Khutbah Jumat: Membela Kebenaran, Menolak Kebathilan

๏ทฝ

Oleh: Ust Widi Kusnadi, dai Pondok Pesantren Al-Fatah, Cileungsi, Bogor

Khutbah ke-1:

ุฅู†ูŽู‘ ุงู„ู€ุญูŽู…ู’ุฏูŽ ู„ูู„ู‘ูฐู‡ู ู†ูŽู€ุญู’ู…ูŽุฏูู‡ู ูˆูŽู†ูŽุณู’ุชูŽุนููŠู’ู†ูู‡ู ูˆูŽู†ูŽุณู’ุชูŽุบู’ููุฑูู‡ูุŒ ูˆูŽู†ูŽุนููˆุฐู ุจูุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู ู…ูู†ู’ ุดูุฑููˆุฑู ุฃูŽู†ู’ููุณูู†ูŽุง ูˆูŽู…ูู†ู’ ุณูŽูŠูู‘ุฆูŽุงุชู ุฃูŽุนู’ู…ูŽุงู„ูู†ูŽุง ู…ูŽู†ู’ ูŠูŽู‡ู’ุฏูู‡ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ููŽู„ูŽุง ู…ูุถูู„ู‘ูŽ ู„ูŽู‡ู ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูŠูุถู’ู„ูู„ู’ ููŽู„ูŽุง ู‡ูŽุงุฏููŠูŽ ู„ูŽู‡ูุŒ ุฃูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุฃูŽู†ู’ ู„ุงูŽู‘ ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุงู„ู„ู‡ ูˆูŽุญู’ุฏูŽู‡ู ู„ูŽุง ุดูŽุฑููŠู’ูƒูŽ ู„ูŽู‡ูุŒ ูˆูŽุฃูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุฃูŽู†ูŽู‘ ู…ูู€ุญูŽู…ูŽู‘ุฏุงู‹ ุนูŽุจู’ุฏูู‡ู ูˆูŽุฑูŽุณููˆู„ูู‡ุŒ ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ูŽู‘ ุตูŽู„ูู‘ ูˆ ุณูŽู„ูู‘ู…ู’ ูˆูŽุจุงุฑููƒู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ุณูŽูŠูู‘ุฏูู†ุง ู…ูุญูŽู…ู‘ุฏู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุงูฐู„ูู‡ู ูˆูŽุฃุตู’ุญุงุจูู‡ู ูˆูŽุงู„ุชูŽู‘ุงุจูุนูŠู†ูŽ ุจูุฅุญู’ุณุงู†ู ุฅู„ูŽู‰ ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ุฏูู‘ูŠู†ุŒ ุฃูŽู…ูŽู‘ุง ุจูŽุนู’ุฏู: ููŽูŠูŽุง ุฃูŠูู‘ู‡ูŽุง ุงู„ุฅูุฎู’ูˆูŽุฉ ุฃูˆู’ุตููŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽู†ูŽูู’ุณููŠู’ ุจูุชูŽู‚ู’ูˆูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุทูŽุงุนูŽุชูู‡ู ู„ูŽุนูŽู„ูŽู‘ูƒูู…ู’ ุชููู’ู„ูุญููˆู’ู†ู’ุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ู‰ูŽ ูููŠ ุงู’ู„ู‚ูุฑู’ุงู†ู ุงู’ู„ูƒูŽุฑููŠู…ู’: ุฃูŽุนููˆุฐู ุจูุงู„ู„ู‘ูŽูฐู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุทูŽุงู†ู ุงู„ุฑู‘ูŽุฌููŠู…ู. ย ูŠูŽุง ุฃูŽูŠูู‘ู‡ูŽุง ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ุงุชูŽู‘ู‚ููˆุง ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ุญูŽู‚ูŽู‘ ุชูู‚ูŽุงุชูู‡ู ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽู…ููˆุชูู†ูŽู‘ ุฅูู„ูŽู‘ุง ูˆูŽุฃูŽู†ู’ุชูู…ู’ ู…ูุณู’ู„ูู…ููˆู†ูŽุŒ ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ูŽู†ู‘ูŽุจููŠู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ .ููŽุฅูู†ู‘ูŽ ุฎูŽูŠู’ุฑูŽ ุงู„ู’ุญูŽุฏููŠุซู ูƒูุชูŽุงุจู ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ูุŒ ูˆูŽุฎูŽูŠู’ุฑูŽ ุงู„ู’ู‡ูŽุฏู’ูŠู ู‡ูŽุฏู’ูŠู ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏูุŒ ูˆูŽุดูŽุฑู‘ูŽ ุงู„ุฃูู…ููˆุฑู ู…ูุญู’ุฏูŽุซูŽุงุชูู‡ูŽุงุŒ ูˆูŽูƒูู„ู‘ูŽ ู…ูุญู’ุฏูŽุซูŽุฉู ุจูุฏู’ุนูŽุฉูŒุŒ ูˆูŽูƒูู„ู‘ูŽ ุจูุฏู’ุนูŽุฉู ุถูŽู„ุงูŽู„ูŽุฉูŒุŒ ูˆูŽูƒูู„ู‘ูŽ ุถูŽู„ุงูŽู„ูŽุฉู ูููŠ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู.

