

ุงูู†ูŽู‘ ุงู„ู’ุงูุณู’ู„ุงูŽู…ูŽ ุจูู†ููŠูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฎูŽู…ู’ุณู ูุดูŽู‡ูŽุงุฏูŽุฉู ุงูŽู†ู’ ู„ุงูŽ ุงูู„ูŽู‡ูŽ ุงูู„ุงูŽู‘ ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุงูู‚ูŽุงู…ู ุงู„ุตูŽู‘ู„ุงูŽุฉู ูˆูŽุงููŠู’ุชูุงุกู ุงู„ุฒูŽู‘ูƒูŽุงุฉู ูˆูŽุตููŠูŽุงู…ู ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ูˆูŽุญูŽุฌูู‘ ุงู„ู’ุจูŽูŠู’ุชู

Artinya : “Sesungguhnya Islam itu dibangun atas lima perkara : Bersaksi bahwa sesungguhnya tiada Tuhan melainkan Allah, dan mendirikan Shalat, dan menunaikan Zakat, dan Shaum Ramadhan, dan Haji ke Baitullah, “. (H.R. Muslim dari Ibnu Umar Radhiyallahu ‘Anhu).

Tujuan Shaum Ramadhan

Tujuan disyari’atkannya shaum Ramadhan adalah : ู„ูŽุนูŽู„ูŽู‘ูƒูู…ู’ ุชูŽุชูŽู‘ู‚ููˆู†, โ€agar kalian bertaqwaโ€.

Ujung ayat ini merupakan tujuan shaum yakni mempersiapkan diri untuk menjadi orang yang bertaqwa kepada Allah. Caranya adalah dengan meninggalkan keinginan yang mudah didapat dan halal, demi menjalankan perintah-Nya. Dengan demikian mental kita terlatih di dalam menghadapi godaan nafsu syahwat yang diharamkan, dan kita dapat menahan diri untuk tidak melakukannya.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengingatkan di dalam firman-Nya :

ูˆูŽู…ูŽุง ุฃูุจูŽุฑูู‘ุฆู ู†ูŽูู’ุณููŠ ุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ู†ูŽู‘ูู’ุณูŽ ู„ูŽุฃูŽู…ูŽู‘ุงุฑูŽุฉูŒ ุจูุงู„ุณูู‘ูˆุกู ุฅูู„ูŽู‘ุง ู…ูŽุง ุฑูŽุญูู…ูŽ ุฑูŽุจูู‘ูŠ ุฅูู†ูŽู‘ ุฑูŽุจูู‘ูŠ ุบูŽูููˆุฑูŒ ุฑูŽุญููŠู…ูŒ

Artinya : “Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.S. Yusufย  [12] : 153).

Tidak sedikit manusia tergelincir ke jurang neraka akibat tidak dapat mengendalikan hawa nafsu dirinya, terutama yang dilakukan oleh mulut dan kemaluannya.ย 

Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits :

ุณูุฆูู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽูƒู’ุซูŽุฑู ู…ูŽุง ูŠูุฏู’ุฎูู„ู ุงู„ู†ูŽู‘ุงุณูŽ ุงู„ู’ุฌูŽู†ูŽู‘ุฉูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุชูŽู‚ู’ูˆูŽู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ูˆูŽุญูุณู’ู†ู ุงู„ู’ุฎูู„ูู‚ู ูˆูŽุณูุฆูู„ูŽ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽูƒู’ุซูŽุฑู ู…ูŽุง ูŠูุฏู’ุฎูู„ู ุงู„ู†ูŽู‘ุงุณูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุงุฑูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู’ููŽู…ู ูˆูŽุงู„ู’ููŽุฑู’ุฌู

Artinya :Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam ditanya tentang penyebab yang paling banyak memasukkan manusia ke dalam surga. Maka beliau menjawab, โ€œBertaqwa kepada Allah dan berakhlak yang baikโ€. Dan beliau ditanya tentang penyebab yang paling banyak menjerumuskan manusia ke dalam neraka. Beliau menjawab, โ€Mulut dan Kemaluan.โ€ (H.R. At-Tirmidzi dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu).

Keutamaan Shaum Ramadhan

Dengan shaum Ramadhan sebulan penuh akan terlatih jiwa pengendalian diri. Bagaimana tidak, kalau di segala waktu dilarang memakan makanan yang haram, maka di bulan Ramadhan, makanan yang halalpun dilarang. Bercampur dengan isterinya yang semula halal pun menjadi terlarang. Itu semua dilakukan karena kadar imannya yang membimbingnya menjadi manusia terkendali. Walaupun mungkin berada di tempat terpencil, seorang diri, tetapi kadar imannya menahannya agar jangan sampai melanggar aturan-Nya.

