Komnas HAM Qatar Buat Laporan ke PBB Soal Boikot

Doha, 16 Ramadhan 1428/11 Juni 2017 (MINA) – Komite Nasional Hak Asasi Manusia NHRC (National Human Rights Committee) tengah menyiapkan pembuatan laporan ke Komisaris Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Hak Asasi Manusia di Jenewa, Pangeran Zeid Ra’ad Al Hussein, disusul rencana konferensi pers di Markas Besar PBB untuk menginformasikan situasi HAM di negaranya kepada masyarakat internasional.

NHRC dalam laporannya telah menerima keluhan dari 700 korban blokade yang tidak dapat dibenarkan, The Peninsula melaporkan, yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Komite tersebut akan menggunakan sebuah firma hukum internasional untuk mendapatkan kompensasi bagi warga Qatar akibat yang tidak adil yang diberlakukan oleh negara-negara Teluk terhadap Qatar.

“Kami telah mendengar banyak kesaksian tragis keluarga yang menjadi korban blokade. Perempuan, anak-anak dan bahkan laki-laki telah menangis saat mereka melaporkan kasus mereka. Kami tidak bisa menerima ini, dan kami tidak bisa tinggal diam,” pernyataan Komite Sabtu (10/6/2017) kemarin.

NHRC telah melakukan kontak dengan Komisaris Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Hak Asasi Manusia berbicara tentang langkah konkret yang bisa diambil untuk menemukan solusi atas yang tidak adil dan tidak manusiawi dari embargo terhadap Qatar.

“Komisaris Tinggi telah bertemu dengan duta besar dari tiga negara yang memberlakukan embargo tersebut, dan memberi tahu mereka tentang laporan tersebut, dan permintaan akan tindakan mendesak dari masing-masing negara itu,” kata Komite tersebut.

Semua duta besar mengakui situasi kemanusiaan dan hak asasi manusia yang sedang terjadi, dan akan segera mendiskusikan situasi itu dengan pemerintah negara masing-masing.

NHRC juga telah mengadakan pertemuan konsultatif dengan Qatar Lawyer’s Association dan sekelompok pengacara Qatar untuk mempersiapkan pengaduan yang sah.

Sementara itu, beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) internasional telah mengeluarkan pernyataan dan melakukan seruan untuk mencabut embargo tersebut.

Banyak organisasi Arab dan internasional juga telah mengeluarkan pernyataan yang mengutuk embargo tersebut, dan telah meminta banding untuk dicaburnya embargo.

Laporan Pelanggaran HAM

Amnesty International juga dengan cepat telah menerbitkan sebuah laporan terperinci yang mendokumentasikan pelanggaranHAM yang mencolok akibat dari embargo tersebut.

Selanjutnya NHRC Qatar dan Amnesty Internasional akan berkoordinasi untuk melanjutkan tindakan hukum internasional.

Untuk tujuan yang sama, NHRC telah melakukan kontak reguler dengan Human Rights Watch (HRW) mengenai konsekuensi kemanusiaan yang serius dari blokade untuk warga biasa.

Sarah Leah Whitson, Direktur Eksekutif Divisi Timur Tengah dan Afrika Utara, memperingatkan, “Ini bukan hanya perselisihan diplomatik. Blokade Qatar memiliki biaya manusia yang nyata.”

HRW mengatakan pihaknya berencana untuk mengirim tim ahlinya ke Doha untuk memeriksa keluhan secara langsung dan mewawancarai korban secara langsung.

NHRC telah menghubungi lebih dari 300 organisasi internasional dan regional, dan telah memberi mereka laporan terperinci dan fakta mengenai situasi dan pihak-pihak yang terkena dampak, dan telah meminta mereka untuk bertindak untuk mengakhiri blokade tersebut.

NHRC secara resmi juga telah berbicara kepada Presiden Parlemen Arab, Ketua Komite Tetap Hak Asasi Manusia Arab di Liga Arab, Ketua Komite Hak Asasi Manusia Arab (Komite Piagam), dan Ketua Otoritas Permanen Independen untuk Manusia Hak dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), dan telah menekankan perlunya mengambil tanggung jawab untuk menangani situasi dan pelanggaran hak asasi manusia yang mencolok.

NHRC mendesak organisasi-organisasi ini untuk menuntut tiga negara yang memberlakukan embargo untuk menghormati komitmen internasional mereka dan mengangkat blokade tersebut.

“Kami telah berbicara dengan Komisi Hak Asasi Manusia Saudi, Serikat Hak Asasi Manusia Uni Emirat Arab, dan Organisasi Hak Asasi Manusia Nasional di Bahrain, dan telah meminta mereka untuk bertindak cepat menangani pelanggaran hak-hak warga Qatar dan warga negara mereka, sebagai akibat dari blokade tersebut. Mereka semua telah mengenali situasi kemanusiaan dan hak asasi manusia yang buruk. Kami menunggu tanggapan lebih lanjut,” kata pejabat NHRC.

Delegasi NHRC juga akan mengadakan seminar di Parlemen Eropa di Brussels, dan telah menjadwalkan diskusi dengan sejumlah pejabat hak asasi manusia dan luar negeri Uni Eropa. (RS2/RS1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.