Segala puji dan syukur marilah senantiasa kita panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wa Taโ€™ala atas semua nikmat dan karunia-Nya.

Bersyukur dengan hati, merasa ridha dan lapang dada atas apapun yang Allah Taโ€™ala berikan. Bersyukur dengan lisan, bertasbih dan bertahmid memuji-Nya. Bersyukur dengan anggota badan, dengan menunaikan ibadah dan amal shaleh sebagaimana dicontohkan rasul-Nya yang mulia, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi Wasallam.

Selanjutnya, marilah kita terus memperkuat keimanan dan ketakwaan, dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah serta amal shaleh kita. ย Semoga kita tetap dalam iman dan Islam hingga akhir hayat kita.

ย Maโ€™asyiral Muslimin, hafidzakumullah

Pada kesempatan khutbah Jumat yang mulia ini, marilah kita merenungkan firman Allah Subhanahu wa Taโ€™ala dalam surah Al-Israโ€™ [17] ayat ke-80 dan 81 yang berbunyi:

ูˆูŽู‚ูู„ู’ ุฑูŽุจู‘ู ุฃูŽุฏู’ุฎูู„ู’ู†ููŠ ู…ูุฏู’ุฎูŽู„ูŽ ุตูุฏู’ู‚ู ูˆูŽุฃูŽุฎู’ุฑูุฌู’ู†ููŠ ู…ูุฎู’ุฑูŽุฌูŽ ุตูุฏู’ู‚ู ูˆูŽุงุฌู’ุนูŽู„ู’ ู„ููŠ ู…ูู†ู’ ู„ูŽุฏูู†ู’ูƒูŽ ุณูู„ู’ุทูŽุงู†ู‹ุง ู†ูŽุตููŠุฑู‹ุง (ูจู ) ูˆูŽู‚ูู„ู’ ุฌูŽุขุกูŽ ุงู„ู’ุญูŽู‚ู‘ู ูˆูŽุฒูŽู‡ูŽู‚ูŽ ุงู„ู’ุจูŽุงุทูู„ู ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ุจูŽุงุทูู„ูŽ ูƒูŽุงู†ูŽ ุฒูŽู‡ููˆู‚ู‹ุง (ูจูก) (ุงู„ุงุณุฑุงุก [ูกูง]: ูจู ู€ู€ูจูก)

โ€œDan katakanlah, “Ya Tuhanku, masukkanlah aku dengan cara masuk yang benar, dan keluarkanlahย (pula)ย aku dengan cara yang benar, dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong.” Dan katakanlah, yang benar telah datang, dan yang batil telah lenyap.โ€ Sesungguhnya yang batil itu adaยญlah sesuatu yang pasti lenyap.โ€

Imam Ibnu Katsir menjelaskan ayat di atas, dengan mengutip riwayat dari Ibnu Abbas Radhiallahu anhu bahwa ketika orang-orang Kafir Quraisy bersepakat untuk membunuh Rasulullah Shallallahu alaihi Wasallam, maka Allah Subhanahu wa Taโ€™ala memerintahkan beliau untuk berhijrah ke Madinah.

