Kick Off Pemilihan Ketua Umum IKAPI Periode 2020 – 2025

Jakarta, MINA – Rangkaian acara menuju Pemilihan Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia () Pusat periode 2020-2025 ditandai dengan Acara Kick Off Masa Kampanye para kandidat yang dilangsungkan di Gedung IKAPI Jakarta pada Jumat (30/10).

Acara ini selain dihadiri oleh panitia dan para kandidat, juga menghadirkan secara terbatas tim kampanye masing-masing kandidat dan tokoh-tokoh di industri perbukuan Indonesia.

Mereka sengaja diundang oleh panitia untuk memberi semangat dan sekaligus menunjukkan harapan kepada para kandidat agar bisa memberikan yang terbaik untuk kemajuan oganisasi yang memayungi lebih dari 1.800 usaha di Tanah Air itu jika kelak mereka terpilih sebagai ketua umum.

Pemilihan Ketua Umum IKAPI pusat merupakan salah satu agenda dalam IKAPI  ke-19 yang akan diselenggarakan pada 25-28 November 2020 nanti.

Dalam Munas tersebut akan dilakukan pula penyusunan rencana strategis (Renstra) IKAPI, penyusunan program kerja IKAPI lima tahun ke depan, pengesahan AD/ART IKAPI dan beberapa hal lain yang berkaitan dengan eksistensi dan peran IKAPI sebagai rumah bagi Industri perbukuan di tanah air.

Ketua umum terpilih nantinya akan membentuk kepengurusan baru yang akan bekerja selama lima tahun ke depan.

Ketiga nama calon tetap Ketua Umum IKAPI periode 2020-2025 adalah Rosidayati Rozalina (Penerbit Remaja Rosda Karya), Arys Hilman Nugraha (Pustaka Abdi Bangsa/Penerbit Republika), dan Setia Darma Madjid (Yayasan Koma).

Acara Kick Off dilangsungkan dalam protokol kesehatan yang ketat, dimana panitia memberi batasan orang yang hadir, dan masing-masing kandidat hanya boleh mengajak maksimal tiga orang sebagai pendamping.

Selain itu, Panitia menayangkan langsung kegiatan ini secara virtual melalui halaman youtube IKAPI.

Sedangkan pengurus-pengurus IKAPI daerah dan cabang yang tidak berkesempatan hadir di Kalipasir secara langsung bisa mengikuti kegiatan ini melalui aplikasi zoom meeting.

Acara dimulai dengan pemaparan tata laksana kampanye oleh ketua Organizing Committee Munas IKAPI ke-19 Djadja Subagja.

Setelah pemaparan ini diharapkan para kandidat dapat memahami aturan pelaksanaan kampanye baik secara daring maupun tatap muka, penggalangan dukungan dan hal-hal lain yang perlu dilakukan agar tercipta suasana kampanye yang sejuk dan damai.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengundian nomor urut calon. Hasil pengundian nomor urut calon untuk pemilihan ketua Umum IKAPI periode 2020 – 2025 adalah sebagai berikut:

Nomor 1: Arys Hilman Nugraha; Nomor 2: Setia Darma Madjid; dan Nomor 3: Rosidayati Rozalina.

Setelah selesai pengundian nomor urut, panitia memberi kesempatan kepada masing-masing kandidat untuk menyampaikan visi misi mereka dalam menahkodai IKAPI lima tahun ke depan dan sekaligus memperkenalkan tim kampanye yang akan mendukung mereka selama masa kampanye berlangsung.

Acara ditutup dengan ramah tamah antara para kandidat dengan seluruh yang hadir dalam kegiatan Kick Off masa kampanye ini.

Digelar Secara Daring

Pemilihan Ketua Umum IKAPI kali ini berbeda dengan pemilihan-pemilihan sebelumnya.

Panitia Pemilihan yang merupakan bagian dari panitia penyelenggara Munas IKAPI ke-19 telah memutuskan bahwa seluruh rangkaian acara dalam Munas akan dilangsungkan secara daring.

Ini artinya pemilihan Ketua Umum IKAPI juga akan dilangsungkan secara daring, dimana para peserta Munas yang hadir secara daring akan memberikan suara mereka melalui sistem voting elektronik.

Pilihan ini diambil panitia setelah mempertimbangkan berbagai hal, terutama karena belum meredanya ancaman wabah Covid-19 di Indonesia.

Sebelum kegiatan Kick Off masa kampanye dilangsungkan, IKAPI telah membentuk seleksi Calon Ketua IKAPI periode 2020-2025 diketuai oleh Drs. Mahfudi dengan tugas melakukan seleksi calon ketua umum IKAPI periode 2020-2025 dan menyusun agenda acara selama penyelenggaraan Munas.

Penjaringan bakal calon telah dimulai oleh panitia sejak Agustus lalu. (L/R1/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.