Dengan demikian orang-orang beriman mendidik kemauannya serta mampu mengendalikan hawa nafsunya, karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Nafsu yang dikendalikan yakni nafsu perut dan nafsu seksual. Kalau keduanya ini tidak terkendali, maka manusia akan terjerumus ke dalam lembah nista, terjerembab ke dalam makanan haram, berbuat maksiat, dan menumpuk dosa.

Maka, shaimun orang-orang yang shaumnya benar dan ikhlas memiliki tingkat kesabaran yang tinggi dari manfaat shaumnya itu, yang berfungsi sebagai perisai / peredam.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :

ุณูุจู’ุญูŽุงู†ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ู†ูุตู’ูู ุงู„ุงู’ูŠู…ูŽุงู†ู ูˆูŽุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ูŽู‘ู‡ู ูŠูŽู…ู’ู„ุงู ุงู„ู’ู…ููŠุฒูŽุงู†ูŽ ูˆูŽุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑู ูŠูŽู…ู’ู„ุงู ู…ูŽุง ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ุณูŽู‘ู…ูŽุงุกู ูˆูŽุงู’ู„ุงูŽุฑู’ุถู ูˆูŽุงู„ู’ูˆูุถููˆุกู ู†ูุตู’ูู ุงู„ุงู’ูŠู…ูŽุงู†ู ูˆูŽุงู„ุตูŽู‘ูˆู’ู…ู ู†ูุตู’ูู ุงู„ุตูŽู‘ุจู’ุฑู

Artinya : โ€œSubhanallah sebagian dari iman, alhamdulillah memperberat timbangan, alahu akbar memenuhi langit dan bumi, wudhu sebagian dari iman, shaum sebagian dari shabarโ€. (H.R. Ad-Darimi).

ูƒูู„ูู‘ ุนูŽู…ูŽู„ู ุงุจู’ู†ู ุขุฏูŽู…ูŽ ู„ูŽู‡ู ุฅูู„ุงูŽู‘ ุงู„ุตูู‘ูŠูŽุงู…ูŽ ููŽุฅูู†ูŽู‘ู‡ู ู„ููŠ ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุฃูŽุฌู’ุฒููŠ ุจูู‡ู ูˆูŽุงู„ุตูู‘ูŠูŽุงู…ู ุฌูู†ูŽู‘ุฉูŒ ูˆูŽุฅูุฐูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ู ุตูŽูˆู’ู…ู ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู’ ููŽู„ุงูŽ ูŠูŽุฑู’ููุซู’ ูˆูŽู„ุงูŽ ูŠูŽุตู’ุฎูŽุจู’ ููŽุฅูู†ู’ ุณูŽุงุจูŽู‘ู‡ู ุฃูŽุญูŽุฏูŒ ุฃูŽูˆู’ ู‚ูŽุงุชูŽู„ูŽู‡ู ููŽู„ู’ูŠูŽู‚ูู„ู’ ุฅูู†ูู‘ูŠ ุงู…ู’ุฑูุคูŒ ุตูŽุงุฆูู…ูŒ ูˆูŽุงู„ูŽู‘ุฐููŠ ู†ูŽูู’ุณู ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ุจููŠูŽุฏูู‡ู ู„ูŽุฎูู„ููˆูู ููŽู…ู ุงู„ุตูŽู‘ุงุฆูู…ู ุฃูŽุทู’ูŠูŽุจู ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ู…ูู†ู’ ุฑููŠุญู ุงู„ู’ู…ูุณู’ูƒู ู„ูู„ุตูŽู‘ุงุฆูู…ู ููŽุฑู’ุญูŽุชูŽุงู†ู ูŠูŽูู’ุฑูŽุญูู‡ูู…ูŽุง ุฅูุฐูŽุง ุฃูŽูู’ุทูŽุฑูŽ ููŽุฑูุญูŽ ูˆูŽุฅูุฐูŽุง ู„ูŽู‚ููŠูŽ ุฑูŽุจูŽู‘ู‡ู ููŽุฑูุญูŽ ุจูุตูŽูˆู’ู…ูู‡ู

Artinya : “Setiap amal baik anak Adam baginya, kecuali shaum, maka sesungguhnya shaumnya untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Dan shaum itu perisai, maka apabila seseorang di antara kalian shaum janganlah berkata-kata kotor dan dusta. Maka jika seseorang mencacinya atau mencelanya, maka hendaklah ia berkata : ‘Sesungguhnya aku diperintahkan shaum. Dan Dzat yang diri Muhammad di tangan-Nya, sesungguhnya bau orang yang shaum itu lebih harum di sisi Allah daripada baunya minyak wangi misik. Bagi orang yang shaum ada dua kebahagiaan, kebahagiaan saat berbuka dan kebahagiaan dengan puasanya saat berjumpa dengan Tuhannya”. (H.R. Bukhari dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu).