Ayat di atas juga mengandung doa Rasulullah Shallallahu alaihi Wasallam yang meminta kekuasaan yang menolong beliau dari orang-orang yang memusuhinya, agar cahaya Islam bersinar ke seluruh penjuru dunia sehingga mampu mengalahkan kesyirikan dan kebathilan.

Pada ayat berikutnya, Allah Subhanahu wa Taโ€™ala menegaskan, semua kebathilan, kesyirikan dan kejahatan pasti akan lenyap ketika kebenaran telah datang.

Maka, bagi para penegak kebenaran, pembawa panji tauhid dan pejuang Islam, janganlah putus asa, jangan berkecil hati, sesungguhnya pembela kebenaran pasti akan menang dan pelaku kesyirikan dan kejahatan pasti akan kalah, hancur dan binasa.

Maโ€™asyiral Muslimin, hafidzakumullah

Kebenaran dan kebathilan merupakan dua hal yang berlawanan. Oleh karenanya, setiap orang harus memilih untuk mengikuti jalan kebenaran dan menjauhi kebathilan.

Rasulullah Shallallahu alaihi Wasallam mengajarkan sebuah doa kepada kita semua agar mengetahui kebenaran dan mampu mengikutinya, serta mengetahui kebathilan dan mampu menjauhinya:

ุงูŽู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ู‘ูŽ ุฃูŽุฑูู†ูŽุง ุงู„ู’ุญูŽู‚ู‘ูŽ ุญูŽู‚ู‘ู‹ุง ูˆูŽุงุฑู’ุฒูู‚ู’ู†ูŽุง ุงุชู‘ูุจูŽุงุนูŽู‡ูุŒ ูˆูŽุฃูŽุฑูู†ูŽุง ุงู„ู’ุจูŽุงุทูู„ูŽ ุจูŽุงุทูู„ู‹ุง ูˆูŽุงุฑู’ุฒูู‚ู’ู†ูŽุง ุงุฌู’ุชูู†ูŽุงุจูŽู‡ูุŒ ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽุฌู’ุนูŽู„ู’ู‡ู ู…ูู„ู’ุชูŽุจูุณู‹ุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู†ูŽุง ููŽู†ูŽุถูู„ู‘ูŽุŒ ูˆูŽุงุฌู’ุนูŽู„ู’ู†ูŽุง ู„ูู„ู’ู…ูุชู‘ูŽู‚ููŠู†ูŽ ุฅูู…ูŽุงู…ู‹ุง (ุฑูˆุงู‡ ุงุญู…ุฏ)

“Ya Allah tunjukkanlah kepada kami yang benar itu benar dan bantulah kami untuk mengikutinya, dan tunjukkanlah kepada kami yang batil itu batil dan bantulah kami untuk menjauhinya. Janganlah Engkau menjadikannya samar di hadapan kami sehingga kami tersesat. Dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.” (HR Ahmad)

Hadits di atas menegaskan, bahwa sumber kekuatan untuk dapat mengikuti dan serta menjauhi kebathilan hanyalah dari Allah Taโ€™ala semata.

Manusia hendaknya memohon petunjuk dan kekuatan kepada Allah Taโ€™ala agar diberi kemampuan untuk membela kebenaran dan .

Meskipun sumber kekuatan dari Allah Taโ€™ala, bukan berarti manusia berpangku tangan, pasrah pada nasib dan tidak berusaha. Manusia diperintahkan untuk berusaha (ikhtiyar) semaksimal mungkin, dengan cipta, rasa dan karsanya untuk mengetahui kebenaran sejati dan mengikutinya.

Demikian pula, manusia harus berupaya menolak kesyirikan, mencegah keburukan dan melawan kejahatan dengan segenap potensi dan kekuatan yang ia miliki, demi tercapainya tatanan kehidupan masyarakat yang aman, damai dan harmonis.

