KHAZANAH PLAZA BATAM, MALL PERTAMA DI INDONESIA BERKONSEP HALAL

Direktur LPPOM MUI Lukmanul Hakim
Direktur LPPOM Lukmanul Hakim

, 13 Rajab 1436/2 May 2015 (MINA) – Pusat perbelanjaan terkemuka di Batam, Khazanah Plaza, merupakan di Indonesia yang berkonsep halal dan dikelola dengan prinsip syariah.

Peresmian grand opening Khazanah Plaza dilakukan oleh Direktur Lukmanul Hakim yang didampingi pimpinan Khazanah Group dan sejumlah pejabat tinggi Kota Batam. Grand opening tersebut adalah tindak lanjut dari soft opening plaza itu yang sudah dilakukan bulan lalu.

“Yang membuat Khazanah Plaza sangat istimewa adalah konsep yang diusung. Selain seluruh produknya bersertifikat halal, Khazanah Plaza juga dikelola atas prinsip syariah,” kata Lukmanul Hakim. Seperti siaran pers resmi LPPOM MUI yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Ahad.

Ia mengatakan, apa yang dilakukan oleh Khazanah Group patut menjadi catatan dan teladan bagi para pelaku usaha di Indonesia.

Dikemukakan pula, selain memperhatikan aspek halal, pengelola juga berkomitmen untuk ikut berbagi dengan kaum dhuafa dengan cara memberikan keuntungannya bagi kegiatan sosial, terutama di bidang pendidikan dan kesehatan.

“Saya sungguh terharu dengan visi dan misi pengelola Khazanah Group yang tidak hanya berbisnis, namun juga memikirkan kemaslahatan masyarakat demi tabungan di akhirat kelak,” ujar Lukmanul Hakim.

Pusat perbelanjaan yang berlokasi di kawasan Sukajadi, Kota Batam, menyediakan tiga jenis layanan yakni pasar swalayan, busana Muslim dan food court halal.

Pada kesempatan yang sama, CEO Khazanah Group, Deni Deliandri mengatakan, Khazanah Group merupakan lembaga usaha yang berkonsep wakaf. Pada lima tahun pertama, 50 persen keuntungan perusahaan diwakafkan untuk kegiatan sosial.

“Namun, setelah memasuki tahun keenam, seluruh keuntungan usaha diserahkan untuk kegiatan amal sosial. Selain berbelanja produk halal, pengunjung juga bisa beramal dengan menyisihkan sebagian hartanya untuk kegiatan sosial melalui Khazanah Group,” kata Deni Deliandri.

Menurut General Manager Khazanah Plaza, Eko Shaiful Arifin, setidaknya ada 10 kekhususan Khazanah Plaza, yakini: pertama, berkonsep Islami dan profesional; kedua, seluruh karyawatinya memakai hijab; ketiga, seluruh produknya bersertifikat halal; keempat, tidak menjual barang subhat, apalagi haram; kelima, mengingatkan waktu shalat dan menghentikan kegiatan usaha sementara waktu untuk ibadah shalat.

Ia menambahkan, keenam, tersedianya fasilitas mushala yang sangat memadai; ketujuh, memberikan 50 persen keuntungan usaha untuk kegiatan sosial, pendidikan dan kesehatan pada 5 tahun pertama, dan pada tahun ke enam dan seterusnya.

Kedelapan, ruang yang besar, luas dan nyaman serta memberikan diskon; kesembilan, program undian hadiah setiap tahun; dan kesepuluh, halal food court yang bersih dan nyaman serta gerai busana Muslim yang lengkap.

Sementara itu, Direktur LPPOM MUI Kepulauan Riau, Khairuddin Nasution menyatakan, suka citanya atas dibuka Khazanah Plaza tersebut.

“Dari dulu kami memang memimpikan agar di Batam ini ada pusat halal yang bisa menyediakan segala kebutuhan masyarakat. Alhamdulillah, Pak Deni Defriandi sebagai pengusaha muda tergerak hatinya untuk mewujudkan harapan tersebut. Semoga menjadi berkah bagi semua,” tukas Nasution. (T/P010/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0