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :

ูŠูŽุง ู…ูŽุนู’ุดูŽุฑูŽ ุงู„ุดูŽู‘ุจูŽุงุจู ู…ูŽู†ู ุงู„ุณู’ุชูŽุทูŽุงุนูŽ ู…ูู†ู’ูƒูู…ู ุงู„ู’ุจูŽุงุกูŽุฉูŽ ููŽู„ู’ูŠูŽุชูŽุฒูŽูˆูŽู‘ุฌู’ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุณู’ุชูŽุทูุนู’ ููŽุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุจูุงู„ุตูŽู‘ูˆู’ู…ู ููŽุงูู†ูŽู‘ู‡ู ู„ูŽู‡ู ูˆูุฌูŽุงุกูŒ

Artinya : “Hai para pemuda, barangsiapa di antara kalian mampu memberi nafkah, maka nikahlah, dan barangsiapa yang belum mampu hendaklah ia shaum, karena sesungguhnya shaum merupakan peredam baginya”. (H.R. Bukhari dan Muslim).

ุงู„ู†ูู‘ูƒูŽุงุญู ู…ูู†ู’ ุณูู†ูŽู‘ุชููŠ ููŽู…ูŽู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุนู’ู…ูŽู„ู’ ุจูุณูู†ูŽู‘ุชููŠ ููŽู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู…ูู†ูู‘ูŠ ูˆูŽุชูŽุฒูŽูˆูŽู‘ุฌููˆุง ููŽุฅูู†ูู‘ูŠ ู…ููƒูŽุงุซูุฑูŒ ุจููƒูู…ู’ ุงู„ุงู ูู…ูŽู…ูŽ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ุฐูŽุง ุทูŽูˆู’ู„ู ููŽู„ู’ูŠูŽู†ู’ูƒูุญู’ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฌูุฏู’ ููŽุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุจูุงู„ุตูู‘ูŠูŽุงู…ู ููŽุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ุตูŽู‘ูˆู’ู…ูŽ ู„ูŽู‡ู ูˆูุฌูŽุงุกูŒ

Artinya : โ€œNikah itu sunnahku, maka barangsiapa yang tidak melaksanakan sunnahku maka bukan golonganku. Maka menikahlah karena sesungguhnya aku suka dengan banyaknya umatku dari kalian. Barangsiapa memiliki kemampuan maka menikahlah, dan barangsiapa belum sanggup maka shaumlah, karena sesungguhnya shaum itu menjadi peredamโ€. (H.R. Ibnu Majah dari โ€˜Aisyah Radhiyallahu โ€˜Anha).

Balasan Shaum Ramadhan

Orang yang shaum Ramadhan dengan penuh keimanan dan keikhlasan akan mendapat ampunan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, dijauhkan dari neraka, mendapatkan syafa’at, dan dimasukkan ke syurga.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :

ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุตูŽุงู…ูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุฅููŠู…ูŽุงู†ู‹ุง ูˆูŽุงุญู’ุชูุณูŽุงุจู‹ุง ุบูููุฑูŽ ู„ูŽู‡ู ู…ูŽุง ุชูŽู‚ูŽุฏูŽู‘ู…ูŽ ู…ูู†ู’ ุฐูŽู†ู’ุจูู‡ู

Artinya : โ€œBarangsiapa shaum karena imannya (kepada Allah) dan hanya mengharapkan (ridha-Nya), niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.โ€(H.R. Bukhari dari Abu Hurairah Radhiyallahu โ€˜Anhu).

ู…ูŽู†ู’ ุตูŽุงู…ูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ูˆูŽุนูŽุฑูŽููŽ ุญูุฏููˆู’ุฏูŽู‡ู ูˆูŽุชูŽุญูŽููŽู‘ุธูŽ ู…ูู…ูŽู‘ุง ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽู†ู’ุจูŽุบููŠู’ ุงูŽู†ู’ ูŠูุชูŽุญูŽููŽู‘ุธูŽ ู…ูู†ู’ู‡ู

Artinya : โ€Barangsiapa shaum Ramadhan dan mengetahui segala batas-batasnya, serta memelihara diri dari segala yang baik dipelihara diri darinya, niscaya shaumnya itu menutupi dosa-dosanya yang telah laluโ€. (H.R. Ahmad dan Al-Baihaqi dari Abu Saโ€™id Radhiyallahu ‘Anhu).