Maโ€™asyiral Muslimin, hafidzakumullah

Membela kebenaran adalah menjaga syariat-syariat Allah Taโ€™ala agar manusia bisa mengamalkannya, menegakkan keadilan di antara manusia dan membantu orang-orang yang memperjuangkannya.

Di sisi lain, di kalangan umat Islam hendaknya ada mencegah segala bentuk kesyirikan, penyimpangan dan upaya-upaya yang berusaha menghalang-halangi perjuangan.

Membela kebenaran pada saat yang sama juga merupakan bentuk penolakan terhadap kebathilan. Keduanya berjalan seiring, tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

Agama Islam akan bisa dirasakan maslahatnya oleh masyarakat luas apabila ada kelompok kaum Muslimin yang membela kebenaran dan menolak segala bentuk kebathilan.

Jika di kalangan umat ini tidak ada yang melakukannya, atau lemah dalam memperjuangkannya, maka umat ini akan kehilangan kemuliaan (izzah) di mata musuh-musuhnya.

Musuh-musuh Islam akan semena-mena melakukan kejahatan, seperti halnya kita saksikan saat ini, Zionis Yahudi terus saja membombardir Gaza, menjajah dan menduduki wilayah-wilayah Palestina, di tengah kebisuan dan sikap diam para pemimpin negeri-negeri Muslim di sekelilingnya.

Maโ€™asyiral Muslimin, hafidzakumullah

Perjuangan membebaskan Al Quds dan Palestina dari penjajahan Zionis Israel merupakan kewajiban bagi setiap Muslim yang mampu menunaikannya.

Syeikh Bin Baaz rahimahullah telah mengeluarkan fatwanya tentang jihad Palestina. Beliau menegaskan, wajib bagi kaum Muslimin dan negeri-negeri Muslim untuk membantu perjuangan bangsa Palestina melawan Zionis Yahudi.

Para pejuang Palestina berjuang melawan Zionis karena mereka ditindas, tanahnya dirampas, diusir dari kampung halamannya, dilecehkan kehormatannya agama, jiwa, keluarga dan anak-anaknya.

Membantu perjuangan bangsa Palestina merupakan wujud ukhuwah Islamiyah serta sikap walaa (loyal) kepada sesama Muslim, dan baraaโ€™ (berlepas diri) dari musuh-musuh Islam.

Jangan sampai ada di kalangan umat Islam ini yang melemahkan perjuangan kaum Muslimin di Palestina dengan menuduh mereka sesat, syiah, menjadi boneka Zionis atau menebar informasi yang menyesatkan dan melemahkan perjuangan.

Jika ada yang melakukan hal demikian, kita wajib tidak mempercayainya, mengingatkan dengan nasihat dengan baik, serta tidak ikut menyebarkan berita-berita yang mereka keluarkan.

Perlu kita ketahui, perlawanan demi perlawanan yang dilancarkan para pejuang di Palestina merupakan tahapan penting bagi upaya pembebasan Masjidl Al-Aqsa dan kemerdekaan Palestina.

Medan jihad dalam upaya membebaskan Al-Aqsa dan Palestina tidak terbatas pada perang fisik, melainkan juga perang strategi, perang intelejen, perang ekonomi, perang teknologi, perang informasi dan perang pemikiran.

Maka, dari sisi mana pun yang kita sanggup terlibat di dalamnya, lakukanlah sekuat kemampaun maksimal, kerahkanlah segala kemampuan yang kita miliki untuk membantu perjuangan mereka.

Di level negara, sudah semestinya para pemimpin negeri-negeri Muslim menggunakan kekuasaan dan kekuatannya untuk menekan Zionis, pemutusan hubungan diplomatik atau membuat kebijakan-kebijakan lain yang anti Zionis.

Dari aspek ekonomi, umat Islam bisa turut memboikot produk-produk yang mendukung Zionis, beralih ke produk dalam negeri atau UKM di sekitar kita.

Dalam aspek informasi, kita dapat mengcounter beragam informasi hoax yang menyudutkan Islam dan Muslimin, dan membangun opini publik yang membela dan mendukung Palestina melalui media massa atau pun media sosial.

Semua itu akan maksimal hasilnya jika umat Islam ini melakukannya secara masif dan berjamaah, terkoordinir secara rapi dan terkomando dalam sebuah kepemimpinan.

Sayidina Ali bin Abi Thalib Radhiallahu anhu mengingatkan, kebenaran yang tidak terorganisir akan bisa dikalahkan dengan kebathilan yang terorganisir. Maka mari kita berjuang membela Palestina dengan berjamaah, dalam satu kepemimpinan, dalam satu komando.

Semoga Allah Taโ€™ala menguatkan kita semua dalam membela kebenaran dan menolak segala kebathilan. Amiin Ya Rabbal Alamiin.

ุจูŽุงุฑูŽูƒูŽ ุงู„ู„ู‡ู ู„ููŠู’ ูˆูŽู„ูŽูƒูู…ู’ ูููŠ ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ู ุงู„ู’ุนูŽุธููŠู’ู…ูุŒ ูˆูŽู†ูŽููŽุนูŽู†ููŠู’ ูˆูŽุฅููŠูŽู‘ุงูƒูู…ู’ ุจูู…ูŽุง ูููŠู’ู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู’ู„ุขูŠูŽุงุชู ูˆูŽุงู„ุฐูู‘ูƒู’ุฑู ุงู„ู’ุญูŽูƒููŠู’ู…ู. ุฃูŽู‚ููˆู’ู„ู ู‚ูŽูˆู’ู„ููŠู’ ู‡ูŽูฐุฐูŽุง ูˆูŽุฃูŽุณู’ุชูŽุบู’ููุฑููˆุง ุงู„ู„ู‡ูŽ ุงู„ู’ุนูŽุธููŠู’ู…ูŽ . ุงูู†ู‘ูŽู‡ู— ู‡ููˆูŽ ุงู„ู’ุจูŽุฑู‘ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญููŠู’ู…ู.

Khutbah kedua:ย 

ุงูŽู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ู‘ูฐู‡ู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ ุงูŽู…ูŽุฑูŽู†ูŽุง ุจูู„ูุฒููˆู’ู…ู ุงู’ู„ุฌูŽู…ูŽุงุนูŽุฉูุŒ ูˆูŽู†ูŽู‡ูŽุงู†ูŽุง ุนูŽู†ู ุงู’ู„ุงูุฎู’ุชูู„ูŽุงูู ูˆูŽุงู„ุชูŽููŽุฑู‘ูู‚ูŽุฉู ุŒ ูˆูŽุงู’ู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ูˆูŽุงู„ุณู‘ูŽู„ุข ู…ู ุนูŽู„ูฐู‰ ู…ูุญูŽู…ู‘ุฏู ู†ูŽุจููŠู‘ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽุฉูุŒ ูˆูŽุนูŽู„ูฐู‰ ุงูฐู„ูู‡ู ูˆูŽุงูŽุตู’ุญูŽุง ุจูู‡ู ู‡ูุฏูŽุงุฉู ุงู’ู„ุงูู…ู‘ูŽุฉูุŒ ุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุจูŽุนู’ุฏู. ููŽูŠูŽุขูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู’ู„ู…ูุณู’ู„ูู…ููˆู’ู†ูŽุŒ ุงููˆู’ุตููŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽู†ูŽูู’ุณูู‰ ุจูุชูŽู‚ู’ูˆูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ููŽู‚ูŽุฏู’ ููŽุงุฒูŽ ุงู’ู„ู…ูุชู‘ูŽู‚ููˆู’ู†ูŽุŒ ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุชูŽุนุงูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽุนููˆู’ุฐู ุจูุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ูŽู‘ุดูŠู’ุทูŽุงู†ู ุงู„ุฑูŽู‘ุฌููŠู’ู…ย  ุŒุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‡ูŽ ูˆูŽู…ูŽู„ุขุฆููƒูŽุชูŽู‡ู— ูŠูุตูŽู„ู‘ููˆู’ู†ูŽ ุนูŽู„ู‰ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจูู‰ ูŠุข ุงูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆู’ุง ุตูŽู„ู‘ููˆู’ุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูู…ููˆู’ุง ุชูŽุณู’ู„ููŠู’ู…ู‹ุง. ุงูŽู„ู„ูŽูฐู‡ูู…ูŽู‘ ุตูŽู„ูู‘ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ู ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ูƒูŽู…ูŽุง ุตูŽู„ูŽู‘ูŠู’ุชูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู’ู…ูŽ ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ู ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู’ู…ูŽุŒ ุฅูู†ูŽู‘ูƒูŽ ุญูŽู…ููŠู’ุฏูŒ ู…ูŽุฌููŠู’ุฏูŒ. ูˆูŽุจูŽุงุฑููƒู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ู ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ูƒูŽู…ูŽุง ุจูŽุงุฑูŽูƒู’ุชูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู’ู…ูŽ ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ู ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู’ู…ูŽุŒ ุฅูู†ูŽู‘ูƒูŽ ุญูŽู…ููŠู’ุฏูŒ ู…ูŽุฌููŠู’ุฏูŒ.