ู…ูŽุง ู…ูู†ู’ ุนูŽุจู’ุฏู ูŠูŽุตููˆู…ู ูŠูŽูˆู’ู…ู‹ุง ูููŠ ุณูŽุจููŠู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุฅูู„ุงูŽู‘ ุจูŽุงุนูŽุฏูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุจูุฐูŽู„ููƒูŽ ุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ู ูˆูŽุฌู’ู‡ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ ุงู„ู†ูŽู‘ุงุฑู ุณูŽุจู’ุนููŠู†ูŽ ุฎูŽุฑููŠูู‹ุง

Artinya : “Siapa dari seorang hamba shaum suatu hari di jalan Allah, kecuali Allah jauhkan dirinya dengan neraka sejauh tujuh puluh tahun”. (H.R. Muslim dari Abu Sa’id Al-Khudri Radhiyallahu ‘Anhu).

ุงู„ุตูู‘ูŠูŽุงู…ู ูˆูŽุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ู ูŠูŽุดู’ููŽุนูŽุงู†ู ู„ูู„ู’ุนูŽุจู’ุฏู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ูŽุฉู ูŠูŽู‚ููˆู„ู ุงู„ุตูู‘ูŠูŽุงู…ู ุฃูŽูŠู’ ุฑูŽุจูู‘ ู…ูŽู†ูŽุนู’ุชูู‡ู ุงู„ุทูŽู‘ุนูŽุงู…ูŽ ูˆูŽุงู„ุดูŽู‘ู‡ูŽูˆูŽุงุชู ุจูุงู„ู†ูŽู‘ู‡ูŽุงุฑู ููŽุดูŽููู‘ุนู’ู†ููŠ ูููŠู‡ู ูˆูŽูŠูŽู‚ููˆู„ู ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ู ู…ูŽู†ูŽุนู’ุชูู‡ู ุงู„ู†ูŽู‘ูˆู’ู…ูŽ ุจูุงู„ู„ูŽู‘ูŠู’ู„ู ููŽุดูŽููู‘ุนู’ู†ููŠ ูููŠู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ููŽูŠูุดูŽููŽู‘ุนูŽุงู†ู

Artinya : “Shaum dan Qur’an itu memintakan syafa’at untuk seseorang di hari Kiamat nanti. Shaum berkata : Wahai Rabbku, aku telah mencegah dia memakan makanan dan menyalurkan syahwatnya di siang hari, maka berilah aku hak untuk memintakan syafa’at baginya. Dan berkata pula Al-Qur’an : Wahai Rabbku aku telah mencegah dia tidur di malam hari (karena membacaku), maka berilah aku hak untuk memintakan syafaat baginya. Maka keduanya diberi hak untuk memintakan syafaat.” (H.R..Ahmad dari Abdullah bin Amr Radhiyallahu ‘Anhu).

ู„ูู„ุตูŽู‘ุงุฆูู…ู ููŽุฑู’ุญูŽุชูŽุงู†ู ููŽุฑู’ุญูŽุฉูŒ ุนูู†ู’ุฏูŽ ุฅููู’ุทูŽุงุฑูู‡ู ูˆูŽููŽุฑู’ุญูŽุฉูŒ ุญููŠู†ูŽ ูŠูŽู„ู’ู‚ูŽู‰ ุฑูŽุจูŽู‘ู‡ู ุนูŽุฒูŽู‘ ูˆูŽุฌูŽู„ูŽู‘

Artinya : “Bagi orang yang shaum mendapat dua kebahagiaan, satu kebahagiaan saat berbuka, dan satu kebahagiaan saat berjumpa dengan Rabbnya”. (H.R. Ahmad dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu).

ู…ูŽู†ู’ ู‚ูŽุงู…ูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุฅููŠู…ูŽุงู†ู‹ุง ูˆูŽุงุญู’ุชูุณูŽุงุจู‹ุง ุฎูŽุฑูŽุฌูŽ ู…ูู†ู’ ุฐูู†ููˆุจูู‡ู ูƒูŽูŠูŽูˆู’ู…ู ูˆูŽู„ูŽุฏูŽุชู’ู‡ู ุฃูู…ูู‘ู‡ู

Artinya : โ€œBarangsiapa mendirikanย  (shalat malam) pada bulan Ramadhan dengan keimanan dan pengharapan akan ridha Allah akan keluar dari dosa-dosanya sebagaimana hari dilahirkan oleh ibunyaโ€. (H.R. An-Nasaโ€™i dari Abdurrahman bin โ€˜Auf Radhiyallahu ‘Anhu).