ุงูŽู„ู„ู‡ูู…ู‘ูŽ ุงุบู’ููุฑู’ ู„ูู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽุงู’ู„ู…ูุคู’ู…ูู†ูŽุงุชู ูˆูŽุงู’ู„ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽุงู’ู„ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽุงุชู ุงูŽู„ุงูŽุญู’ูŠุขุกู ู…ูู†ู’ู‡ูู…ู’ ูˆูŽุงู’ู„ุงูŽู…ู’ูˆูŽุงุชูุŒ ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ู‘ูŽ ุงู†ู’ุตูุฑู’ ุงูุฎู’ูˆูŽุงู†ูŽู†ูŽุข ุงู„ู’ู…ูุฌูŽุงู‡ูุฏููŠู’ู†ูŽ ููู‰ ููู„ูุณู’ุทููŠู’ู†ู ูˆูŽููู‰ ูƒูู„ู‘ู ู…ูŽูƒูŽุงู†ู .ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ู‘ูŽ ุฃูŽุนูุฒู‘ูŽ ุงู’ู„ุฅูุณู’ู„ุงูŽู…ูŽ ูˆูŽุงู’ู„ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽุฃูŽุฐูู„ู‘ูŽ ุงู„ุดู‘ูุฑู’ูƒูŽ ูˆูŽุงู’ู„ู…ูุดู’ุฑููƒููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽุงู†ู’ุตูุฑู’ ุนูุจูŽุงุฏูŽูƒูŽ ุขู’ู„ู…ููˆูŽุญู‘ูุฏููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽุงู†ู’ุตูุฑู’ ู…ูŽู†ู’ ู†ูŽุตูŽุฑูŽ ุงู„ุฏู‘ููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽุงุฎู’ุฐูู„ู’ ู…ูŽู†ู’ ุฎูŽุฐูŽู„ูŽ ุงู’ู„ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽ ุฏูŽู…ู‘ูุฑู’ ุฃูŽุนู’ุฏูŽุงุกูŽ ุงู„ุฏู‘ููŠู’ู†ู ูˆูŽุงุนู’ู„ู ูƒูŽู„ูู…ูŽุงุชููƒูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ุฏู‘ููŠู’ู†ู. ุงูŽู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ู‘ูŽ ุงูŽู„ู‘ููู’ ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ู‚ูู„ููˆู’ุจู ุงู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽุงุฌู’ู…ูŽุนู’ ูƒูŽู„ูู…ูŽุชูŽู‡ูู…ู’ ูˆูŽุณูŽูˆู‘ูุตููููˆู’ููŽู‡ูู…ู’ ูˆูŽูˆูŽุญู‘ูุฏู’ ุงูŽุฑูŽุงุฃูŽู‡ูู…ู’ ุจูููŽุถู’ู„ููƒูŽ ูŠูŽุงุฃูŽุฑู’ุญูŽู…ูŽ ุงู„ุฑู‘ูŽุงุญูู…ููŠู’ู†ูŽ .ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ู‘ูŽ ุงุฏู’ููŽุนู’ ุนูŽู†ู‘ูŽุง ุงู’ู„ุจูŽู„ุงูŽุกูŽ ูˆูŽุงู’ู„ูˆูŽุจูŽุงุกูŽ ูˆูŽุงู„ุฒู‘ูŽู„ุงูŽุฒูู„ูŽ ูˆูŽุงู’ู„ู…ูุญูŽู†ูŽ ูˆูŽุณููˆู’ุกูŽ ุงู’ู„ููุชู’ู†ูŽุฉู ูˆูŽุงู’ู„ู…ูุญูŽู†ูŽ ู…ูŽุง ุธูŽู‡ูŽุฑูŽ ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ูˆูŽู…ูŽุง ุจูŽุทูŽู†ูŽ ู…ูู†ู’ ุจูŽู„ูŽุฏูู†ูŽุงู‡ูŽุฐูŽุง ุฎุขุตู‘ูŽุฉู‹ ูˆูŽุณูŽุงุฆูุฑู ุงู’ู„ุจูู„ู’ุฏูŽุงู†ู ุงู’ู„ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ูŽ ุนุขู…ู‘ูŽุฉู‹ ุŒ ูŠูŽุง ุฑูŽุจู‘ูŽ ุงู’ู„ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู’ู†ูŽ. ุฑูŽุจู‘ูŽู†ูŽุง ุธูŽู„ูŽู…ู’ู†ูŽุง ุงูŽู†ู’ููุณูŽู†ูŽุง ูˆูŽุฅู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ุชูŽุบู’ููุฑู’ ู„ูŽู†ูŽุง ูˆูŽุชูŽุฑู’ุญูŽู…ู’ู†ูŽุง ู„ูŽู†ูŽูƒููˆู’ู†ูŽู†ู‘ูŽ ู…ูู†ูŽ ู„ุฎูŽุงุณูุฑููŠู’ู†ูŽ. ุฑูŽุจู‘ูŽู†ูŽุง ุขุชูู†ุงูŽ ููู‰ ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ุญูŽุณูŽู†ูŽุฉู‹ ูˆูŽููู‰ ุงู’ู„ุขุฎูุฑูŽุฉู ุญูŽุณูŽู†ูŽุฉู‹ ูˆูŽู‚ูู†ูŽุง ุนูŽุฐูŽุงุจูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู.