ุดูŽู‡ู’ุฑูŒ ูƒูŽุชูŽุจูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ุตููŠูŽุงู…ูŽู‡ู ูˆูŽุณูŽู†ูŽู†ู’ุชู ู„ูŽูƒูู…ู’ ู‚ููŠูŽุงู…ูŽู‡ู ููŽู…ูŽู†ู’ ุตูŽุงู…ูŽู‡ู ูˆูŽู‚ูŽุงู…ูŽู‡ู ุฅููŠู…ูŽุงู†ู‹ุง ูˆูŽุงุญู’ุชูุณูŽุงุจู‹ุง ุฎูŽุฑูŽุฌูŽ ู…ูู†ู’ ุฐูู†ููˆุจูู‡ู ูƒูŽูŠูŽูˆู’ู…ู ูˆูŽู„ูŽุฏูŽุชู’ู‡ู ุฃูู…ูู‘ู‡ู

Artinya : โ€œBulan (Ramadhan) diwajibkan Allah atas kalian shaum dan dianjurkan bagi kalian shalat (malam), maka barangsiapa yang shaum dan shalat (malam) dengan keimanan dan pengharapan akan ridha Allah akan keluar dari dosa-dosanya sebagaimana hari dilahirkan oleh ibunyaโ€. (H.R. Ibnu Majah).

ุฅู†ูŽู‘ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ุชูŽุจูŽุงุฑูŽูƒูŽ ูˆูŽุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ููŽุฑูŽุถูŽ ุตููŠูŽุงู…ูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุณูŽู†ูŽู†ู’ุชู ู„ูŽูƒูู…ู’ ู‚ููŠูŽุงู…ูŽู‡ู ููŽู…ูŽู†ู’ ุตูŽุงู…ูŽู‡ู ูˆูŽู‚ูŽุงู…ูŽู‡ู ุฅููŠู…ูŽุงู†ู‹ุง ูˆูŽุงุญู’ุชูุณูŽุงุจู‹ุง ุฎูŽุฑูŽุฌูŽ ู…ูู†ู’ ุฐูู†ููˆุจูู‡ู ูƒูŽูŠูŽูˆู’ู…ู ูˆูŽู„ูŽุฏูŽุชู’ู‡ู ุฃูู…ูู‘ู‡ู

Artinya : โ€œSesungguhnya Allah Taโ€™ala telah memfardhukan shaum Ramadhan atas kalian dan menganjurkan atas kalian shalat malam di dalamnya, maka berangsiapa shaum dan shalat malam (pada bulan Ramadhan) dengan keimanan dan pengharapan akan ridha Allah akan keluar dari dosa-dosanya sebagaimana hari dilahirkan oleh ibunyaโ€. (H.R. Nasaโ€™i).

ู…ูŽู†ู’ ุขู…ูŽู†ูŽ ุจูุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ูˆูŽุจูุฑูŽุณููˆู„ูู‡ู ูˆูŽุฃูŽู‚ูŽุงู…ูŽ ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽุงุฉูŽ ูˆูŽุตูŽุงู…ูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ูƒูŽุงู†ูŽ ุญูŽู‚ู‹ู‘ุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุฃูŽู†ู’ ูŠูุฏู’ุฎูู„ูŽู‡ู ุงู„ู’ุฌูŽู†ูŽู‘ุฉูŽ

Artinya : โ€œBarangsiapa yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, dan mendirikan shalat, dan shaum Ramadhan, maka wajib bagi Allah memasukkannya ke syurgaโ€.ย ย  (H.R. Bukhari dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu).

ุงุชูŽู‘ู‚ููˆุง ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ุฑูŽุจูŽู‘ูƒูู…ู’ ูˆูŽุตูŽู„ูู‘ูˆุง ุฎูŽู…ู’ุณูŽูƒูู…ู’ ูˆูŽุตููˆู…ููˆุง ุดูŽู‡ู’ุฑูŽูƒูู…ู’ ูˆูŽุฃูŽุฏูู‘ูˆุง ุฒูŽูƒูŽุงุฉูŽ ุฃูŽู…ู’ูˆูŽุงู„ููƒูู…ู’ ูˆูŽุฃูŽุทููŠุนููˆุง ุฐูŽุง ุฃูŽู…ู’ุฑููƒูู…ู’ ุชูŽุฏู’ุฎูู„ููˆุง ุฌูŽู†ูŽู‘ุฉูŽ ุฑูŽุจูู‘ูƒูู…ู’

Artinyaย  : โ€œBertaqwalah kepada Allah Tuhan kalian, dan shalatlah kalian lima waktu, dan shaumlah kalian pada bulan (Ramadhan), dan tunaikanlah zakat harta-harta kalian, dan thaโ€™atilah perintah atas kalian, niscaya akan dimasukkan ke dalam syurga tuhan kalianโ€. (H.R. At-Tirmidzi dari Abu Umamah Radhiyallahu ‘Anhu).

ุฅูู†ูŽู‘ ูููŠ ุงู„ู’ุฌูŽู†ูŽู‘ุฉู ุจูŽุงุจู‹ุง ูŠูู‚ูŽุงู„ู ู„ูŽู‡ู ุงู„ุฑูŽู‘ูŠูŽู‘ุงู†ู ูŠูŽุฏู’ุฎูู„ู ู…ูู†ู’ู‡ู ุงู„ุตูŽู‘ุงุฆูู…ููˆู†ูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ูŽุฉู ู„ุงูŽ ูŠูŽุฏู’ุฎูู„ู ู…ูŽุนูŽู‡ูู…ู’ ุฃูŽุญูŽุฏูŒ ุบูŽูŠู’ุฑูู‡ูู…ู’ ูŠูู‚ูŽุงู„ู ุฃูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ุตูŽู‘ุงุฆูู…ููˆู†ูŽ ููŽูŠูŽุฏู’ุฎูู„ููˆู†ูŽ ู…ูู†ู’ู‡ู ููŽุฅูุฐูŽุง ุฏูŽุฎูŽู„ูŽ ุขุฎูุฑูู‡ูู…ู’ ุฃูุบู’ู„ูู‚ูŽ ููŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฏู’ุฎูู„ู’ ู…ูู†ู’ู‡ู ุฃูŽุญูŽุฏูŒ

Artinya : ” Sesungguhnya di syurga itu ada sebuah pintu yang disebut “Ar-Rayyaan”. Pada hari kiamat berkata: Di manakah orang yang shaum? ( untuk masuk syurga melalui pintu itu. Jikaย  yang terakhir di antara mereka sudah memasuki pintu itu, maka ditutuplah pintu itu.” (H.R.. Bukhari dan Muslim).

ุงูุบู’ุฒููˆู’ุงุชูŽุบูŽู†ูŽู‘ู…ููˆู’ุง ูˆูŽุตููˆู’ู…ููˆู’ุง ุชูŽุตูุญูู‘ูˆู’ุง ูˆูŽุณูŽุงููุฑููˆู’ุงุชูŽุณู’ุชูŽุบู’ู†ููˆู’ุง

Artinya :โ€Berperanglah niscaya kalian mendapat ghanimah, bershaumlah kalian niscaya kalian menjadi sehat, dan bepergianlah kalian niscaya kalian akan berkecukupanโ€. (H.R. Ath-Thabrani).

Ancaman Menyia-nyiakan Shaum Ramadhan

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :

ู…ูŽู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฏูŽุนู’ ู‚ูŽูˆู’ู„ูŽ ุงู„ุฒูู‘ูˆุฑู ูˆูŽุงู„ู’ุนูŽู…ูŽู„ูŽ ุจูู‡ู ููŽู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู„ูู„ูŽู‘ู‡ู ุญูŽุงุฌูŽุฉูŒ ูููŠ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุฏูŽุนูŽ ุทูŽุนูŽุงู…ูŽู‡ู ูˆูŽุดูŽุฑูŽุงุจูŽู‡ู

Artinya: “Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan dusta dan mengerjakannya, serta berlaku bodoh, maka tidak ada keperluan bagi Allah terhadap meninggalkan makan dan minumnya”.ย  (H.R. Bukhari dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu).

ูƒูŽู…ู’ ู…ูู†ู’ ุตูŽุงุฆูู…ู ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู„ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุตููŠูŽุงู…ูู‡ู ุฅูู„ุงูŽู‘ ุงู„ุธูŽู‘ู…ูŽุฃู ูˆูŽูƒูŽู…ู’ ู…ูู†ู’ ู‚ูŽุงุฆูู…ู ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู„ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ู‚ููŠูŽุงู…ูู‡ู ุฅูู„ุงูŽู‘ ุงู„ุณูŽู‘ู‡ูŽุฑู

Artinya :”Betapa banyak orang yang shaum, tidaklah memperolehย  apa-apa baginya dari shaumnya selain lapar, dan betapa banyak orang yang mendirikan shalat, tidaklah memperoleh apa-apa baginya dari shalatnya kecuali lelah”. (H.R.. Ad-Darimi dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu)

ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽูู’ุทูŽุฑูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ู‹ุง ู…ูู†ู’ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ู…ูู†ู’ ุบูŽูŠู’ุฑู ุฑูุฎู’ุตูŽุฉู ูˆูŽู„ูŽุง ู…ูŽุฑูŽุถู ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽู‚ู’ุถู ุนูŽู†ู’ู‡ู ุตูŽูˆู’ู…ู ุงู„ุฏูŽู‘ู‡ู’ุฑู ูƒูู„ูู‘ู‡ู ูˆูŽุฅูู†ู’ ุตูŽุงู…ูŽู‡ู

Artinya : “Barangsiapa berbuka puasa pada bulan Ramadhan tanpa adanya keringanan dan tidak pula sakit, maka tidak dapat digantiย  shaumnya itu walaupun dengan puasa setahun terus-menerus”. (H.R. At-Tirmidzi dari Abu Hurairah Radhiyalllahu ‘Anhu).

Makna Taqwa Hasil dari Shaum Ramadhan

Maka menjadi sangat jelas bahwa tujuan utama shaum Ramadhan dengan latihan pengendalian diri seperti disebutkan pada ujung akhir ayat 183 surat Al-Baqarah, adalah agar yang melaksanakannya menjadi orang bertaqwa.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala menyatakan bahwa hanya amalan orang yang bertaqwa sajalah yang diterima di sisi-Nya.

ุฅูู†ูŽู‘ู…ูŽุง ูŠูŽุชูŽู‚ูŽุจูŽู‘ู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ู…ูุชูŽู‘ู‚ููŠู†ูŽ

“Sesungguhnya Allah hanya menerima dari orang-orang yang bertaqwa”. (Q.S. Al-Maidah [5] : 27).

Taqwa secara bahasa bermakna : hati-hati, waspada, menjaga, takut. Adapun taqwa secara istilah bermakna : mentha’ati Allah dan tidak memaksiati-Nya, mengingat Allah dan tidak melupakan-Nya, mensyukuri nikmat Allah dan tidak mengkufuri-Nya, atau dengan kata lain menjalankan segala perintah Allah dan meninggalkan segala larangan-Nya.

Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘Anhu berkata, bahwa taqwa dengan sebenar-benar taqwa adalah taqwa dengan jihad di jalan-Nya dengan sebenar-benar jihad, tidak takut terhadap celaan orang-orang yang mencela.

Firman Allah Subhanahnu Wa Taโ€™ala :

ูˆูŽุฌูŽุงู‡ูุฏููˆุง ูููŠ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุญูŽู‚ูŽู‘ ุฌูู‡ูŽุงุฏูู‡ู ู‡ููˆูŽ ุงุฌู’ุชูŽุจูŽุงูƒูู…ู’ ูˆูŽู…ูŽุง ุฌูŽุนูŽู„ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูููŠ ุงู„ุฏูู‘ูŠู†ู ู…ูู†ู’ ุญูŽุฑูŽุฌู ู…ูู„ูŽู‘ุฉูŽ ุฃูŽุจููŠูƒูู…ู’ ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู…ูŽ ู‡ููˆูŽ ุณูŽู…ูŽู‘ุงูƒูู…ู ุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู†ูŽ ู…ูู†ู’ ู‚ูŽุจู’ู„ู ูˆูŽูููŠ ู‡ูŽุฐูŽุง ู„ููŠูŽูƒููˆู†ูŽ ุงู„ุฑูŽู‘ุณููˆู„ู ุดูŽู‡ููŠุฏู‹ุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุชูŽูƒููˆู†ููˆุง ุดูู‡ูŽุฏูŽุงุกูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู†ูŽู‘ุงุณู ููŽุฃูŽู‚ููŠู…ููˆุง ุงู„ุตูŽู‘ู„ุงูŽุฉูŽ ูˆูŽุกูŽุงุชููˆุง ุงู„ุฒูŽู‘ูƒูŽุงุฉูŽ ูˆูŽุงุนู’ุชูŽุตูู…ููˆุง ุจูุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ู‡ููˆูŽ ู…ูŽูˆู’ู„ุงูŽ ูƒูู…ู’ ููŽู†ูุนู’ู…ูŽ ุงู„ู’ู…ูŽูˆู’ู„ูŽู‰ ูˆูŽู†ูุนู’ู…ูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุตููŠุฑู

Artinya : “Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al Qur’an) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia, maka dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu, maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong”. (Q.S. Al-Hajj / 22 : 78).

Dengan makna taqwa tersebut maka shoimun terdidik untuk senantiasa berjihad menjalankan perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan menjauhi meninggalkan segala larangan-Nya.