ุนูุจูŽุงุฏูŽุงู„ู„ู‡ู! ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‡ูŽ ูŠูŽุฃู’ู…ูุฑู ุจูุงู’ู„ุนูŽุฏู’ู„ู ูˆูŽุงู’ู„ุฅูุญู’ุณูŽุงู†ู ูˆูŽุฅููŠู’ุชุขุกู ุฐููŠ ุงู’ู„ู‚ูุฑู’ุจู‰ูŽ ูˆูŽูŠูŽู†ู’ู‡ูŽู‰ ุนูŽู†ู ุงู’ู„ููŽุญู’ุดุขุกู ูˆูŽุงู’ู„ู…ูู†ู’ูƒูŽุฑู ูˆูŽุงู’ู„ุจูŽุบู’ูŠู ูŠูŽุนูุธููƒูู…ู’ ู„ูŽุนูŽู„ู‘ูŽูƒูู…ู’ ุชูŽุฐูŽูƒู‘ูŽุฑููˆู’ู†ูŽ ูˆูŽุงุฐู’ูƒูุฑููˆุง ุงู„ู„ู‡ูŽ ุงู’ู„ุนูŽุธููŠู’ู…ูŽ ูŠูŽุฐู’ูƒูุฑู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุงุดู’ูƒูุฑููˆู’ู‡ู ุนูŽู„ู‰ูŽ ู†ูุนูŽู…ูู‡ู ูŠูŽุฒูุฏู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽู„ูŽุฐููƒู’ุฑู ุงู„ู„ู‡ู ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑู.

(A/P2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Chamid Riyadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.