Shoimun akan terbiasa untuk selalu waspada, menjaga diri, dan berhati-hati terhadap sesuatu, yakni berhati-hati terhadap rambu-rambu syariat yang telah ditetapkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala berupa perintah dan larangan. Sebagaimana Umar bin Khattab ketika ditanya tentang taqwa, beliau mengatakan, โ€œApakah kamu pernah melewati jalanan yang berduri?โ€ Si penanya menjawab, โ€Yaโ€. Beliau balik bertanya, โ€œLalu apa yang kamu lakukan?โ€ Orang itu menjawab, โ€œJika aku melihat duri, maka aku menyingkir darinya, atau aku melompatinya atau aku tahan langkahโ€. Maka berkata Umar, โ€Seperti itulah taqwa.โ€

Secara lebih luas taqwa bermakna menjalankan segala kewajiban dan nawafil-Nya (ibadah tambahan), serta menjauhi semua larangan dan perkara syubhat (samar-samar), mafsadat (merusak), lagha (sia-sia), dan makruh (tidak disukai).

Taqwa menjadi wasiat abadi karena mengandung kebaikan dan manfaat yang sangat besar bagi terwujudnya kebahagiaan hidup dunia dan akhirat. Taqwa merupakan kumpulan dari semua kebaikan dan pencegah segala kejahatan. Dengan taqwa, seorang mukmin akan mendapatkan dukungan dan pertolongan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Dengan taqwa pula seseorang menjadi mulia di sisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Karena taqwa merupakan bekal terbaik untuk menghadap Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Maka, bekal taqwa ini harus selalu kita pertahankan sampai mati.

Dengan taqwa pula harta menjadi barakah, ilmu menjadi manfaat, hidup menjadi bermakna, berbobot dan berkualitas. Dengan ย taqwa niscaya Allah akan mengadakan baginya jalan ke luar, dan dengan takwa Allah akan memberikan rezki dari arah yang tiada disangka-sangka.

Allah berjanji di dalam firman-Nya :

ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูŠูŽุชูŽู‘ู‚ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ูŠูŽุฌู’ุนูŽู„ู’ ู„ูŽู‡ู ู…ูŽุฎู’ุฑูŽุฌู‹ุง () ูˆูŽูŠูŽุฑู’ุฒูู‚ู’ู‡ู ู…ูู†ู’ ุญูŽูŠู’ุซู ู„ูŽุง ูŠูŽุญู’ุชูŽุณูุจู ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูŠูŽุชูŽูˆูŽูƒูŽู‘ู„ู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ููŽู‡ููˆูŽ ุญูŽุณู’ุจูู‡ู ุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ุจูŽุงู„ูุบู ุฃูŽู…ู’ุฑูู‡ู ู‚ูŽุฏู’ ุฌูŽุนูŽู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ู„ููƒูู„ูู‘ ุดูŽูŠู’ุกู ู‚ูŽุฏู’ุฑู‹ุง ()

Artinya : โ€œBarangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadak : Aan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatuโ€. (Q.S. Ath-Thalaq / 65 : 2-3).

ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ุฃูŽู†ูŽู‘ ุฃูŽู‡ู’ู„ูŽ ุงู„ู’ู‚ูุฑูŽู‰ ุกูŽุงู…ูŽู†ููˆุง ูˆูŽุงุชูŽู‘ู‚ูŽูˆู’ุง ู„ูŽููŽุชูŽุญู’ู†ูŽุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู’ ุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุณูŽู‘ู…ูŽุงุกู ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถู ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู’ ูƒูŽุฐูŽู‘ุจููˆุง ููŽุฃูŽุฎูŽุฐู’ู†ูŽุงู‡ูู…ู’ ุจูู…ูŽุง ูƒูŽุงู†ููˆุง ูŠูŽูƒู’ุณูุจููˆู†ูŽ

Artinya : โ€œJikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannyaโ€. (Q.S. Al-Aโ€™raf / 7 : 96).

Sebaliknya, tanpa taqwa, istri dan anak yang kita cintai bisa berubah menjadi fitnah dan musuh, harta yang kita miliki dapat menjadi malapetaka. Sementara pekerjaan, pangkat, dan kedudukan yang kita punyai berubah menjadi beban dosa. Di hadapan Allah tidak ada gunanya, bahkan menjadi penyesalan yang berkepanjangan. Akibat menggadaikan taqwa dengan dosa, melepas taqwa diganti dengan kemaksiatan.

Semoga kita dapat meraih gelar โ€œtaqwallahโ€ dengan kehadiran bula suci Ramadhan ini. Amin yaa robbal โ€˜alamin.

*Penulis, Redaktur Kantor Berita Islam MINA (Miโ€™raj News Agency), Daโ€™i Pesantren Al-Fatah Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, .

Miโ€™raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0